alexa

Xiaomi Hilangkan Merek ‘Mi’ di Smartphone, Ini Alasannya

Jakarta, Gizmologi – Produsen teknologi asal China Xiaomi selama ini memberikan embel-embel ‘Mi’ di lini produk high-end. Apa jadinya jika brand yang menjadi inisial bagi Xiaomi tersebut perlahan dihapus atau dihilangkan.

Ya, sebuah keputusan tidak biasa dilakukan oleh Xiaomi untuk menanggalkan brand tersebut dari penamaan yang diusung oleh perangkat premiumnya. Terlebih setelah smartphone Mi pertama diluncurkan, sepuluh tahun lalu.

Informasi yang pertama kali dilaporkan oleh XDA Developers ini telah dikonfirmasi oleh juru bicara Xiaomi. Perusahaan asal Tiongkok ini mengumumkan bahwa mulai Q3 tahun 2021, seri produk Mi hanya akan disebut dengan nama Xiaomi dan Redmi.

“Perubahan ini akan menyatukan kehadiran merek global kami dan menutup kesenjangan persepsi antara merek dan produknya. Perubahan ini mungkin memerlukan waktu untuk diterapkan di semua wilayah,”

Keputusan ini diambil untuk membedakan satu produk dan lainnya, menjadi beberapa sub merek. Walau menghilangkan inisial ‘Mi’, Xiaomi menyatakan bahwa merek Redmi akan tetap dipertahankan sebagai kategori smartphone yang lebih terjangkau, sedangkan Xiaomi akan digunakan untuk produk yang lebih premium.

Baca Juga: Xiaomi Mix 4 Jadi Smartphone Pertama di Dunia dengan Chipset Snapdragon 888 Plus

Dengan memperkenalkan identitas merek baru, dua seri produk berbeda ini akan bernaung di bawah satu logo merek induk. Produknya juga diklaim akan mewakili puncak teknologi dan menawarkan pengalaman perbeda sesuai target pasarnya.

“Diferensiasi ini juga terlihat pada penulisan logo kami yang sudah diperbarui. Logo Xiaomi dan Redmi akan diwakili oleh logo merek induk. Ke depannya, sistem penamaan seri Xiaomi dan Redmi juga akan berlaku pada produk-produk ekosistem dan IoT yang kami rilis,” pungkas Xiaomi.

Konvensi penamaan seri produk, baik Xiaomi maupun Redmi, juga akan diaplikasikan pada ekosistem dan produk IoT secara bertahap. Sebelumnya, General Manager Xiaomi mengonfirmasi perubahan nama untuk Mi Store fisik, yang kini disebut dengan nama Xiaomi Stores.

Inisial ‘Mi’

Logo Mi

Menilik sejarahnya titel ‘Mi’ tidak disematkan pada smartphone, melainkan pada sistem operasi MIUI yang saat ini telah ada di versi 12.5. Baru kemudian smartphone dengan inisial Mi debut pertama kali pada 2011, diikuti perkembangan produk unggulan lainnya.

Lalu apa arti kata Mi? Lei Jun selaku pendiri Xiaomi beberapa waktu yang lalu pernah menjelaskan bahwa Mi merupakan kependekan dari Mobile Internet atau ada pula kalimat alternatif, Mission Impossible. Hal ini diyakini Xiaomi sebagai perubahan internet seluler dengan menyelesaikan yang tugas mustahil.

Rencananya perubahan ini akan disampaikan secara resmi pada ajang yang diselenggarakan pada tanggal 15 September mendatang. Di mana saat itu Xiaomi meluncurkan smartphone terbarunya, 11T series yang didukung teknologi fast charging 120W, chipset unggulan, dan layar dengan refresh rate 120Hz.

Tinggalkan komen