Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Media Sosial Kamu Rawan Terkena Pishing? Ini Tipsnya!

Media sosial merupakan salah satu bagian terpenting untuk kita. Mengapa? Karena hampir seluruh aktivitas sehari-hari kita menggunakan media sosial, contohnya berkomunikasi dengan teman atau keluarga, berbisnis online, ingin mengetahui profil seseorang, dan lainnya. Tetapi media sosial juga menjadi titik lemah bagi kita, oleh karena itu pengguna harus bisa melindungi diri mereka sendiri.

Tak jarang pengguna sosial yang terkena pishing atau pencurian akun, apa itu pishing? Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email.

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa dilakukan para pengguna media sosial untuk melindungi privasi mereka dari tindakan Pishing.

Lindungi Password Kamu

Jangan gunakan password media sosial kamu untuk akun personal lainnya seperti email atau akun media sosial lainnya. Selain itu, jangan pernah membagikan informasi kepada siapapun, dan buatlah password dengan kata-kata yang sulit ditebak.

Selalu Mengecek Website

Related Posts
1 daripada 16

Pelaku kejahatan di internet mungkin membuat website palsu yang mirip dengan media sosial asli dan meminta kamu untuk login menggunakan email dan password. Pastikan kamu selalu mengecek URL situs tersebut sebelum memasukan informasi login kamu.

Log out dari media sosial jika kamu menggunakan perangkat dari tempat umum

Jika kamu lupa me-log out akun, kamu dapat melakukannya dari jarak jauh dengan membuka pengaturan keamanan dan klik pilihan ‘di mana kamu masuk’. setelah itu, kamu dapat memilih ‘keluar’ pada kativitas login yang mencurigakan dari perangkat yang tidak kamu kenal.

Jangan terima permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenal

Pelaku kejahatan biasanya membuat akun palsu untuk bisa berteman dengan sasaran mereka di media sosial. Ketika kamu menerima permintaan pertemanan mereka, maka mereka berkesempatan untuk memposting spam ke linimasa kamu, menandai kamu dalam sebuah postingan, atau mengirimkan pesan yang berbahaya.

Jangan pernah klik URL yang mencurigakan

Walaupun URL tersebut kamu dapatkan dari teman yang kamu kenal, jangan terlalu mudah percaya lalu meng-kliknya. Kamu harus bertanya dulu apa yang ada di URL tersebut.