Review OPPO Reno6: Lebih Menawan, Bawa Fitur Video Unggulan

Dalam membuat konten visual baik foto maupun video, kini yang menjadi penentu sebuah kamera smartphone bisa dikatakan bagus atau kurang, tak lagi hanya sekadar kualitas fotonya saja. Namun fitur apa yang hadir melengkapi ketersediaan beragam sensor kamera yang diusungnya. Hadirkan penawaran terbaru, OPPO Reno6 tampil stylish, sekaligus mengusung fitur kamera mengesankan.

DNA Reno Series memang telah terbangun dan sangat melekat pada masing-masing serinya, di mana perangkat Reno dipastikan punya desain yang kekinian, dilengkapi fitur kamera lengkap, dan juga tidak mengesampingkan fitur-fitur lain seperti gaming, misalnya. Konsumen tak harus memilih untuk mengorbankan bagian-bagian tertentu, karena hampir semua bagian memiliki nilai yang baik.

Lantas apakah OPPO Reno6 berhasil membawa diferensiasi yang cukup, untuk menarik minat konsumen pada segmen smartphone kelas menengah? Ya, namun tidak untuk sekelompok golongan tertentu. Berikut ulasan lengkap dari OPPO Reno6.

Desain

Reno Gl0w - OPPO Reno6

Serupa namun tak sama, sebuah kalimat yang pas untuk menggambarkan desain OPPO Reno6 secara keseluruhan. Yang terlihat berbeda dari pandangan mata adalah kombinasi warna, serta desain modul kamera belakangnya. Sisanya kurang lebih sama, memiliki bodi belakang yang melengkung di kedua sisinya.

Dengan ketebalan 7,8mm untuk kedua opsi warnanya, OPPO Reno6 punya bobot 2 gram lebih berat dari generasi sebelumnya, yaitu 173 gram. Hal tersebut berkat teknik pewarnaan OPPO Reno Glow yang lebih disempurnakan—kini mampu pancarkan sekitar 1 juta warna untuk varian Aurora.

Desain OPPO Reno6

Perubahan warnanya kini lebih subtil mengikuti sumber cahaya di sekitar, plus kini lebih halus tanpa efek glitter atau titik putih yang dominan layaknya pada Reno5. Dan untuk pertama kalinya, teknik Reno Glow juga dibawa ke opsi warna gelapnya, yang dinamakan Stellar Black.

Keduanya sama-sama gunakan permukaan yang doff alias matte, sehingga selalu bersih meskipun digunakan tanpa case. Namun untuk kamu yang sering berkeringat, permukaan bodi OPPO Reno6 tergolong licin. Selebihnya sangat menyenangkan untuk digenggam maupun diselipkan ke kantong celana.

Layar

Layar OPPO Reno6

Mengusung bezel tipis di ketiga sisi layar (kecuali bagian bawah yang sedikit lebih tebal), OPPO Reno6 punya dimensi layar yang sangat pas di 6,4 inci. Pas untuk menonton konten Netflix, dan masih nyaman digenggam satu tangan. Panelnya pun berkualitas, gunakan AMOLED dengan in-display fingerprint sensor responsif, refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz.

Ingin menonton video dari platform streaming berkualitas HD? Bisa. Dan untuk Kesehatan mata, sudah tersertifikasi dengan SGS Eye Care Display. Dimensi kamera depan punch-holenya pun sangat kecil, tidak mendistraksi konten. Dan untuk akurasi warna, bisa memilih standar P3 atau sRGB sesuai selera.

Layar ini dirancang flat, dan ketika pihak resmi OPPO ditanya perihal proteksi layar, tak disebutkan nama atau jenisnya, meski mereka bisa memastikan bila ada perlindungan pada layar depan dan bodi belakang. Jadi kalua Gizmo friends ingin proteksi lebih, tetap gunakan saja lapisan screenguard yang tertempel sejak awal.

Kamera

Kamera OPPO Reno6

Tak hanya desain modul kameranya saja yang berbeda, sensor yang digunakan pun berbeda. Pada bodi belakang, terdapat tiga sensor sama besar berurutan dari atas ke bawah; 8MP ultra-wide angle f/2.2, 64MP wide-angle f/1.7 dengan sensor Omnivion dan 6P lens, serta 2MP f/2.4 macro kamera. Satu sensor lagi disematkan di sebelah lampu LED, berjenis mono camera 2MP.

