alexa

Xiaomi Mix 4 Jadi Smartphone Pertama di Dunia dengan Chipset Snapdragon 888 Plus

China, Gizmologi – Melalui sebuah acara peluncuran daring, Xiaomi akhirnya memperkenalkan sebuah smartphone flagship alias terbaik di tahun 2021. Ya, bukanlah Mi11 Ultra, namun Xiaomi MIX 4. Tampil lebih konvensional dari seri sebelumnya, namun juga membawa teknologi masa depan. Terlihat dari bagian depan yang benar-benar dipenuhi layar.

Ya, namanya kini dibuat lebih sederhana, dan menjadi penerus dari seri Mi Mix 3 yang hadir 2018 lalu. Awalnya, seri Mi Mix selalu hadir sebagai produk purwarupa yang memang dijual secara massal. Kini pendekatannya sedikit berbeda, di mana Xiaomi menyebutkan bila Mix 4 adalah flagship untuk bisnis.

Baca juga: Bocoran Foto & Spesifikasi Xiaomi Redmi 10, Tampil Garang dengan Kamera 50MP

Pendekatannya sendiri mirip seperti Samsung beberapa tahun lalu, di mana seri Galaxy S hadir di awal tahun, disusul seri Galaxy Note yang unggulkan produktivitas. Xiaomi Mix 4 hadir menggunakan material bodi keramik dengan lengkungan 3D, tersedia dalam hitam, abu-abu dan putih.

Xiaomi Mix 4 Pertama dengan Kamera Under Display

Xiaomi Mix 4

Agar lebih nyaman dalam genggaman, material keramiknya dirancang 30% lebih ringan. Terdapat modul kamera sangat besar, membawa tiga sensor kamera yang punya fungsi berbeda. Sensor utamanya 108MP, gunakan ISOCELL HMX dengan lensa 7P dan OIS. Sementara di bawahnya terdapat sensor ultra-wide 13MP yang spesial.

Gunakan jenis “free-form”, distorsi yang dihasilkan dari sensor kamera ini hanya sebesar 1% saja, dibandingkan sensor konvensional yang capai 20%. Dan masih ada sensor periskop 8MP yang bisa berikan 5x optical zoom plus 50x zoom maksimal—juga dilengkapi OIS.

Xiaomi Mix 4

Beralih ke bagian depan, layar Xiaomi Mix 4 dirancang spesial. Spesifikasi standar flagship sudah diterapkan; 3D curved AMOLED, HDR10+, Dolby Atmos, 10-bit, refresh rate 120Hz plus lapisan Gorilla Glass Victus. Dimensinya 6,67 inci dengan resolusi standar full HD+, namun yang spesial adalah kamera depannya.

Disebut Xiaomi dengan CUP (camera under-panel), Mix 4 jadi yang pertama dengan sensor kamera depan di bawah layar. Resolusinya 20MP dan mendukung pixel-binning 4-in-1. Untuk membuat layar bagian kamera tetap tajam dan lebih transparan (supaya kualitas foto cerah), digunakan teknologi khusus, micro-diamond pixel yang dapat kurangi ukuran piksel dan tingkatkan kecerahan.

Mendukung Pengecasan Hingga 120 Watt

Xiaomi Mix 4

Tak sampai di situ, Xiaomi Mix 4 jadi yang pertama di dunia menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888 Plus, hadirkan performa terbaik di smartphone Android saat ini. Teknologi pengecasannya pun sudah mencapai 120W lewat kabel dan 50W secara nirkabel. Hanya perlu 15 menit saja untuk mengisi baterai 4,500 mAh di dalamnya, menggunakan mode Boost khusus.

Tak perlu khawatir panas, karena Xiaomi menjamin suhu terpanas Mix 4 ketika diisi daya hanya dikisaran 37 derajat Celsius. Salah satunya berkat sistem pendingin khusus berlapis. Mengingat ini merupakan smartphone bisnis, penerimaan sinyalnya dirancang prima, sembari membawa fitur keamanan unggulan.

Secara total, ada 19 antena di dalam bodi Mix 4, mendukung 42 frekuensi band. Mode optimasi sinyal juga berfungsi untuk tingkatkan kestabilan dalam skenario lokasi seperti bandara, rumah sakit maupun stasiun kereta api bawah tanah.

Xiaomi Mix 4 Dibanderol Mulai Rp11 Jutaan

Mix 4 juga menjadi smartphone Xiaomi pertama yang mendukung Ultra Wide Band, demi pelacakan perangkat dan komunikasi antar sesama perangkat UWB lebih akurat. Uniknya, smartphone ini bakal tetap dapat dicari meski sudah dimatikan dan kartu SIM dilepas—membuatnya tetap tersambung ke jaringan lewat fitur Find My Phone.

Xiaomi Mix 4 mulai tersedia lewat jalur pre-order, sementara penjualan perdananya berlangsung 16 Agustus di toko luring dan daring milik Xiaomi. Belum ada informasi mengenai ketersediaan perangkat ini ke depannya di Tanah Air.

Harganya? Hadir dalam empat varian memori berbeda, varian paling murah dengan memori 8/128GB dibanderol CNY4,999 (Rp11 jutaan). Sementara opsi memori paling besar, 12/512GB dibanderol CNY6,299 alias sekitar Rp13,9 jutaan.

Tinggalkan komen