alexa

Canalys: Xiaomi Indonesia Jadi Vendor Smartphone Nomor 1 di Q2 2021

Jakarta, Gizmologi – Persaingan antar vendor dalam memperebutkan peringkat lima besar vendor terbaik di pasar terus berubah. Setiap tahun, bahkan setiap kuartal, yang menempati posisi terbaik dapat berubah akibat berbagai faktor. Kini giliran Xiaomi yang menempati posisi puncak, menjadi merek smartphone nomor 1 di Indonesia.

Informasi terkait pencapaian yang mengesankan ini datang dari sebuah laporan yang dirilis oleh lembaga riset Canalys, yang dirilis untuk kuartal kedua tahun 2021, yaitu untuk rentang bulan April hingga Juni. Ini adalah pencapaian pertama dari Xiaomi Indonesia, menjadi hasil dari komitmennya untuk hadirkan perangkat paling inovatif dengan harga sebenarnya.

Baca juga: Xiaomi Geser Apple untuk Pengapalan Smartphone

Seperti yang kita tahu, Xiaomi Indonesia kini semakin banyak hadirkan beragam jenis perangkat, tergabung dalam sebuah ekosistem lengkap nan canggih. Namun yang juga tak kalah menarik adalah jenis smartphone yang dibawa resmi. Tak lagi hanya seri menengah, Xiaomi Mi 11 Ultra pun diboyong dengan harga Rp15,999 juta.

Faktor Penyebab Xiaomi Indonesia Capai Peringkat Pertama

Alvin Tse - Mi 11 Ultra

Lengkapnya portofolio smartphone Xiaomi yang dihadirkan di Indonesia tentu dapat menjangkau pasar yang lebih luas, yang tentu menyebabkan naiknya jumlah penjualan unit smartphone. Ketersediaan perangkat yang kini bisa didapatkan baik secara daring maupun luring, hingga layanan antar ke rumah juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu tersendiri.

Dari laporan terbaru Canalys, Xiaomi Indonesia memiliki jumlah market share 28%, menjadikannya yang paling tinggi di Indonesia berdasarkan jumlah pengapalan smartphone. Tak hanya pengapalan, pertumbuhannya pun juga menjadi yang paling cepat, mencapai 112% year-on-year (YoY) di kuartal kedua 2021 ini.

Sementara untuk pasar smartphone secara global pada tenggat waktu yang sama, Xiaomi berhasil memiliki pangsa pasar sebesar 17% di seluruh dunia, sebuah nilai yang juga tidak kalah fantastis. Untuk merayakan pencapaian ini, Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia merilis surat khusus untuk para Xiaomi Fans, bermaksud untuk merayakannya bersama.

Alvin mengatakan, pencapaian ini mustahil terjadi tanpa dukungan dari tim Xiaomi Indonesia, berbagai pihak lain seperti mitra, rekan media dan tech reviewer dan yang terutama Xiaomi Fans yang loyal sejak awal. “Terima kasih telah percaya dan berdiri bersama kami untuk mewujudkan mimpi yang ambisius,” jelasnya.

Hadirkan Banyak Pilihan Perangkat Serta Metode Pembelian

Terus berambisi untuk hadirkan inovasi kepada setiap warga Indonesia, sudah banyak produk berjenis smartphone hingga IoT yang diluncurkan secara resmi di Tanah Air oleh Xiaomi—tercatat sudah melebihi 40 produk yang bisa dibeli oleh konsumen untuk IoT sendiri.

Dalam waktu yang bersamaan, Xiaomi juga sudah memiliki jaringan ritel dengan ribuan karyawan, tersebar di sejumlah titik di Indonesia. Di antaranya 300 Xiaomi Store termasuk Mi Shop, hadir secara luring untuk mudahkan konsumen menjajal perangkat serta membelinya secara langsung.

Meski situasi pandemi membuat masyarakat enggan atau tidak dapat bebas bepergian ke luar rumah, Xiaomi Indonesia melakukan penyesuaian dengan hadirkan layanan seperti “Mi Store from Home” dan “Mi Shop from Home”, sampai layanan purna jual yang dapat diakses oleh konsumen tanpa perlu tinggalkan rumah.

Tinggalkan komen