Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jelang Peluncuran, Spesifikasi & Foto Samsung Galaxy Note 20 Ultra Beredar

0 5.603

Memang sering terjadi. Ketika sebuah smartphone bakal dirilis, terutama flagship, dari merk ternama pula. Informasi mengenai produk tersebut pasti akan bocor lebih dulu beberapa hari bahkan minggu sebelum tanggal resmi perilisannya dijadwalkan. Bulan depan jadwalnya Samsung, yang bakal rilis flagship seri Note mereka yaitu Samsung Galaxy Note 20 serta beberapa perangkat lain di 5 Agustus 2020 nanti.

Foto ‘resmi’nya sudah disebarkan langsung dari Samsung walau tidak sengaja. Lalu muncul video yang menunjukkan Galaxy Note 20 Ultra beserta perbandingannya dengan seri lama. Lalu apalagi informasi yang bocor kali ini? Tidak hanya foto resmi dari berbagai sisi, namun spesifikasi kunci dari Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Bocoran terbaru kali ini dating dari Roland Quandt, seorang blogger yang mengunggah informasinya lewat situs berbahasa Jerman, WinFuture. Selain lebih dari 20 foto, Roland bahkan menjabarkan spesifikasi yang cukup detil termasuk keunggulan yang bakal digadang Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Tak hanya fokus pada produktivitas, sektor gaming juga akan diunggulkan.

Baca juga: Inilah Tampilan Samsung Galaxy Buds Live, Bakal Punya Fitur ANC

Peningkatan yang Dibawa Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Kamera Galaxy Note 20 Ultra

Mengantongi nama Ultra, tentu dimensi Samsung Galaxy Note 20 Ultra bakal dibuat cukup besar. Layarnya akan memiliki dimensi 6,9 inci dengan resolusi tinggi WQHD+, rasio 19.3:9 dan gunakan panel AMOLED. Perlu diingat, keempat sisi bezelnya sangat ramping dengan sudut curved, sehingga mungkin smartphone ini tak sebesar perangkat 7 inci lainnya.

Sama seperti Galaxy S20 series, Samsung Galaxy Note 20 bakal mengusung teknologi refresh rate tinggi mencapai 120Hz. Kamera depan berbentuk punch-holenya diletakkan di tengah, beresolusi 10MP dan sudah mendukung dual-pixel autofocus. Menariknya, smartphone terbaru Samsung ini bakal gunakan perlindungan Gorilla Glass 7 untuk pertama kalinya di dunia.

Hanya ada tiga sensor kamera utama di bagian belakangnya, dengan sensor utama 108MP f/1.8, sensor 12MP f/2.2 ultra wide-angle serta 12MP f/3.0 telefoto berbentuk periskop. Sensor tersebut akan menawarkan 5x pembesaran optikal dan 50x Space Zoom, alias setengah dari kemampuan kamera periskop pada Galaxy S20 Ultra. Selain ketiga sensor kamera, terlihat ada modul laser autofocus untuk mengatasi isu yang ada di seri sebelumnya.

Untuk urusan dapur pacu, Samsung Galaxy Note 20 bakal menggunakan chipset Exynos 990, dipasangkan dengan RAM 12GB. Bakal ada pilihan penyimpanan sebesar 256GB & 512GB UFS 3.1, dan Samsung akan tetap berikan slot kartu microSD untuk ekspansi penyimpanan lebih lega.

Bekerja Sama dengan Microsoft, Bisa Jalankan Gim Xbox

Warna Galaxy Note 20 Ultra

Smartphone ini bakal jalankan Android 10 dengan One UI 2 generasi terbaru. Bekerja sama dengan Microsoft, Samsung Galaxy Note 20 Ultra bakal dioptimalkan untuk cloud gaming melalui Project xCloud. Pengguna akan mendapatkan akses ke 90 judul gim melalui Xbox Game Pass.

Kapasitas baterai 4.500 mAh dapat diisi cepat melalui charger bawaannya, 50% dalam waktu 30 menit. Selain speaker stereo yang disempurnakan oleh AKG, latensi stylus S-Pen pada perangkat ini dibuat jauh lebih rendah, hanya 9ms saja.

Seolah semuanya telah diketahui, giliran harganya saja yang masih rahasia. Roland sendiri memprediksi harganya bakal melampaui 1000 Euro. Sangat wajar jika dilihat dari seluruh fitur dan peningkatan yang dibawa oleh Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini. Tinggal nunggu harga dan ketersediaannya di Indonesia ya, Gizmo friends.