Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

5 Fitur Unggulan Qualcomm Snapdragon 888, Punya Skor Antutu 700 Ribu Poin

3 2.916

Saat diperkenalkan beberapa pekan lalu, Qualcomm Snapdragon 888 hadir sebagai salah satu pilihan chipset terbaik saat ini. Qualcomm menyiapkannya untuk beragam produsen smartphone agar diimplementasikan pada seri flagship mereka selanjutnya. Demi membawa performa yang jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Mengingat Snapdragon 888 adalah chipset terbaik, tentu saja banyak peningkatan yang dibawa pada cip terbaru dengan fabrikasi 5nm satu ini. Tak hanya dari segi performa CPU saja, namun relative merata hingga kemampuan kamera sampai teknologi pengisian daya. Dirancang cocok untuk smartphone flagship yang memiliki beragam keunggulan pada aspek fiturnya. Apa saja yang menarik dari chipset baru Qualcomm ini?

Baca juga: Kerjasama Google & Qualcomm Hadirkan 4 Tahun Pembaruan Android OS

Performa Snapdragon 888 Kencang dengan Arsitektur Baru

Snapdragon 888 - CPU

Dimulai dari arsitektur CPU serta GPU yang diusungnya. Kalau umumnya CPU smartphone octa-core memiliki dua cluster yang berbeda, di Snapdragon 888, secara total ada tiga. Yang utama adalah single core Cortex-X1, yang punya performa paling tinggi (Prime CPU) dengan kecepatan maksimum 2,84GHz. Lalu ada triple core Cortex-A78 yang berlaku sebagai “Performance CPU” di 2,4GHz.

Dan sisanya, ada quad-core “Efficiency CPU” dengan Cortex-A55, berkecepatan 1,8GHz. Lewat konfigurasi ini, Snapdragon 888 diklaim punya peningkatan performa 25% jika dibandingkan dengan seri 865, dengan peningkatan efisiensi daya 25%. Sementara untuk GPU-nya sendiri, Adreno 660 diklaim 35% lebih cepat dalam render grafis.

GPU terbaru dari Qualcomm ini didesain untuk hadirkan pengalaman main gim rendah latensi dan framerate tinggi, sampai 144fps. Untuk mencapai target tersebut, ada beberapa fitur pendukung seperti Variable Rate Shading (VRS) yang juga ditemukan di GPU Nvidia serta AMD, serta Game Quick Touch untuk optimalkan respon sentuh saat bermain.

Snapdragon 888 - Benchmark

Lalu bagaimana bila diuji secara benchmark? Seperti pada gambar hasil uji dari Snapdragon di atas, Snapdragon 888 bisa mencapai skor Antutu rata-rata mencapai 735 ribu poin. Skor ini melebihi perangkat terbaik milik Huawei yaitu Mate 40 Pro+ di 698 ribu poin, atau Mi 10 Ultra yang gunakan Snapdragon 865 di 671 ribu poin.

Tiga ISP di Snapdragon 888 Untuk Transisi Lebih Halus

Snapdragon 888 - ISP

Pada bagian kamera, Snapdragon 888 juga membawa peningkatan image signal processor (ISP) yang menarik. Berbeda dari seri sebelumnya yang dilengkapi ISP ganda, chipset ini membawa tiga ISP terpisah yang bisa difungsikan bersamaan. Artinya, smartphone terbaru nanti bisa merekam dari tiga sensor berbeda dalam satu waktu hingga resolusi 4K HDR (atau ambil foto dari tiga sensor bersamaan).

Selain untuk kebutuhan gimmick, adanya tiga ISP juga memungkinkan transisi yang jauh lebih halus dari satu sensor ke sensor lainnya. seperti yang kita tahu, smartphone Android yang ada kebanyakan saat ini memiliki transisi yang cenderung kaku saat berpindah sensor dari wide ke ultra-wide atau lainnya. Berbeda dengan iPhone yang terasa sangat halus, seolah hanya menggunakan digital zoom.

ISP terbaru ini juga bakal mendukung perekaman video 4K 120fps. Teknologi “Staggered HDR” juga diperkenalkan, mampu menangkap tiga foto dengan tiga kecepatan eksposur berbeda secara simultan. Selain bisa menangkap foto dalam format 10-bit HDR, juga mampu ambil 120 foto 12MP dalam satu detik.

Peningkatan Pada Konektivitas, AI & Pengisian Daya

Snapdragon 888 - Quick Charge

Konektivitas tentu merupakan hal yang penting dari sebuah chipset terbaik untuk flagship. Tak lagi opsional, Snapdragon 888 bakal integrasikan modem 5G langsung, tepatnya menggunakan Snapdragon X60 5G. Modem generasi ketiga ini mendukung jaringan 5G sub-6 dan mmWave, dengan kecepatan downlink & uplink mencapai 7,5Gbps & 3Gbps.

Mendung standar Wi-Fi 6 & 6E untuk latensi rendah, smartphone dengan chipset ini bisa digunakan untuk streaming gim dari PC lokal. Ditemani AI Engine generasi keenam, kemampuan AI di Snapdragon 888 meningkat tiga kali lipat untuk performance per Watt, termasuk efisiensi dayanya. Berkat Sensing Hub generasi kedua yang bisa beroperasi di bawah 1 miliampere.

Dan supaya tidak kalah dengan teknologi pengisian daya milik OPPO, Huawei dan Xiaomi, smartphone yang gunakan cip Snapdragon 888 bisa implementasikan standar Qualcomm QuickCharge 5. Artinya juga bakal bisa membawa kecepatan isi daya hingga lebih dari 100 watt, dengan suhu panas yang bisa ditekan agar tetap aman.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Snapdragon 888 bakal digunakan untuk flagship Android terbaru di 2021. Sudah cukup banyak produsen yang mengatakan bakal menjadi salah satu yang pertama gunakan cip ini, beberapa di antaranya termasuk Xiaomi, realme dan Samsung. Kita nantikan kehadirannya bersama-sama ya.

Tunjukkan Komen (3)