Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO A72 5G Gunakan Chipset Baru MediaTek Dimensity 720

0 8.439

Sepekan lalu, muncul sebuah informasi jika OPPO sedang mempersiapkan smartphone baru. Dinamakan OPPO A72 5G, smartphone 5G murah tersebut hadir dengan desain yang baru, alias tidak sama dengan OPPO A series lainnya. Desain bodi belakangnya dibuat mirip seperti realme C11, smartphone entry level dari realme, dengan modul kamera kotak dan tekstur yang sedikit berbeda di sekitarnya.

Selang satu minggu kemudian, OPPO meresmikan smartphone ini secara diam-diam. OPPO A72 5G kini resmi tersedia di China, sudah tersedia di toko daring resmi OPPO serta beberapa situs ritel. Mendukung jaringan 5G, perangkat tersebut menggunakan jenis chipset terbaru yang baru saja diperkenalkan oleh MediaTek.

Baca juga: OPPO Ajak Fotografer Rio Motret Uji Kamera Reno4

OPPO A72 5G Pertama Gunakan MediaTek Dimensity 720

OPPO A72 5G

Seperti yang disampaikan minggu lalu, tampilan layar depannya dibuat serupa dengan NEO Display yang dimiliki seri OPPO A92 maupun A52. Tampilan bezelnya tipis dengan sebuah kamera punch hole di sisi kiri atas. Sama-sama miliki panel IPS LCD beresolusi full HD+, refresh rate pada layar OPPO A72 5G ditingkatkan menjadi 90Hz.

Bagian belakang bodi terlihat bersih tanpa sensor sidik jari, karena sensor tersebut diletakkan di sebelah kanan bodi smartphone, menyatu dengan tombol power. Modul kamera kotak di bodi belakang menyimpan tiga sensor kamera beserta dengan sebuah lampu LED. Masing-masing sensor punya resolusi 48MP, 8MP ultra wide-angle dengan sudut 119 derajat, serta 2MP black & white.

Dimensinya dibuat ringan dan tipis, hanya memiliki ketebalan 7,9mm yang bisa dibilang setara dengan seri OPPO Reno4. Selain itu, bobotnya juga hanya 175 gram saja, sehingga pengguna tidak akan merasa cepat lelah ketika menggunakan smartphone ini dalam durasi yang lama.

Menjalankan Android 10 dengan antarmuka ColorOS 7.2, kemarin diketahui jika OPPO A72 ditenagai chipset MediaTek seri MT6853V. Ternyata chipset tersebut adalah MediaTek Dimensity 720, sebuah chipset 5G yang baru saja diresmikan untuk smartphone kelas menengah yang lebih murah. Dibuat hemat daya, prosesornya terdiri dari delapan inti dengan clockspeed hingga 2GHz.

Tak hanya itu, penggunaan chipset ini membuat OPPO A72 5G mendukung penggunaan SIM ganda 5G & 4G secara simultan. Dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave, konsumsi baterai juga dapat direduksi, selain dari proses fabrikasi yang sudah 7nm. Selain CPU yang cukup bertenaga, smartphone baru OPPO ini dilengkapi RAM 8GB LPDDR4x serta memori internal 128GB berjenis UFS 2.1.

Kapasitas baterainya tidak terlalu besar. Ketika smartphone lain mulai banyak yang gunakan baterai 5.000 mAh, OPPO A72 5G masih di 4.040 mAh. Setidaknya, sudah mendukung teknologi fast charging 18 watt melalui USB-C, sehingga proses pengisiannya bisa berjalan dengan cepat.

Harga OPPO A72 5G di China

Varian warna OPPO A72 5G

Sudah tersedia melalui pre-sale di situs resmi OPPO di China, OPPO A72 5G dihargai 1,899 Yuan atau sekitar Rp3,9 jutaan. Hadir dalam tiga opsi warna menarik, penjualan perdananya bakal dimulai 31 Juli mendatang.

Hingga saat ini, belum ada informasi apakah perangkat 5G satu ini bakal diluncurkan juga di negara lain atau tidak. Di Indonesia sendiri, OPPO sedang menyiapkan seri OPPO Reno4 yang bawa banyak peningkatan, baik dari segi desain serta teknologi kameranya.


Beli smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK ERASPACE LAZADA JD.ID  Tokopedia.com