Sejujurnya, saya sempat skeptis ketika mengetahui penggunaan sensor Omnivision. Namun setelah menjajal OPPO Reno6 untuk mengabadikan momen dalam beberapa hari terakhir, saya bisa bilang setidaknya secara, atau bahkan sedikit lebih baik dari seri Reno5. Mampu diandalkan dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Hanya saja, ketika mengambil foto dengan mode malam, durasi yang dibutuhkan cukup lama sampai 5 detik, bagaimana pun kondisi pencahayaannya. Sementara sensor ultra-wide angle-nya mampu berikan reproduksi warna cukup imbang, dengan jumlah noise yang masih sangat acceptable.

Hasil foto lengkap dari kamera OPPO Reno6 bisa dilihat pada album berikut ini.

fWlFmXmWPjQhUfdvj8halNwnFgxaccQ4uU0rbAyslrZYV7oFFXv9bA7OESggio foEGcBFjmQlQRz3MOQm4XvL6Djy4XkU2cFCuXJpomWlpGRfejZuvEGcsf0D bHi6md5N0DMlCu4I=w1024 h576 p k
Menggunakan sensor ultra wide-angle, outdoor cahaya berlimpah.
MO1ESO3fAdfNCmZqEbIR2I8XuL85mGdD5Qe C lqgVW0KZYjveManwkGapMCGd7 9 1b74JgGi0EJ89nid5yGtA8Aa0wmBV6jlYV lhadY6stJ9NBwCx4hDXyRXlogrEsEFgT3xMRw=w1024 h576 p k
Sensor utama, outdoor, uji kemampuan HDR.
kduc58 aVNqetfgnblHCTlQstmzyxy9Q7xTHKRRe1jmB0E3ymzMBcshXZLLXazS1jNahm9H5lWMBGTCoGyCTE9tv9jAbL3Df0SBUdPKRhjYo4S1c Ssg8g6poIQmb4zbDH ENe5b3k=w1024 h576 p k
Indoor, cahaya cukup.
mhZbozl50Hx2r2ff2t9mlSIj7yFhdmHleDFgzJpPvvLan tQjkuk AEspGkVSsOVSrCdJZtLgo9hcOGb4A4jzbY812iQLYaWNDdGwADtex DpvxzCediKsAv0ZDNMs2seK9IfoTornU=w1024 h768 p k
Outdoor, malam hari, sensor utama.
3SST276WPfakp0jlzezEHTShQ4ZecZXKhaB2AwvdYeQj2mdnZuuldW7YAQHIizl2I7F xvElofsJNtexUUyD7qWT7SURoXTa92A4NlhYuONjGPbI7ldaF5jKtHwFqRtNiAhfhYDIESY=w1024 h768 p k
Menggunakan mode malam.
CuShwLGVxbjtXXlfz JY uPpTyoBFU2bdvhM1LhY gn2hdHdfc54n8Iq1TftbWLxMyywJedN4vdDL4WddkTi7F u3T h4ieI2IlAl3dtg2PCv4WgHFbLRMxWVxRNX2xFnkaUDFRrQ9o=w1024 h768 p k
Ultra wide-angle, malam hari.
JeVw43ZbrMZVk68i1brOwUyQMtH1bwziZDo7trPT5OrmRfPk1EImhTcw1VYOsQiLOx25Sr6koWm07OlTTpHWzO1spyTvfyCz0sioMNUvtLv eJrmz p4D T32fpbitxev4AbmHdrWc=w1024 h768 p k
Menggunakan mode Bokeh Flare Portrait.

0CcyLt35z53oRUYcE9uZb6wPv7h7M WP7Ufs8QZmmX0NhSj5dfVkAJ8KeT i442kaFnJ8e7ZLe3jyQyL2Xn8SxguP7 NR73v3TCp 9jkmyAKUYS9ZtB mPFYa0Cjcu3d0iUJ6EFsWY=w1024 h768 p k

0RCBaoYzFr7NnTKik3XEJOswmT5BTDGwWtw8oW2cYNSNOt8l6yUhWMZtCdCN2beN TalnPyRxdhB C4qumBtw8zuVjN4xbuwVd7RSCbgj21nIw8SOaeIkqIrOYRbG4He8X 5eeZcmCY=w1024 h768 p k
Juga bisa dari kamera depan, dengan efek beauty aktif secara default.

Mode potret sayangnya masih terbatas pada rasio 4:3 saja, begitu pula dengan perekaman videonya yang tak bisa berpindah dari sensor utama ke ultra-wide. Terkait video, OPPO Reno6 bisa merekam sampai resolusi 4K 30fps. Ada tiga fitur menarik yang baru dibawa ke seri terbarunya ini.

