alexa

Bocoran Foto & Spesifikasi Xiaomi Redmi 10, Tampil Garang dengan Kamera 50MP

Jakarta, Gizmologi – Dalam beberapa pekan terakhir, Xiaomi nampak seperti terlalu “asik” untuk merilis banyak varian dari smartphone seri kelas menengahnya, Redmi Note 10. Namun tak membuat vendor asal Beijing tersebut lupa untuk perbarui perangkat kelas entri, karena mulai muncul informasi terkait Redmi 10.

Ya, mulai dari Redmi Note 10 5G sampai Redmi Note 10 JE yang hadir khusus untuk wilayah Jepang dengan sertifikasi tahan air, yang belum diperbarui oleh Xiaomi Indonesia agar masuk ke seri dua angka hanyalah seri Redmi biasa. Versi terbaru yang dikenalkan adalah Redmi 9T—opsi lebih lengkap dari Poco M3 dengan baterai 6,000 mAh.

Baca juga: Canalys: Xiaomi Indonesia Jadi Vendor Smartphone Nomor 1 di Q2 2021

Informasi terkait kehadiran Redmi 10 muncul setelah sebuah situs ritel asal Singapura, Courts secara tidak sengaja menampilkan tak hanya gambar, namun juga spesifikasi dari smartphone Xiaomi baru tersebut. Tampak jelas secara visual perubahan yang dibawa, memiliki tampilan yang jauh lebih modern.

Redmi 10 Lebih Modern dengan Kamera Punch-Hole

Xiaomi Redmi 10

Dari foto yang tampil di atas, terlihat desain Redmi 10 telah diperbarui secara menyeluruh dari seri-seri sebelumnya. Bodi belakangnya tampil dalam tiga opsi warna, di mana kini tersedia sebuah warna gradien yang tampilkan beragam spektrum. Modul kameranya juga dibuat sangat besar, menyerupai Redmi Note 10 Series sampai Mi 10 Ultra.

Empat sensor diletakkan bersebelahan, dengan sensor utama ditempatkan ke dalam bingkai berbeda berwarna siler. Desain tersebut seolah menyebutkan bila seri ini bakal unggulkan kemampuan fotografi—spesifikasi sensor kameranya sendiri juga sudah ikutan bocor.

Selain itu, tak ada lagi yang mencolok di bodi belakangnya. Sensor sidik jari tentu sudah diletakkan di samping, menyatu dengan tombol power. Ketika dibalik ke bagian depan, akhirnya Xiaomi memperbarui desain layar Redmi 10. Tak lagi gunakan waterdrop notch, alias sudah lebih modern dengan kamera punch-hole. Diletakkan pada bagian tengah atas.

Bakal Gunakan Chipset Baru MediaTek

Xiaomi Redmi 10
Tampilan Redmi 10 pada situs toko ritel Courts

Lalu bagaimana dengan bocoran spesifikasi Redmi 10? Peningkatannya sendiri nampak cukup menyeluruh. Pada bagian layar, tak hanya desainnya saja yang diperbarui, namun juga panel yang digunakan. Dimensinya masih sama-sama 6,5 inci dengan IPS full HD+, namun sudah mendukung refresh rate 90Hz.

Kamera depannya beresolusi 8MP. Sementara di belakang, sensor utamanya punya resolusi yang jauh lebih besar, mencapai 50MP. Xiaomi sampai menuliskan besaran megapiksel tersebut pada modul kamera belakangnya. Sementara tiga sensor lainnya adalah 8MP ultra-wide dan 2MP untuk depth serta makro.

Xiaomi Redmi 10 juga bakal ditenagai oleh chipset gaming kelas entri terbaru dari MediaTek, yaitu Helio G88 yang merupakan penyempurnaan minor dari seri G80. Cip tersebut membawa arsitektur CPU octa-core dengan dua unit Cortex-A75 yang jalan pada kecepatan 2GHz. Varian RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB tersedia setidaknya untuk wilayah Singapura.

Kapasitas baterainya sendiri masih sama dengan Redmi 9, yaitu 5,000 mAh yang mendukung fast charging 18 watt. Dan tentunya, bakal jalankan MIUI 12 berbasis Android 11 versi terbaru. Dalam situs Courts, smartphone ini terdaftar dengan harga SGD249, yang bila dikonversikan mencapai Rp2,6 jutaan.

Tentu saja, nominal harga tersebut bisa belum akurat, mengingat seri Redmi selalu dibanderol dengan harga kurang dari Rp2 juta, dan tak mungkin melampaui seri Redmi Note 10. Tanggal peluncurannya pun belum diketahui, meski harusnya sudah tidak lama lagi.

Tinggalkan komen