Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme V11, Smartphone 5G dengan MediaTek Dimensity 700 Harga Rp2 Jutaan

0 635

Terus mencoba untuk rilis smartphone terjangkau berkemampuan 5G, realme baru saja merilis realme V11 5G di negara asalnya, China. Smartphone ini hadir menggunakan salah satu chipset terbaru dari MediaTek, yang memang dirancang untuk perangkat 5G murah. Dengan spesifikasi lain yang tidak kalah menarik.

realme sendiri baru saja mempertegas bila mereka akan merilis lebih banyak perangkat AIoT dalam tahun ini, disampaikan melalui acara realme AIoT Open Day yang diadakan awal pekan kemarin. Namun dengan strategi “1+4+N”, produk smartphone bakal tetap menjadi pusat atau hub dari seluruh ekosistem perangkat realme yang bakal dirilis di masa mendatang.

Menjadi smartphone 5G murah, realme V11 5G punya tampilan yang cukup berbeda di bagian belakangnya. Desain kameranya terlihat baru, sementara aksen di bingkai bawah kameranya terlihat mirip seperti smartphone vivo belakangan. Permukaan bodi belakang dibuat glossy dengan gradasi, hadir dalam dua warna yaitu biru dan abu-abu (hitam).

Baca juga: realme C20 Diresmikan, Bawa Helio G35 Harga Rp1,5 Jutaan

Spesifikasi realme V11 5G

realme V11 5G

Mengingat harganya yang terjangkau, jangan berharap bila layar yang dimiliki oleh realme V11 5G setara smartphone kelas menengah. Dimensinya memang tergolong besar di 6,52 inci. Namun desainnya masih gunakan waterdrop notch, beresolusi HD+, tanpa menggunakan refresh rate tinggi. Alias masih standar di 60Hz saja. Setidaknya, sensor sidik jari sudah diletakkan di samping, menyatu dengan tombol power.

Yang menarik dari realme V11 5G adalah chipset yang diusungnya. MediaTek Dimensity 700 merupakan chipset rilisan November 2020, didesain untuk produsen smartphone yang ingin membuat smartphone 5G terjangkau, namun masih cukup tangguh untuk mobile gaming. Fabrikasinya 7nm, dan mendukung mode smart 5G.

Mode smart 5G dapat mengatur sinyal sehingga bisa turun otomatis ke 4G bila jaringan 5G kurang optimal atau tidak diperlukan, sehingga konsumsi dayanya bisa dihemat. Clock speed CPU-nya juga justru lebih kencang dari seri Dimensity 720, hingga 2,2GHz. Dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB.

Kamera belakangnya ada dua, meski terlihat seolah-olah ada empat, di mana dua di antaranya hanya lampu kilat serta logo AI. Sensor utamanya beresolusi 13MP f/2.2, dipadukan dengan sensor kedalaman (depth sensor) f/2.4. Sama seperti seri terjangkau lainnya, sudah dilengkapi fitur seperti Nightscape untuk pengambilan foto malam berkualitas.

Kapasitas baterai realme V11 5G juga sudah cukup besar di 5,000 mAh, mendukung pengisian daya cepat 18W lewat port USB-C. Smartphone ini jalankan realme UI berbasis Android 11, dan masih dilengkapi dengan konektivitas lengkap lainnya seperti jack audio 3,5mm. Dikemas dalam bodi yang punya ketebalan 8,4mm dengan bobot 186 gram.

Harga realme V11 5G

realme V11 5G

Tersedia dalam satu varian memori saja, realme V11 5G sudah tersedia di China melalui pembelian dari situs resminya. Harga resminya CNY1,199 saja, atau sekitar Rp2,6 jutaan. Dan realme memberikan bonus tambahan yaitu sebuah earphone realme Buds Classic.

Harga tersebut bisa dibilang sangat atraktif, di mana konsumen sudah bisa dapatkan smartphone 5G yang punya performa kencang plus baterai tahan lama. Terutama, konsumen termasuk di Indonesia pun sudah tertarik dengan kemampuan 5G pada smartphone yang akan dibelinya, meski dukungan serta regulasi belum sepenuhnya rampung di Tanah Air.