Qualcomm Rilis Snapdragon 480, Chipset 5G Paling Terjangkau

Selain hadirkan flagship dengan teknologi canggih, diprediksi juga bila produsen smartphone bakal terus berlomba hadirkan smartphone 5G murah di seluruh dunia sepanjang 2021. Hal tersebut sejalan dengan semakin majunya teknologi jaringan, serta ketersediaan chipset yang mumpuni. Salah satunya seperti Qualcomm yang baru saja rilis Snapdragon 480 5G.

Ya, untuk pertama kalinya Qualcomm merilis chipset di seri entri kepala empat dengan dukungan konektivitas masa depan tersebut. Snapdragon 480 adalah chipset 5G termurah dari Qualcomm, sekaligus chipset pertama mereka yang dirilis di 2021. Cip ini nantinya tentu bakal bersaing dengan kompetitor yang banyak digunakan di smartphone murah, yaitu MediaTek Dimensity.

“Qualcomm Technologies terus mempercepat komersialisasi 5G secara global untuk membuat smartphone 5G lebih mudah diakses, terutama karena orang-orang di seluruh dunia terus terhubung dari jarak jauh,” kata Kedar Kondap, VP of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc. dalam sebuah rilis di situs resminya (4/1).

Lebih lanjut, Kedar menambahkan bila Snapdragon 480 5G bakal hadir untuk melampaui harapan OEM dan para konsumen, dalam hadirkan fitur tingkat tinggi dan menengah. Dengan harga yang terjangkau, yang tentunya bakal berdampak langsung ke harga jual smartphone nantinya.

Baca juga: 5 Fitur Unggulan Qualcomm Snapdragon 888, Punya Skor Antutu 700 Ribu Poin

Keunggulan Qualcomm Snapdragon 480 5G

Snapdragon 480 5G

Apa saja keunggulan chipset Snapdragon 480 5G? Tentunya, sudah terintegrasi dengan modem 5G, dalam hal ini menggunakan cip Snapdragon X51 5G. Modem tersebut sudah mendukung jaringan 5G mmWave dan Sub-6 GHz, dua mode yang paling umum digunakan di beberapa negara secara global.

Qualcomm memasarkan Snapdragon 480 sebagai suksesor dari Snapdragon 460, yang hingga saat ini masih banyak digunakan di smartphone kelas entri Android terbaru. Janjikan performa CPU dan GPU dua kali lebih baik, cip terbaru Qualcomm ini gunakan arsitektur octa-core Kryo 460 dengan clock speed sampai 2 GHz.

Ditambah dengan GPU Adreno 619, plus penggunaan cip Qualcomm Hexagon 686 yang diklaim dapat percepat proses olah AI 70% lebih kencang. Dukungan konektivitasnya masih sama seperti Snapdragon 460, sudah mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1. Namun kini mendukung sensor kamera hingga resolusi 64MP berkat ISP baru Spectra 345.

ISP tersebut dapat mengambil foto dari hingga maksimum tiga sensor kamera sekaligus. Dirancang semakin efisien daya, Snapdragon 480 5G dibuat melalui proses fabrikasi 8nm. Selain itu, dukungan pengisian dayanya juga semakin baik, kini mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4+.

Yang tak kalah menarik, cip ini juga sudah mendukung resolusi layar full HD dengan refresh rate yang sangat tinggi di 120fps. Plus beberapa fitur yang dapat tingkatkan pengalaman gaming seperti Qualcomm Game Color Plus dan Game Smoother.

Bakal Digunakan di Smartphone Rilisan Awal 2021

Lalu kapan cip 5G murah ini bakal digunakan pada smartphone secara massal? Qualcomm menargetkan pada awal 2021 sudah digunakan oleh beberapa merek smartphone global. Dalam rilisnya, beberapa pihak telah berikan opini dan minat untuk gunakan Snapdragon 480 5G. Di antaranya HMD Global, OnePlus, OPPO dan vivo.

Sementara untuk harganya sendiri, Christiano R. Amon selaku President di Qualcomm sempat menyampaikan harapannya bila bakal ada smartphone 5G termurah, dengan harga mulai dari 125 USD atau sekitar Rp1,7 jutaan. Meski infrastruktur 5G di Indonesia belum siap, semoga perangkatnya bakal tersedia lebih dulu ya.

Tunjukkan Komen (9)