Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy A30s, Smartphone Harga Rp3 Jutaan dengan NFC

0 418

Seberapa penting fitur NFC pada sebuah ponsel? Setiap orang tentu memiliki kebutuhan berbeda. Tapi bagi yang tinggal di Jakarta, di mana sering naik angkutan umum maupun pribadi, bisa jadi sangat penting. Kini, fitur NFC tersebut sudah ada pada smartphone dengan harga terjangkau di Samsung Galaxy A30s.

Mengapa NFC penting? Karena kartu elektronik sudah menjadi alat pembayaran sehari-hari. Berdasarkan data pembayaran digital dari Bank Indonesia pada bulan Maret 2019, tren pertumbuhan pembayaran digital di Indonesiatelah bertumbuh pesat sebesar 77,9%4.

Kartu elektronik saat ini paling banyak dimanfaatkan untuk keperluan transportasi. Mulai dari naik bus TransJakarta, KRL CommuterLine, kereta MRT, bayar tol hingga parkir kendaraan. Dengan NFC, kita bisa cek saldo dan top-up langsung dari smartphone. Setidaknya ada tiga kartu uang elektronik yang telah mendukung akses smartphone yaitu E-Money Mandiri, TapCash BNI, dan Brizzi BRI.samsung galaxy a30s nfc

Modul NFC cukup mahal, sehingga biasanya hanya ada di smartphone premium. Namun, Samsung cukup berbaik hati dengan membawa fitur tersebut di smartphone midrange. Sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan aktivitas pembayaran digital.

Menurut Irfan Rinaldi, Product Marketing Samsung Electronic Indonesia (SEIN), pihaknya menghadirkan Samsung Galaxy A30s yang merupakan pembaruan dari seri sebelumnya untuk mendukung aktivitas Live pengguna. Karena dalam keseharian pengguna, kegiatan Live dilakukan setiap saat agar setiap momen tidak terlewatkan.

“Oleh karena itu, kami membenamkan AI gaming booster pada Samsung Galaxy A30s agar setiap saat menjadi pengalaman gaming lebih mulus dan seru, dan dapat mengisi saldo uang eletronik kapan saja di mana saja berkat NFC,” ujar Irfan, saat peluncuran Samsung Galaxy A30s di Paradigma Cafe, Menteng, Jakarta (26/9/2019).

Baca juga: Samsung Galaxy A50s: Pembaruan dengan Fitur NFC, Super Steady dan Game Booster

Fitur Samsung Galaxy A30s

Dua hal yang menjadi fitur andalan di Samsung Galaxy A30s yaitu AI Gaming Booster dan NFC. Bagi yang gemar bermain game online, ponsel ini dianggap sebagai pilihan yang tepat.

Karena telah didukung dengan AI Gaming Booster yang dapat mengenali tipe game yang sedang dimainkan. Kemudian secara otomatis mengoptimalkan performa sehingga memberikan tampilan yang detail, serta meminimalisir terjadinya lag.

Selain itu, fitur NFC untuk pertama kalinya hadir pada varian Galaxy A30s. Modul ini terpasang di body bagian belakang. Saat fitur NFC aktif, kita bisa menempelkan kartu elektronik untuk mengecek saldo maupun melakukan top-up. Namun terlebih dahulu perlu menginstall aplikasi pendukung seperti Tokopedia, cek saldo eMoney, LinkAja, dan sebagainya.

Samsung Galaxy A30s juga turut menghadirkan peningkatan pada kamera dengan dengan triple camera 25+5+8MP yang mampu menangkap hasil visual yang lebih detail. Kemudian kamera depan 16 MP yang memperkaya pengalaman video selfie.

Ponsel ini dibekali dengan kapasitas 4GB RAM dan internal memory 64GB. Samsung Galaxy A30s dibanderol seharga Rp. 3.299.000 dan menawarkan tiga pilihan warna kekinian yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green.

Spesifikasi Samsung Galaxy A30s

Dimensi: 158.5 x 74.7 x 7.8mm
Warna: Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green
Layar: 6.4-inch HD+ (720×1520), Super AMOLED. Infinity-V Display
Kamera belakang: 25MP (F1.7) + 5MP (F2.4) + 8MP (F2.2)
Kamera depan: 16MP (F2.0)
Chipset: Exynos 7904
OS: Android 9.0 (Pie)
Memori: 4GB RAM dengan 64GB Internal Storage, Expandable Micro SD slot up to 512GB.
Baterai: 4000 mAh
Keamanan: On-Screen Fingerprint, Face Recognition