Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sajian Epik dari Epic Games di Unreal Engine 5

0 373

Epic Games akhirnya memperlihatkan kemampuan Unreal Engine 5 kreasi mereka yang akan dipergunakan untuk game rilisan Playstation 5. Kehadiran engine game terbaru ini sejalan dengan inovasi visual gaming yang semakin mendekati dunia nyata. Dua hal yang ditawarkan Epic Games pada engine terbaru ini, yakni teknologi Nanite dan Lumen.

Teknologi Nanite (nama yang diberikan pada demo) digunakan untuk membangun latar pada game, terutama dalam urusan geometri lingkungan. Sehingga desain artis dapat lebih bebas dalam menyusun bentuk sedetail dan seluas mungkin.

Kebutuhan poligon yang sedemikian banyak dapat dikompresi menggunakan teknologi Nanite ini. Hasilnya adalah visualisasi lingkungan  menyerupai asli (photorealistic) yang terlihat pada demo Unreal Engine 5. Membuat kerapatan kontur yang terlihat nyata.

Pencahayaan di Unreal Engine 5

unreal engine 5

Teknologi selanjutnya yang disinggung dalam demo tersebut adalah Lumen. Seperti kita tahu, istilah lumen dipakai untuk menyebut total jumlah cahaya yang dipancarkan dari sebuah sumber. Maka ke sanalah teknologi ini akan digunakan. Untuk menghasilkan pencahayan nyata dalam sebuah game.

Lumen akan berfokus pada pencahayaan secara menyeluruh di lingkungan permainan. Dikutip dari gamesradar.com, Epic Games menjelaskan bahwa dengan Lumen membuat desainer artis dapat menciptakan skena cahaya dinamis.

Dalam demo diperlihatkan contoh tersebut. Di antaranya pergerakan cahaya matahari yang menyinari lingkungan, perubahan dari tempat gelap dalam goa ke tempat terang, cahaya obor maupun senter. Dinamisme pencahayaan tersebut berubah dengan cepat dan sangat halus, mendekati kejadian aktual.

Bagi para developer, teknologi Lumen memungkinkan mereka untuk mencipta dalam Unreal Editor. Kemudian melihat mekanisme pencahayaan tersebut bekerja sebagaimana dalam game kreasi mereka. Hasil akhirnya pun dapat diprediksi dengan lebih persisten.

Baca Juga: Tony Hawk’s Pro Skater 1+2 Siap Meluncur di September 2020

Demo Unreal Engine 5 disajikan langsung secara real time untuk Playstation 5. Memperlihatkan perjalanan seorang petualang perempuan serupa lara Croft di antara bukit batu dan reruntuhan artefak.

Dalam demo diperlihatkan sebuah alur dinamis, peralihan dari satu ruang ke ruang lain dengan begitu halus. Lingkungan dibuat begitu dinamis dengan gerak dari binatang maupun reuntuhan bukit yang terlihat menakjubkan.

Selain teknologi baru dari Nanite dan Lumen. Sebenarnya kita dapat melihat pula kualitas audio yang semakin baik dalam Unreal Engine 5. Suara yang hadir memiliki kualitas merata meski hadir pada saat bersamaan. Fluidity dari aliran air pada demo juga terlihat begitu halus saat bersentuhan dengan sang petualang di sana.

Unreal Engine 5 jelas menjadi jaminan dari hadirnya game berkualitas visual menawan di konsol generasi terbaru nanti. Tugas para developer game selanjutnya hanya perlu membuat cerita lebih segar dan menarik. Kita nantikan saja!

Demo Unreal Engine 5