AI Highlight Video diklaim punya efek yang lebih baik untuk berikan kemampuan HDR saat merekam momen dalam situasi pencahayaan ekstrim, plus algoritma Ultra Night Mode saat kamera mendeteksi sumber cahaya kurang. Plus, Potrait Beautification Video yang bisa tingkatkan penampilan subjek dalam video secara real-time.

Bokeh Flare Portrait OPPO Reno6

Yang paling signifikan dan menarik adalah Bokeh Flare Portrait, sebuah filter potret yang tersedia baik dalam mode foto maupun video. Kalau sebelumnya OPPO Reno5 hanya punya Night Flare Portrait, efek terbaru ini bisa digunakan pula dalam kondisi siang hari. Cocok untuk pemandangan dengan banyak lampu latar di belakang subjek.

Ketika merekam video dengan efek filter satu ini, pengguna bakal bisa melihat hasil efeknya secara langsung dan real-time. Separasi antar subjek pun sangat baik, bahkan kamera masih bisa kenali bagian belakang tubuh. Hasilkan video yang jauh lebih menarik, selayaknya ditangkap dari kamera professional dengan sensor dan diafragma besar.

Yang perlu menjadi catatan, resolusi video bakal turun ke 720p 30fps saat Bokeh Flare Portrait diaktifkan. Sementara kamera depan 44MP yang dibawa punya kualitas sama baiknya dengan seri sebelumnya. Sudut pandang sangat lebar, dan cukup terang untuk melakukan perekaman video meski kondisi malam hari.

Fitur

O Relax OPPO Reno6

Sama seperti lini flagship OPPO Find X3 Pro 5G, OPPO Reno6 tentu hadir membawa ColorOS 11.1 versi terbaru berbasis Android 11. Ada beberapa fitur menarik yang dibawanya—salah satu yang paling sering saya akses belakangan adalah aplikasi O Relax (sebelumnya dikenal dengan OPPO Relax).

Sebenarnya, aplikasi ini hadir cukup simpel. Berperan untuk berikan musik latar atau white noise. Mulai dari suara ombak pantai, suara hutan, hingga musik khusus yang dirancang oleh OPPO Bersama Bang & Olufsen. Cocok untuk menemani kerja karena bisa membuat kamu lebih rileks dan fokus, serasa berada di luar ruangan.

Meski kamera depannya hanya satu, OPPO Reno6 bisa berikan dukungan Air Gesture, di mana kamu bisa angkat telepon hanya dengan gestur tangan, cocok saat tangan sedang kotor misalnya. Plus Anti-peeping yang otomatis sembunyikan notifikasi ketika kamera mendeteksi ada orang lain sedang mengintip.

NFC tentunya hadir untuk kemudahan top-up kartu e-money. Di sektor audio, kualitas speaker yang sayangnya masih mono masih bisa dimaklumi, karena OPPO tetap membawa jack audio 3,5mm ketika beberapa kompetitor memerlukan adapter khusus dari USB-C.

Performa

Skor Antutu OPPO Reno6

Sejak Reno4 hingga kini Reno6, OPPO masih tetap memercayakan chipset Qualcomm Snapdragon 720G untuk mentenagai seluruh fitur kamera baru yang kini juga banyak memroses konten video. Ketika ditanya alasannya, OPPO mengatakan jika mereka lebih memilih untuk optimalkan chipset.

Cip dari Snapdragon dinilai punya kemampuan olah AI yang baik, sehingga fitur seperti Bokeh Flare Portrait Video dapat diimplementasikan. Untuk penggunaan sehari-hari pun, tidak ada masalah sih. Terasa responsif baik buka tutup aplikasi hingga multitasking. Hanya saja, ya, belum mendukung 5G tentunya.

RAM Expansion OPPO Reno6

Apakah terasa lebih ngebut dari sebelumnya? Bisa dibilang iya. Karena walaupun chipset-nya sama, OPPO Reno6 dilengkapi teknologi baru Bernama RAM Expansion. Memanfaatkan bagian dari penyimpanan 128GB UFS 2.1 yang tidak terpakai, pengguna bisa alokasikan 2 – 5GB menjadi virtual RAM. Sehingga totalnya bisa hingga 13GB.

Dipakai main gim pun masih bisa dan lancar, asal tidak berharap gunakan opsi visual tertinggi saat jalankan gim multiplayer daring yang berat. Akses ke dalam gim bisa lebih singkat berkat fitur Quick Startup. Bisa identifikasi gim favorit, otomatis membuat gim tetap berjalan pada latar belakang. Sehingga ketika dibuka, bisa lebih cepat memulai gim.

