Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

DANA Kolaborasi dengan Mastercard Melalui Fitur Binding Card

0 378

Platform dompet digital DANA memperluas kerja sama untuk memperkuat ekosistem fintech. Setelah sebelumnya dengan Visa, kini DANA menggandeng Mastercard. Mereka berkolaborasi melalui salah satu fitur yang dikembangkannya yaitu Simpan Kartu atau Binding Card.

Kerja sama ini dianggap penting terutama dalam kondisi sekarang di mana dengan imbauan physical distancing dan di rumah saja, meminimalkan aktivitas transaksi dengan menggunakan uang kertas dan logam, mesin ATM, dan mesin EDC. Kartu debit dan kartu kredit dapat menjadi solusi karena dapat digunakan untuk transaksi online.

Dedy Sahat, Business Development Director, DANA, mengatakan, sebagai perusahaan teknologi finansial, DANA selalu siap bersinergi dengan berbagai institusi finansial guna mengakselerasi aktivitas transaksi nontunai di berbagai situasi.
Baca juga: DANA Hadirkan Fitur Siap Siaga COVID-19

Kolaborasi DANA dan Mastercard

“Kolaborasi DANA dengan Mastercard menjadi sinergi yang menawarkan manfaat bagi masyarakat luas, termasuk membantu mereka dalam melakukan transaksi pembayaran nontunai secara mudah, praktis, nyaman, dan aman dari mana pun, kapan pun, selama masa pandemi ini,” ujar Dedy, saat jumpa pers online di Jakarta (15/05).

Dedy menambahkan, institusi finansial dan perbankan adalah lembaga dengan standar kepatuhan dan keamanan yang sangat tinggi. Untuk itu, ia menyebut bahwa kolaborasi dengan Mastercard  merupakan bentuk pengakuan dan kepercayaan yang diberikan oleh institusi finansial dan perbankan terhadap kapabilitas, reliabilitas, dan keamanan DANA.

Sementara Tommy Singgih, Consultant Mastercard mengatakan selama ini Mastercard telah menunjukkan dedikasi dalam bekerja sama dengan para pemain kunci di sektor swasta dan publik untuk mengimplementasikan dan mengintegrasikan solusi dan teknologi pembayaran yang dapat memperkuat ekonomi digital Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini, para pengguna kartu Mastercard akan dapat mengakses dan menggunakan solusi dan teknologi pembayaran Mastercard dan DANA untuk melakukan transaksi online sesuai kebutuhan terutama untuk pembayaran berbagai tagihan bulanan,” ujar Tommy.

Cara Menyimpan Kartu mastercard pada Fitur Binding Card DANA   

Melalui fitur Simpan Kartu di dompet digital DANA, para pemegang kartu Mastercard dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman saat melakukan pembayaran berbagai tagihan seperti tagihan listrik, telepon, air, internet, TV kabel, dan gas. Hal tersebut juga dapat dilakukan dengan mudah dari rumah.

Di luar pembayaran tagihan tersebut, pemegang kartu Mastercard juga dapat memanfaatkan kartu yang tersimpan di dalam aplikasi dompet digital DANA untuk keperluan transaksi nontunai secara digital lainnya. Misalnya bisa memanfaatkannya untuk belanja di e-commerce maupun gerai-gerai konvensional yang sudah menerima pembayaran dengan menggunakan DANA, hingga dipakai untuk berdonasi.

Di tengah pandemi COVID-19, DANA dan Mastercard menghadirkan promo voucher biller senilai Rp30 ribu. Promo ini berlaku bagi pengguna yang baru pertama kali menyimpan kartu debit dan atau kartu kredit Mastercard pada fitur Simpan Kartu atau Binding Card. Voucher berlaku untuk minimum transaksi Rp150 ribu dan dapat digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, telepon, BPJS, cicilan-cicilan, internet, asuransi, TV kabel, dan gas. Kuota program ini tersedia untuk 520 pengguna per hari dan berlangsung dari 1 Mei hingga 31 Juli 2020.

Cara menyimpan kartu Mastercard di dalam aplikasi dompet digital DANA sangat mudah. Pemegang kartu debit dan kartu kredit Mastercard yang telah menjadi pengguna DANA dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman Saya di Beranda DANA.
  • Pilih Kartu Tersimpan lalu tap + KARTU BARU
  • Masukkan informasi detail kartu debit/kartu kredit Mastercard
  • Masukkan nomor OTP yang telah dikirim via SMS.
  • Kartu debit/kredit Mastercard berhasil disimpan.