Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Android 11 Beta Hadir untuk Pengguna OPPO, realme, dan Xiaomi di Indonesia

0 6.396

Salah satu faktor penentu untuk membeli smartphone, selain fitur serta spesifikasi di atas kertas, adalah dukungan perangkat lunak kedepannya. Tentu konsumen tidak ingin membayar mahal untuk sebuah smartphone yang hanya mendapat satu kali pembaruan software, atau selalu terlambat dengan yang lainnya. Bulan ini adalah penentuan hal tersebut. Android 11 baru saja diluncurkan secara resmi.

Seri Google Pixel tentu jadi yang utama, namun kini lebih banyak OEM lain berlomba-lomba untuk hadirkan sistem operasi terbaru dari Google ini kepada smartphone mereka. Selain Pixel, peluncuran Android 11 ini sudah bisa dinikmati langsung oleh pengguna ponsel Pixel, OnePlus, Xiaomi, Oppo, dan Realme.

Untuk smartphone yang telah beredar di Indonesia, Android 11 beta kini sudah bisa dinikmati untuk seri Oppo Find X2 series, Oppo Reno 3 series, Realme X50 Pro, Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro.
Baca juga: Review realme 7: Makin Sempurna untuk Segmen Harga Rp3 Jutaan

Fitur Terbaru Android 11

Android 11 update

Android 11 membawa beberapa peningkatan yang signifikan dalam hal bagaimana kita berkomunikasi lewat aplikasi perpesanan.

Terdapat fitur chat bubble yang menangani percakapan dengan mengelompokkan notifikasi dari aplikasi perpesanan (chatting) dalam bentuk gelembung. Konsepnya seperti gaya Facebook Messenger sehingga lebih mudah diakses.

Ada juga kontrol media baru, antarmuka screenshot baru, menu kontrol smart home hingga setelan izin yang lebih ketat, dan banyak lagi. Selain itu, privasi juga lebih terjaga, serta tampilan notifikasi yang lebih runut dan rapih. Versi beta pertama dari Android 11 telah diluncurkan sejak 10 Juni lalu.

Google biasanya menggelontorkan pembaruan OS terbarunya secara bertahap dalam beberapa waktu ke depan. Sehingga, jika ponsel Anda tercantum di daftar berikut namun belum mendapatkan pembaruan, ada baiknya untuk bersabar sedikit.

Update ColorOS Berbasis Android 11 untuk OPPO

OPPO membuka kesempatan pengguna Find X2, Find X2 Pro, Reno3 dan Reno3 Pro di Indonesia untuk mendaftarkan diri untuk memperoleh versi public beta ColorOS terbaru berbasis Android 11.

Untuk melakukan pendaftaran beta version dari ColorOS terbaru ini, pengguna dapat menuju ke opsi pengaturan, kemudian memilih opsi pembaruan perangkat lunak, dan memilih ikon berbentuk segi enam yang terletak di sebelah kanan atas.

Kemudian, memilih opsi Android 11 x ColorOS. Pengguna akan diminta mendaftarkan nomer telefon atau email mereka dan menyetujui bagian trial version must-know and privacy policy. Setelah terdaftar, pengguna tinggal menunggu OPPO menggulirkan update ColorOS berbasis Android 11 secara Over The Air (OTA).

Sebelumnya, OPPO telah menggulirkan versi beta dari Android 11  untuk perangkat Find X2 Series pada pertengahan Juni yang lalu. Perbedannya adalah, waktu itu pengguna harus melakukan peningkatan secara manual melalui mode recovery dengan mengunduh file Android 11 beta melalui halaman situs OPPO.

Antar muka Android 11 beta ini tidak jauh berbeda dengan antarmuka ColorOS 7.2. Pengguna juga masih dapat menikmati fitur ColorOS sebelumnya seperti MEMC (Motion Estimation and Motion Compensation), All Pixel Omni-Directional PDAF camera focus, HDR video Enhancement, AI Nature Tone Display, Text Scanner dan OPPO Share.

Pada versi beta public kali ini OPPO akan membawa banyak perubahan dan fitur baru ke dalam ColorOS. Kendati terbatas, pengguna di Indonesia mendapat tempat spesial untuk mendapatkan 200 kuota dari 2000 slot yang disediakan untuk pengguna Find X2, Find X2 Pro, Reno3 dan Reno3 Pro di seluruh dunia.

Baca juga: Ini Rekomendasi dan Daftar Harga Terbaru Smartphone OPPO 2020

Android 11 Preview Tersedia Untuk realme X50 Pro 5G

realme X50 Pro Android 11

Sebagai merek smartphone dengan pertumbuhan tercepat, realme juga menargetkan agar smartphone-nya menjadi salah satu yang tercepat untuk membawa software terbaru dari Google. Bahkan Google juga telah mengonfirmasi bahwa smartphone realme telah mendukung update Android 11.

Di Android 11, realme UI juga akan diintegrasikan, untuk hadirkan pengalaman yang lebih baik bagi para pengguna smartphone realme. Hal ini tergolong impresif, karena realme baru didirikan dua tahun yang lalu. Dan sesuai dengan komitmen mereka untuk mempopulerkan teknologi trendi dan membawa produk inovatif untuk seluruh anak muda di seluruh dunia.

Bagi pengguna realme X50 Pro 5G, bisa langsung mencoba versi preview dari Android 11 Beta, yang sudah tersedia di forum realme Community. Tentunya, akan ada beberapa bug yang mengganggu pemakaian sehari-hari. Namun dengan begitu, jika pengguna versi Beta bisa melaporkan bug untuk dibenahi, versi final akan bisa rilis lebih cepat. realme akan mengikuti jadwal pembaruan Google, dan menghadirkan pembaruan Android terbaru untuk pengguna realme X50 Pro 5G.