Baterai

50W Flash Charge

Masih sama seperti generasi sebelumnya, OPPO Reno6 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4,310 mAh, ukuran yang bisa dimaklumi mengingat dimensi smartphone yang tipis. Dengan spesifikasi layar yang sama serta prosesor efisien, masa pakainya pun juga masih 11 – 12. Dalam artian, masih sangat aman untuk sehari pemakaian.

Setidaknya masih bisa digunakan dari pagi sampai malam, dengan screen-on time 4 – 5 jam, sudah dengan mengaktifkan always-on display dan sensor lain seperti Bluetooth dan NFC. Kalau mau dibuat lebih hemat, bisa banget. Karena ColorOS 11 berikan banyak opsi ekstra, mulai mode hemat daya standar dan ekstrim, sampai opsi lain seperti Super Nighttime Standby supaya perangkat tetap menyala sampai pagi keesokan harinya.

Yang menarik, OPPO bisa berikan kecepatan isi daya lebih kencang meski secara spesifikasi hardware masih sama. Lewat 50W Flash Charge, mengisi hingga penuh membutuhkan waktu 45 menit, alias 3 menit lebih singkat dari Reno5. Kompabilitas dengan fast charging lainnya juga hadir, mendukung sampai 15W lewat QuickCharge 2.0 & Power Delivery.

Kesimpulan

Kelengkapan OPPO Reno6

Membawa desain yang lebih stylish dari sebelumnya, performa gaming yang masih terjaga, kecepatan isi daya lebih singkat, serta fitur kamera yang semakin lengkap. Sangat menyenangkan rasanya untuk menggunakan perangkat yang tipis dan ringan, namun memiliki fitur komplet nan berkualitas, hampir tidak ada yang kurang.

Paling-paling hanya beberapa hal kecil saja seperti absennya speaker stereo, serta chipset-nya yang sudah tergolong berumur. Serta absennya dukungan 5G untuk pada konsumen yang benar-benar inginkan perangkat future-proof. Bila dirasa tidak perlu, OPPO Reno6 bisa jadi pilihan smartphone kamera yang paling seru untuk digunakan.


Cek harga smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE  LAZADA


Spesifikasi OPPO Reno6

OPPO Reno6
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Smartphone
Model / Series Oppo Reno6
Released 15 Juli, 2021
Status Coming Soon
Price Rp5.199.000

Platform

Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8nm)
CPU Octa-core (2x2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 465 Silver)
GPU Adreno 618
RAM (Memory) 8 GB (+5 GB RAM Expansion)
Storage 128 GB
External Storage Up to 256GB (dedicated slot)
Operating System Android 11
User Interface ColorOS 11.1

Design

Dimensions 159.1 x 73.3 x 7.8mm
Weight 173 gram
Design Features OPPO Reno Glow
Warna: Aurora, Stellar Black
Battery 4.310 mAh
50W Flash Charge
Backward compatible (SuperVOOC, QC 2.0, PD 15W)

Display

Screen Type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.4", full HD+ 2400x1080 pixels (409 ppi)
Touch Screen Capacitive Touchscreen
Features Single punch hole camera
90Hz refresh rate
180Hz touch sampling rate
SGS Eye Care

Network

Network Frequency GSM / HSPA / LTE
SIM Dual-SIM
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 64MP f/1.7 PDAF Omnivision (main) + 8MP f/2.2 (ultra-wide) + 2MP f/2.4 (macro) + 2MP f/2.4 (mono)
Front 44MP f/2.4
Flash Yes
Video Front Camera: 1080P/[email protected]; Rear Camera: 4K/30fps; [email protected]/30fps; [email protected]/30fps
Camera Features AI Highlight Video
Live HDR Video
Ultra Night Video
Ultra Steady Video 3.0
Ultra Dark Mode
Ultra 108MP Clear Image
AI Color Portrait Mode
Bokeh Flare Portrait
Portrait Beautification Video
Monochrome Video
Slow Motion : [email protected], [email protected], [email protected], and [email protected]

Connectivity

Wi-fi WLAN 2.4G / WLAN 5.1G / WLAN 5.8G, WLAN Display
Bluetooth 5.0, A2DP LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features - Three fringer translate with Google
- Gaming shortcut mode
- Bullet screen message
FM Radio Yes
Web Browser HTML 5
Messaging SMS, MMS, Online
Sensors Fingerprint (Hidden Fingerprint Unlock 3.0), accelerometer, gyro, proximity, compass

Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia

85%
Awesome

Review OPPO Reno6

Fitur Bokeh Flare Portrait yang bisa diaktifkan dalam mode perekaman video hadir sebagai diferensiasi yang sangat menarik pada OPPO Reno6.

  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performance
  • Battery
  • Features
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.