Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Perjalanan realme di 2020: Bangun Ekosistem AIoT Hingga Pertumbuhan Tercepat

0 931

Tahun 2020 merupakan masa yang cukup menantang bagi semua masyarakat di seluruh dunia. Hampir seluruh bisnis terkena dampak dari pandemi COVID-19, dan yang termasuk adalah produk elektronik seperti smartphone. Meski begitu, mereka tetap terus berinovasi sepanjang tahun. Salah satunya termasuk realme, yang justru tancap gas sampai akhir 2020.

Terlepas dari adanya pandemi, realme terus kembangkan yang mendapat perhatian dari pengikut teknologi, hingga seluruh penggemarnya. Tak hanya smartphone, realme juga mulai perkuat pasar ekosistem lainnya yaitu AIoT. Tidak hanya di luar negeri, namun termasuk Indonesia. Terbukti sejak awal Januari 2020 kemarin, selain meluncurkan smartphone terjangkau realme 5i, realme juga turut hadirkan realme Buds Air, earphone TWS pertamanya.

Baca juga: Fast Company: realme Masuk Jajaran 50 Perusahaan Inovatif Terbaik 2020

realme Lebih Lengkap dengan Rangkaian 1+4+N

realme Watch S

realme Buds Air bisa dibilang hadir sebagai langkah awal, yang membuka banyak sekali langkah berikutnya sepanjang tahun 2020. Tidak memerlukan waktu lama sampai akhirnya realme perkenalkan strategi “1+4+N”. Di mana angka “1” mewakili bisnis utama realme yaitu smartphone, lalu angka “4” gambarkan empat kategori smart device. Sementara “N” hadir sebagai pelengkap atau produk komplimentari.

Empat kategori smart device yang dimaksud adalah smart speaker, smart earphone, smart TV dan smart wearable, di mana tiga dari empat tersebut sudah hadir resmi di Indonesia. Agar dapat terus mendorong gaya hidup anak muda, perangkat AIoT dari realme tersedia dengan harga yang terjangkau dan kompetitif.

Dan tidak hanya AIoT, realme juga perkuat posisinya dalam ekosistem konektivitas 5G. Di awal tahun, realme X50 hadir di Beijing sebagai smartphone 5G pertamanya. Tak lama kemudian, realme telah merilis beberapa seri smartphone 5G kelas menengah. Meski memang hanya tersedia di negara tertentu, tidak termasuk Indonesia.

Ajang bergengsi seperti MWC dan IFA Berlin 2020 juga telah diikuti oleh realme, dimana realme luncurkan flagship mereka, X50 Pro. Berkat strategi yang matang, realme raih pencapaian seperti merk smartphone tercepat yang capai 50 juta penjualan versi Counterpoint.

Ingin Terus Berinovasi di 2021

Pada tahun 2021 mendatang, realme akan menyiapkan banyak kejutan. Mereka akan terus ciptakan rantai ekologi AIoT, mengumpulkan lebih banyak pengguna demi mencapai ekosistem AIoT yang saling terhubung dan terintegrasi. Mereka targetkan posisi tiga besar untuk pemain smart wearable di dunia.

Misi utama realme dalam skala global adalah membantu menekan harga smartphone yang kompatibel dengan 5G secara signifikan. Selain menyiapkan realme “Race”, realme juga bakal terus bekerja sama dengan mitra seperti operator, produsen perusahaan internet serta pengembang aplikasi untuk bersama-sama promosikan pengembangan global 5G.

Tinggalkan komen