alexa

Xiaomi Rilis Redmi Note 10 JE Khusus di Jepang, Dibuat Tahan Air

Tokyo, Gizmologi – Merasa sudah cukup banyak seri Redmi Note yang diluncurkan sampai pertengahan 2021 ini? Eits, jangan merasa cukup dulu, karena Xiaomi baru saja rilis satu lagi varian yang dibuat khusus. Dirilis dengan nama Redmi Note 10 JE (“Japan Edition”), tentu perangkat ini spesifik untuk Jepang.

Xiaomi memang sedang terus berekspansi, melebarkan sayapnya dan hadirkan jajaran perangkat smartphone hingga IoT ke lebih banyak negara. Tak hanya Asia, kini juga sudah menyentuh Amerika Serikat sampai Eropa, di mana banyak smartphone Xiaomi 5G terjangkau diluncurkan di sana. Seri terbaru ini juga serupa, karena masuk dalam seri Redmi Note.

Baca juga: Redmi Note 10 5G Diresmikan, Smartphone 5G Termurah dari Xiaomi

Ada keunikan sendiri pada fisik dari smartphone ini. Tampilan luarnya memang terlihat sama persis seperti Redmi Note 10 pada umumnya—sedikit perbedaan terletak pada sebuah logo di sebelah kamera. Logo tersebut umum dimiliki di bodi smartphone Jepang, menandakan bila Redmi Note 10 JE mendukung NFC untuk sistem pembayaran.

Redmi Note 10 JE Kantongi Sertifikasi IP68

Xiaomi Redmi Note 10 JE

Namun tidak hanya itu saja, karena Redmi Note 10 JE adalah seri Redmi Note pertama yang dirancang tahan air. Ya, layaknya smartphone Xperia milik Sony yang juga populer di Jepang, perangkat ini punya sertifikasi IP68. Membuatnya tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit serta tahan debu.

Sementara spesifikasi lainnya dibilang mirip dengan Redmi Note 10 5G, perangkat 5G termurah dari Xiaomi Indonesia untuk konsumen di Tanah Air. Layar depannya berukuran 6,5 inci, gunakan panel IPS 90Hz ditambah kamera depan 8MP berbentu punch-hole yang diletakkan di bagian tengah atas layar. Ya, bukan AMOLED seperti seri 4G lainnya.

Xiaomi Redmi Note 10 JE

Setup kamera belakangnya juga tergolong sederhana; sensor utama 48MP, ditemani depth sensor 2MP dan kamera makro 2MP, tanpa sensor ultra-wide. Perekaman videonya pun maksimum hingga full HD 30fps. Bagian yang menarik dan berbeda adalah chipset yang digunakan.

Alih-alih gunakan cip dari MediaTek, Redmi Note 10 JE justru memilih Qualcomm dengan cip Snapdragon 480 5G miliknya. Cip tersebut tergolong cukup powerful, dengan performa setara Snapdragon seri 600, sembari dibuat lebih efisien daya. Sayangnya, kapasitas RAM justru dibuat ngepas, hanya 4GB saja. Ditambah penyimpanan internal 64GB yang untungnya masih dapat diekspansi lewat kartu microSD sampai 1 TB.

Kapasitas Baterai Redmi Note 10 JE Sedikit Lebih Kecil

Xiaomi Redmi Note 10 JE

Menjalankan MIUI 12.5 berbasis Android 11, sektor konektivitasnya dibuat lengkap. Selain NFC, Redmi Note 10 JE juga dilengkapi dengan teknologi contactless IC card milik FeliCa & Osaifu-Keitai yang memang dibutuhkan di Jepang. Serta bawa fitur esensial lainnya seperti sensor inframerah, Kompas sampai sensor sidik jari yang diletakkan di sebelah kanan bodinya.

Ada juga beberapa bagian yang terpaksa dikurangi oleh Xiaomi. Jumlah speaker aktif Redmi Note 10 JE hanya satu. Sementara kapasitas baterainya juga dibuat lebih kecil di 4,800 mAh, mendukung fast charging 18 watt. Mungkin untuk menambahkan sensor tertentu serta membuatnya tahan air, ya.

Untuk harganya sendiri, Redmi Note 10 JE bakal mulai tersedia pada 13 Agustus mendatang dan dijual secara eksklusif lewat operator au & UQ mobile. Belum diumumkan pastinya berapa, namun seharusnya tak terpaut jauh dari seri yang sudah tersedia lainnya.

Tinggalkan komen