Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Panasonic Toughbook A3, Tablet Tangguh dengan Dua Baterai

0 2.774

Meski pasar tablet Android tidak seramai penjualan iPad, berbagai merek produsen elektronik masih terus rilis seri baru menggunakan sistem operasi milik Google tersebut. Perangkat tablet hadir untuk memenuhi beragam kebutuhan penggunanya, baik hanya untuk konsumsi multimedia maupun media pembelajaran atau edukasi. Bahkan hingga penggunaan lebih spesifik, seperti pekerjaan di luar ruangan.

Salah satu produsen tablet Android, Panasonic baru saja merilis tablet yang dirancang kuat, dinamakan Panasonic Toughbook A3. Desain luarannya bisa dibilang jauh dari kata stylish, mengingat luarannya memiliki desain bezel tebal. Meski begitu, perangkat ini memiliki fitur spesial pada baterainya, serta satu bagian yang dapat dikustomisasi sesuai pesanan klien.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S6 Lite Resmi Dijual, Tablet dengan S Pen Mulai Rp6 Jutaan

Spesifikasi Panasonic Toughbook A3

Panasonic Toughbook A3

Di sisi depannya, Panasonic Toughbook A3 memiliki layar 10 inci dengan resolusi full HD+. Disesuaikan dengan penggunaan di luar ruangan, layarnya dapat menyala terang sampai 800 nits. Pada bagian bezel depan, total terdapat delapan tombol dimana kelimanya dapat disesuaikan untuk akses pintasan tertentu. Tiga tombol lainnya merupakan tombol volume serta power, terletak di bawah.

Chipset yang digunakan sedikit lawas, yaitu Snapdragon 660 octa-core rilisan 2017. Kapasitas RAM-nya 4GB, dengan memori internal 64GB yang masih bisa ditambah melalui kartu microSD. Sayangnya, Panasonic Toughbook A3 masih menjalankan Android 9 Pie, belum gunakan Android 10.

Selain konektivitas, tablet ini dapat dikustomisasi sesuai selera. Di sisi-sisinya terdapat slot kartu dual SIM, port USB-C sampai USB-A. Panasonic juga sediakan stylus yang bisa disimpan secara ringkas di dalam perangkat. Di belakangnya, terdapat dua slot baterai yang bisa dilepas pasang.

Masing-masing berkapasitas 3.200 mAh, diklaim sanggup digunakan sampai 8 jam penggunaan. Tersedia opsi baterai yang lebih besar di 5.500 mAh, menambah waktu penggunaan sampai 15 jam. Untuk memungkinkan penggunaan dua baterai, Panasonic harus gunakan adapter khusus, bukan micro-USB atau USB-C seperti smartphone pada umumnya.

Pansonic Toughbook A3 sudah mengantongi sertifikasi IP65 untuk ketahanan dari air dan debu, plus MIL-STD 810H yang membuatnya tahan benturan. Panasonic mengklaim tablet ini tahan banting dari ketinggian 1,8 meter sekalipun. Stylus yang ada di balik perangkat ini juga diklaim dapat digunakan meski di bawah guyuran air hujan sekalipun.

Harga Panasonic Toughbook A3

Panasonic Toughbook A3

Dilengkapi dengan Panasonic Compass Suite untuk kebutuhan enterprise, kamu dapat menemukan sebuah sensor barcode, card reader sampai port USB-A tambahan di Panasonic Toughbook A3. Kamera depan dan belakangnya masing-masing beresolusi 5MP & 8MP, sudah sangat cukup untuk keperluan video conferencing.

Perangkat ini tentunya dirilis bukan untuk masyarakat umum. Panasonic Toughbook A3 dipasarkan untuk kebutuhan tertentu perusahaan, pekerja lapangan, petugas darurat dan semacamnya. Panasonic mulai menjualnya di Inggris pada bulan Agustus mendatang. Harga yang dibanderol yaitu sekitar Rp38 juta. Ya, biaya yang sangat mahal untuk sebuah tablet tangguh serbabisa.