alexa

Sony ECM-W2BT & ECM-LV1, Mikrofon Terbaru Cocok untuk Vlogger

Sebagai produsen elektronik yang hadirkan beragam jenis produk, Sony tak hanya rilis lini kamera lengkap mulai untuk pemula hingga profesional. Namun dibuat lengkap beserta dengan ekosistem pendukung, seperti lensa dan aksesori lainnya. Kali ini, mereka rilis dua mikrofon baru, Sony ECM-W2BT dan ECM-LV1 yang utamakan kepraktisan.

Kedua mikrofon tersebut hadir untuk menunjang keperluan konsumen mereka yang membutuhkan alat perekam suara kompak nan praktis. Karena selain tampilan visual, tangkapan suara dalam sebuah video juga harus jelas, bukan? Yang paling praktis di antara keduanya adalah Sony ECM-W2BT wireless microphone, karena sudah gunakan teknologi nirkabel alias tanpa kabel.

Kedua perangkat ini dapat berfungsi secara masing-masing, namun juga bisa digabungkan untuk keperluan perekaman suara berkualitas tinggi. Sebuah hal yang cukup penting terutama di era masa kini, di mana semakin banyak kreator konten video seperti vlogger, pengulas produk, makanan hingga jenis konten lainnya. Maka Sony ECM-W2BT & ECM-LV1 hadir pada waktu yang tepat.

Baca juga: Sony FX3, Kamera Cinema Line Paling Murah Harga Rp50 Jutaan

Sony ECM-W2BT Punya Tiga Mode Rekam Fleksibel

Sony ECM-W2BT

Karena sudah berbentuk nirkabel, Sony ECM-W2BT hadir dalam wujud dua modul terpisah. Selain bagian transmitter, juga ada digital audio interface yang kompatibel dengan Multi Interface Shoe kamera Sony kebanyakan. Artinya, pengguna tak perlu menyambungkan modul ke kamera dengan kabel tambahan.

Cukup dipasangkan ke hotshoe yang tersedia di bagian atas kamera, maka Sony ECM-W2BT bisa langsung tersambung, bahkan dengan kamera vlogger Sony ZV-1. Menggunakan mikrofon berjenis kapsul omni-directional, mikrofon nirkabel Sony satu ini bisa rekam suara jelas dari arah manapun.

Memanfaatkan codec latensi rendah dari Qualcomm aptX, kualitas rekamannya bakal dijamin tinggi dengan jeda singkat. Jarak maksimumnya adalah 200 meter antar modul bila tidak ada halangan, meski Sony mengklaim perangkat bakal tetap optimal saat digunakan di area ramai sekalipun.

Ada tiga mode yang bisa pengguna pilih; MIC untuk rekam suara dari transmitter, RCVR untuk rekam dari modul receiver (alias suara pemegang kamera), atau MIX yang kombinasikan penangkapan suara kedua modul. Selain dapat kendalikan tingkat volume, modulnya sendiri bisa bertahan hingga 9 jam penggunaan.

Sony ECM-LV1 Hadir dengan Desain Kompak

Sony ECM-LV1

Meski punya fitur unggulan yang tak banyak dimiliki mikrofon lain, Sony ECM-LV1 tetap hadir dalam desain yang kompak, sehingga tak terlalu mengganggu ketika terlihat di dalam frame. Fitur unggulannya adalah bisa merekam suara dalam kualitas stereo. Dan bisa dipasangkan ke Sony ECM-W2BT, lewat jack audio 3,5mm.

Sama seperti varian nirkabel, Sony sediakan sebuah windscreen untuk mereduksi noise saat perekaman luar ruangan (menghilangkan suara angin, misalnya). Dan bagian klipnya juga dirancang dapat berputar 360 derajat. Sehingga bisa dipasangkan ke bagian horizontal atau vertikal seperti kemeja hingga dasi.

Karena perangkatnya yang simpel, Sony hanya tegaskan bila perangkat ini bakal dapat rekam suara berkualitas tinggi. Sementara sumber dayanya bakal diambil dari perangkat yang dipasangkan, lewat jack audio 3,5mm.

Harga Duo Mikrofon Terbaru Sony

Sony ECM-LV1 W2BT

Kedua perangkat mikrofon kompak nan berkualitas ini dipastikan bakal hadir resmi di Indonesia. Meski saat ini, pihak Sony Indonesia belum bisa memberikan informasi terkait tanggal, hingga harga untuk Sony ECM-W2BT dan Sony ECM-LV1.

Sementara secara global sendiri, Sony jadwalkan dua aksesori kamera ini sudah tersedia di bulan April mendatang. Untuk Sony ECM-W2BT bakal dijual seharga USD229,99 atau sekitar Rp3,5 jutaan. Sementara untuk varian kabel, tentu jauh lebih murah, yaitu di USD29,99 saja (Rp400 ribuan).

Tinggalkan komen