Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mengintip Desain Baru OPPO Reno5, Gunakan Teknik Reno Glow

2 7.629

OPPO Indonesia sedang mempersiapkan smartphone barunya, bakal hadir secara resmi pada awal tahun 2021 mendatang. Sudah diperkenalkan secara global, OPPO Reno5 hadir dengan tampilan warna yang lebih segar, gunakan teknik pewarnaan Reno Glow terbaru. Kali ini, kami berkesempatan untuk memegangnya dan melihatnya secara langsung.

Melalui sebuah acara bertajuk “OPPO Reno5 1st Appearance Event” yang diadakan di Jakarta (17/12), OPPO Indonesia pertunjukkan langsung peningkatan desain yang dibawa oleh smartphone terbarunya tersebut. Memiliki bahasa desain yang familiar dari seri Reno4, OPPO Reno5 adalah penerus yang punya tampilan sedikit berbeda, baik sisi depan maupun belakangnya.

Seri OPPO Reno memang dikenal sebagai smartphone yang padukan integrasi nilai fashion serta teknologi. Dihadirkan untuk ekspresikan gaya dari para konsumennya, yang menyasar generasi muda di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Lewat acara ini, OPPO khusus membahas sisi desainnya saja, karena bagian lain seperti software maupun kamera masih dalam tahap finalisasi.

Opsi Warna Baru OPPO Reno5 Miliki Lapisan Khusus

OPPO Reno5 Fantasy Silver
OPPO Reno5 Fantasy Silver

Jadi, apa saja yang berbeda di OPPO Reno5? Yang pertama adalah opsi warna yang ditawarkan. Smartphone ini hadir dalam dua pilihan warna berbeda; Fantasy Silver serta Starry Black. Masih tetap dengan signature atau ciri khas dari generasi sebelumnya, bawa bobot ringan 171 gram dengan ketebalan 7,7mm (dan 7,8mm di opsi warna Fantasy Silver).

Ya, ketebalan dua opsi warna ini memang sedikit berbeda. Hal tersebut karena OPPO Reno5 Fantasy Silver punya lapisan tambahan khusus pada bodi belakangnya, yang terbuat dari bahan plastik polikarbonat. Dalam total lima lapisan, beberapa di antaranya adalah “Picasus Film” berupa lapisan nano untuk berikan efek reflektif warna-warni, yang bakal terlihat saat bodi menangkap cahaya dari berbagai sudut.

Perbedaan warna OPPO Reno4 & Reno5
Perbedaan warna OPPO Reno5 (kiri) & Reno4,

Lapisan tersebut yang dapat memberikan efek warna Pelangi pada bodi belakangnya. Ditambah dengan tekstur “Fresnel Lens”, transisi tiap tujuh dasar warna yang ditampilkan bakal terjadi dengan sangat halus. Permukaannya sendiri dibuat matte, dengan bodi belakang terbuat dari plastik polikarbonat tiga dimensi.

OPPO Reno5 Starry Black
OPPO Reno5 Starry Black

Varian warna selanjutnya lebih kalem, meski punya efek warna yang juga tak kalah menarik. OPPO Reno5 Starry Black tampil dengan permukaan glossy. Dan berbeda dari seri sebelumnya, warna ini tidak memiliki logo OPPO yang ditampilkan berulang. Lapisan khusus justru disematkan pada bagian bingkai kamera belakangnya.

OPPO Reno5 Starry Black
Varian warna ini miliki lapisan khusus pada bingkai kameranya.

Seperti yang terlihat pada foto, bingkai kamera OPPO Reno5 Starry Black dapat memancarkan warna Pelangi yang cukup tajam. Warna tersebut akan muncul dari tangkapan cahaya dan sudut tertentu. Dan dari kamera tersebut, terlihat salah satu fitur yang ditingkatkan di seri terbaru smartphone OPPO di 2021 ini, yaitu setup empat kamera 64MP.

Layar OPPO Reno5 Meningkat dengan Refresh Rate 90Hz

Layar OPPO Reno5
Layar OPPO Reno5 kini hanya memiliki satu kamera depan berjenis punch-hole.

Setelah fokus membahas desain tampilan belakang OPPO Reno5 yang gunakan teknik Reno Glow, Aryo Meidianto A., PR Manager OPPO Indonesia lanjut membahas tampilan depannya. Lagi-lagi, terlihat perbedaan yaitu penggunaan kamera depannya. Kalau sebelumnya terdapat dua sensor, OPPO Reno5 hanya memiliki single punch-hole kamera. Terlihat lebih sederhana dengan layar lebih luas, minim gangguan.

Dengan bezel tipis, rasio layar ke bodinya capai 91,7%. Bingkainya sendiri menyempir dari 5,53mm di Reno4 ke 3,98mm saja di OPPO Reno5. Terlindungi dengan lapisan Gorilla Glass 5, gunakan lengkungan kaca 2.5D, serta tentu sudah mendukung sensor sidik jari di balik layar berkat penggunaan panel AMOLED.

Tak hanya itu saja peningkatannya. Mengejar ketertinggalan, OPPO Reno5 akhirnya mendukung refresh rate hingga 90Hz, tak lagi sebatas 60Hz dan sudah setara dengan OPPO Reno4 Pro. Dengan begitu, transisi konten yang diakses dari layarnya bakal terlihat lebih halus. Dan jangan khawatir—meskipun sensor kamera depannya hanya satu, OPPO janjikan fitur yang ada lewat AON Smart Sensor, tetap ada di OPPO Reno5.

Artinya, pengguna OPPO Reno5 bakal tetap bisa menavigasikan layar sampai angkat telepon hanya dengan menggunakan gestur tangan di depan layar, tanpa harus menyentuhnya secara langsung. Karena perangkat lunak dan kameranya belum final, kami masih belum bisa membahasnya lebih jauh. Namun OPPO memastikan bila seri ini bakal bawa peningkatan di sektor perekaman video.

OPPO Indonesia juga belum menginformasikan kapan tepatnya smartphone mid-range premium ini bakal hadir secara resmi. Namun setidaknya, kini kita sudah bisa mengetahui peningkatan-peningkatan yang dibawa dari sisi desain. Dari dua opsi warna baru OPPO Reno5, mana yang jadi favorit Gizmo friends?