Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy Z Flip 5G Rilis Lebih Dulu, Harga Rp21 Jutaan

0 5.845

Awal tahun 2020 ini, Samsung Electronics sempat membuat ramai dunia teknologi smartphone dengan merilis Galaxy Z Flip, sebuah smartphone lipat dengan layer lipat di dalamnya. Smartphone tersebut hadir untuk bersaing dengan Motorola RAZR, yang gaungnya kurang didengar karena spesifikasi yang memang kurang memadai, meski sama-sama dibanderol mahal.

Awalnya, dikabarkan jika Samsung bakal rilis versi penyempurnaannya pada pergelaran acara Samsung Unpacked, 5 Agustus mendatang. Namun kemarin malam (22/7), Samsung Galaxy Z Flip 5G diresmikan lebih dulu. Menjadi penerus, tak banyak perubahan yang dihadirkan. Malah dari sisi luar, smartphone lipat Samsung ini terlihat sama persis, kecuali dua opsi warna baru yaitu Mystic Gray dan Mystic Bronze.

Baca juga: Jelang Peluncuran, Spesifikasi & Foto Samsung Galaxy Note 20 Ultra Beredar

Keunggulan Samsung Galaxy Z Flip 5G

Peletakan kamera utama, layar luar dan lainnya masih sama. Karena hadir lebih powerful, Samsung Galaxy Z Flip 5G punya dimensi 0,1mm lebih tebal dari versi 4G, dengan bobot yang sama yaitu 183 gram. Samsung sendiri tidak menjelaskan penambahan ketebalan tersebut apakah hanya karena perbedaan chipset, atau hinge-nya dirancang lebih kuat.

Sementara layar yang digunakan masih sama persis. Di luar, terdapat layar imut 1,1 inci 300×112 piksel Super AMOLED untuk tampilkan notifikasi sekaligus viewfinder untuk swafoto dengan kamera utama. Sementara di dalam, ada layar besar 6,7 inci 1080p Dynamic AMOLED yang belum mendukung refresh rate tinggi.

Di bagian dalam, terdapat kamera 10MP f/2.4 dengan autofocus. Sementara di depan disiapkan dua kamera yang masih sama dengan versi sebelumnya—12MP f/1.8 dengan Dual Pixel AF dan OIS, serta 12MP f/2.2 ultra wide-angle. Dua baterai dengan kapasitas total 3.300 mAh mendukung fast charging 15W baik lewat kabel maupun nirkabel.

Samsung Galaxy Z Flip 5G menjalankan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus, dengan CPU tertinggi yang di-overclock dari 2.84GHz menjadi 3.1GHz. Ukuran RAM dan memori internalnya masih sama di 8GB & 256GB. Smartphone ini jalankan One UI 2.1 berbasis Android 10, dengan Flex mode yang sudah disempurnakan.

Dengan layar yang bisa ‘terbagi’ menjadi dua, mengakses aplikasi YouTube di Galaxy Z Flip 5G dapat lebih mudah dengan tampilan video di bagian atas, dan deskripsi serta komen di bagian bawah. Tampilan kamera juga serupa, cukup sentuh dua kali dalam Flex mode untuk memindah viewfinder dari layar setengah atas ke setengah bawah.

Harga Samsung Galaxy Z Flip 5G

Samsung Galaxy Z Flip 5G

Mulai tersedia di Amerika Serikat 7 Agustus mendatang, Samsung Galaxy Z Flip 5G bakal dibanderol seharga USD1,449 atau sekitar Rp21 jutaan. Sementara di Indonesia sendiri, Galaxy Z Flip versi 4G dijual resmi seharga Rp20,999 juta.

Jika memang Samsung akan perkenalkan lima perangkat baru pada pergelaran Samsung Unpacked dua minggu mendatang, bisa jadi kelimanya adalah Galaxy Note20, Galaxy Note20 Ultra, Galaxy Buds Live, Galaxy Watch 3 dan Galaxy Fold generasi kedua. Kita nantikan bersama-sama ya, Gizmo friends.


Beli Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com Lazada.co.id Shopee.co.id Blibli JD.ID Tokopedia.com