Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sinyal ROG Phone 3 Hilang, Ini Klarifikasi ASUS Indonesia

1 1.972

Peraturan terbaru yang dirancang oleh pemerintah untuk cegah penjualan smartphone black market memang punya tujuan yang baik, supaya masyarakat lebih memilih untuk membeli smartphone atau pun perangkat 4G bergaransi resmi. Dengan begitu, penjualan produk dalam negeri bisa meningkat, yang kemudian akan berdampak positif pada ekonomi Indonesia.

Namun yang sangat disayangkan, meski sudah mundur berulang-ulang kali sejak pertama dijadwalkan, peraturan perihal blokir IMEI ini masih saja banyak kurangnya. Belakangan ini, tak sedikit keluhan dari pembeli smartphone baru, tak bisa digunakan karena sinyalnya tidak ada. Termasuk sinyal ROG Phone 3 bergaransi resmi, yang baru saja kami ulas pekan lalu.

Sebagai informasi, Kementerian Perindustrian menggunakan mesin Centralized Equipment Identity Register (CEIR) untuk menyimpan nomor IMEI seluruh smartphone di Tanah Air. Dikutip dari DetikINET, CEIR punya kapasitas yang dapat menampung hingga 1,2 miliar database IMEI. Meski terdengar ‘luas’, yang perlu diingat, jumlah smartphone yang aktif di Indonesia juga tak kalah banyak.

Mesin CEIR Penuh, ROG Phone 3 Terkena Dampak Sinyal Hilang

Sinyal ROG Phone 3

Yang ditakutkan pun cepat terjadi. Sejak 30 September kemarin, kapasitas CEIR saat ini sudah hampir penuh, di mana 1,1 miliar serial IMEI sudah diunggah ke mesin tersebut. Untuk menghindari gangguan, Kemenperin memutuskan untuk tak lagi menambahkan IMEI ke mesin ini. Alhasil, tak hanya smartphone BM saja, namun smartphone resmi juga terkena dampaknya.

ASUS ROG Phone 3 adalah flagship gaming terbaru ASUS yang hadir resmi 24 September lalu. Tanggal peluncuran tersebut adalah satu hari setelah kabar kapasitas mesin CEIR milik Kemenperin sudah 95% penuh. Lucky Sebastian, mengatakan lewat akun Twitter pribadinya jika device yang hadir setelah tanggal tersebut tidak bisa didaftarkan IMEI-nya.

Kebetulan, sinyal unit ROG Phone 3 yang kami gunakan untuk review aman-aman saja. Kemungkinan, perangkat untuk review hadir lebih awal, sehingga sudah didaftarkan dan jaringannya sudah aman. Namun situasinya berbeda dengan teman saya yang baru saja membelinya secara resmi. Ketika pertama kali dibuka dan dimasukkan kartu SIM, sinyal pada ROG Phone 3-nya tidak muncul.

Baik di SIM 1 maupun 2, kedua kartu tak bisa digunakan untuk menelepon. Pengecualian untuk SIM 1 yang masih bisa digunakan untuk internet jika menggunakan operator Telkomsel—situasi yang sama seperti percobaan yang sudah kami lakukan sebelumnya ketika memasukkan kartu SIM ke smartphone yang belum diregistrasi.

Baca juga: Inilah Tanda Smartphone BM Non-Resmi yang Terkena Blokir IMEI

Kemudian, per 29 September 2020, baru kedua nomor IMEI ROG Phone 3 yang digunakan terdaftar di situs Kemenperin. Namun sampai saat ini, situasi sinyalnya masih sama persis, dengan SIM 2 tak bisa digunakan sama sekali dengan operator apa pun. Situasi ini cukup ramai diperbincangkan di grup Facebook pengguna ROG Phone 3 di Indonesia, bahkan beberapa penggunanya sudah menjual smartphone mereka akibat tak bisa menggunakan dua kartu SIM di perangkat mereka.

Klarifikasi dari Pihak ASUS Indonesia

ASUS Indonesia tentunya tak berdiam diri dalam menanggapi keluhan dari konsumennya, meskipun kesalahan bukan dari pihak mereka. Melalui selembaran resmi yang kami kutip dari Herry SW, ASUS mengatakan bila mereka tengah mengupayakan perbaikan secepatnya, untuk atasi gangguan yang disebabkan oleh kendala pada sistem database CEIR.

“Sebagai bentuk tanggung jawab kami kepada pengguna dan mitra distribusi, ASUS Indonesia akan memberikan perpanjangan garansi khusus selama 6 bulan (total garansi unit menjadi 18 bulan) untuk pengguna yang terdampak. Harapannya, pemerintah dapat menyelesaikan masalah terkait registrasi IMEI di jaringan operator seluler dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan.”

Cek masa garansi ROG Phone 3
Pengguna ROG Phone 3 bergaransi resmi dapat menginputkan nomor seri di situs resmi untuk cek apabila mendapatkan perpanjangan garansi.

Perpanjangan ini hanya untuk perangkat ROG Phone 3 yang sinyal pada SIM 2-nya bermasalah, dan bergaransi resmi. Pengguna dapat mengecek apakah unit mereka mendapatkan extended warranty melalui situs berikut ini. Bila unit yang didapat merupakan batch awal dan tidak terdampak gangguan, maka akan ditampilkan tanggal masa garansi smartphone berakhir.