Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Masa Pandemi, DANA Catat Kenaikan Transaksi 15% & Jumlah Pelanggan 40 Juta

0 445

Pengembangan teknologi secara intensif, terutama pada masa pandemi, telah mendorong peningkatan pemanfaatan dompet digital DANA. Tercatat, kenaikan transaksi pada masa pandemi sebesar 15%, dan pada bulan ini, jumlah pengguna DANA juga sudah lebih dari 40 juta.

Menurut pihak DANA, meningkatnya intensitas penggunaan platform dompet digital ini, terutama karena memudahkan terselenggaranya transaksi dan membantu meringankan beban sesama yang terdampak pandemi. Juga dibarengi dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang menjadi pengguna DANA.

Kenaikan jumlah pengguna DANA dan juga partisipasi dalam ekosistem program-program menunjukkan bahwa masyarakat sudah mempercayai penggunaan dompet digital sebagai metoda pembayaran. Juga keyakinan publik terhadap kemampuan DANA sebagai solusi bertransaksi nontunai yang mudah, lancar dan aman di berbagai situasi, terutama situasi pandemik seperti sekarang ini.

, Chief Technology Officer DANA mengatakan ketika terjadi pandemi, timnya mengembangkan kapabilitas dengan menciptakan solusi-solusi baru yang bermanfaat. “Anak-anak muda di DANA memiliki komitmen tinggi untuk bersama-sama menciptakan solusi yang dapat membantu masyarakat Indonesia dan negara untuk melalui Covid19 ini dengan baik dan lancar,” ujar Norman, saat jumpa pers online melalui aplikasi Zoom (20/05).
Baca juga: DANA Kolaborasi dengan Mastercard Melalui Fitur Binding Card

Miniprogram Siap Siaga COVID-19

Solusi ciptaan anak-anak muda di DANA terefleksi dalam Miniprogram Siap Siaga Covid-19. Ini adalah program khusus agar masyarakat dapat bergotong-royong digital membantu tenaga medis. Agar mereka bisa mendapatkan dukungan APD, serta tempat singgah yang nyaman melalui program #TempatSinggahTenagaMedis. DANA juga turut membantu menggerakkan perekonomian rakyat dengan ikut mendaftarkan warung-warung di lingkungan, hingga berpartisipasi dalam aksi-aksi bertema sosial, kemanusiaan, dan ekonomi kerakyatan.

Miniprogram Siap Siaga Covid-19 saat ini telah diakses kebih dari 1 juta pengguna. Untuk program Bantu Warung Tetangga, dalam 6 hari sejak live pertama pada 8 April 2020, jumlah warung yang sudah didaftarkan mencapai lebih dari 3.500 warung, yang akan terbantu oleh Kementrian Koperasi dan UKM. Program-program lain yang mendapat dukungan penuh antusias masyarakat adalah program penyediaan tempat singgah untuk tenaga medis yang dihadirkan bersama Habitat for Humanity.

Selain menghadirkan Miniprogram tersebut, DANA juga berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti institusi keuangan. Hal ini agar mempermudah penggunanya melakukan transaksi kapanpun di manapun melalui teknologi penyimpanan kartu debit dan kredit di dalam aplikasi.

Peningkatan Transaksi

Secara umum, animo masyarakat memanfaatkan dompet digital DANA terlihat meningkat pada beragam transaksi kebutuhan pokok, pembayaran tagihan-tagihan, hingga donasi kemanusiaan. Dengan DANA, masyarakat melakukan transaksi secara nyaman dengan tetap mengindahkan imbauan untuk melakukan phycial distancing dan tetap berada di rumah, terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19. Tercatat, 94% dari total transaksi yang dilakukan dengan menggunakan dompet digital DANA berupa transaksi online. Sisanya, 6%, berupa transaksi offline dengan menggunakan QR Code.

Transaksi nontunai secara online yang banyak dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan DANA selama pandemi Covid-19 adalah transaksi di e-commerce, transaksi pembelian pulsa telepon selular, transfer uang ke sesama pengguna DANA maupun ke rekening Bank, hingga melakukan pembayaran rutin bulanan seperti membayar biaya berlangganan TV kabel, asuransi dan BPJS.

Transaksi pembelanjaan yang dilakukan oleh pengguna DANA tidak dilakukan di merchant-merchant besar saja, namun juga merata hingga ke pelaku usaha UMKM. Tansaksi paling banyak untuk UMKM antara lain adalah transaksi pembelian makanan dan minuman di restoran, pembelian sembako di warung-warung atau pun mini market sekitar rumah, tempat layanan telekomunikasi, serta toko-toko baju dan aksesoris.