alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Indonesia Adakan Uji Benefit Konektivitas 5G VS 4G, Berikut Hasilnya!

Ketersediaan smartphone 5G terjangkau nampaknya semakin ramai di pertengahan tahun 2021 ini. Diawali oleh OPPO Indonesia, produsen smartphone lainnya juga mulai hadirkan penawaran serupa, agar konsumen tak perlu membeli seri flagship saja untuk menikmati jaringan masa depan tersebut. Dapat memudahkan kegiatan yang dilalui sehari-hari dengan lebih instan.

Yang utama dari jaringan 5G bukanlah sekadar kecepatan unduhan yang lebih cepat, namun bagaimana jaringan terbaru tersebut bisa membantu kita dalam beragam skenario sehari-hari. Untuk itu, OPPO Indonesia terus lanjut untuk berikan edukasi kepada masyarakat, melalui OPPO 5G Academy. Memasuki rangkaian keempat, OPPO ingin lebih fokus untuk menunjukkan benefit dari 5G sendiri.

Sejak awal tahun, OPPO memang sudah melakukan edukasi terkait 5G secara mendasar, menjelaskan beberapa seri perangkat unggulan mereka seperti OPPO Reno5 5G dan OPPO A74 5G. Kali ini, kami berkesempatan langsung untuk melihat dan merasakan bagaimana adanya konektivitas kencang dan stabil bisa bermanfaat untuk bermacam-macam skenario.

Baca juga: Ini Smartphone OPPO yang Kompatibel Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia

Pengujian Jaringan 5G dengan Beragam Skenario

OPPO 5G Test
Pengujian pertama mencoba membandingkan kecepatan unggah file.

Berlokasi di sebuah area wilayah Jakarta Selatan, OPPO Indonesia menyediakan beberapa perangkat untuk dilakukan uji skenario. Masing-masing adalah OPPO A74 4G, A74 5G, OPPO Reno5 5G dan OPPO Find X2 Pro. Dipasangkan dengan operator yang sama, perangkat 5G yang diuji sudah dibuat agar bisa menjajal frekuensi yang didukung di Tanah Air.

Skenario pertama yang diuji adalah memanfaatkan cloud storage, membandingkan konektivitas 4G dan 5G. OPPO menyediakan sebuah file video berukuran sekitar 300MB, untuk kemudian diunggah ke layanan penyimpanan digital yaitu Google Drive. Saat diuji secara bersamaan, OPPO Reno5 5G mampu menyelesaikan unggahan file dalam waktu kisaran tiga menit saja.

Sementara OPPO A74 4G butuh waktu 1-2 menit lebih lama. Skenario ini membuktikan bila nantinya, tidak menutup kemungkinan bila Gizmo friends lebih banyak simpan file dengan cloud storage. Selain membuat file-file menjadi mudah diakses dari beragam perangkat, juga tidak membebani memori smartphone. Mengurangi risiko data hilang ketika smartphone juga hilang, misalnya.

OPPO 5G Test
Gim CODM selesai unduh hanya dalam waktu kurang dari 3 menit, sementara dengan jaringan 4G melebihi 10 menit.

Lanjut ke skenario kedua, dengan mengunduh sebuah gim yang cukup populer pada smartphone masa kini, yaitu Call Of Duty: Mobile. Berukuran sekitar 2,6GB, saat diuji secara bersamaan, smartphone dengan jaringan 4G mampu menyelesaikannya dalam waktu belasan menit. Sejatinya, untuk ukuran yang sangat besar, waktu tersebut tergolong kencang ya?

Sampai pada akhirnya diuji pula dengan konektivitas 5G. Akibatnya, gim sudah selesai diunduh dalam waktu sekitar 2,5 menit saja, jauh lebih cepat dari 4G. Bila diterapkan pada aktivitas lain sehari-hari, tentunya kecepatan unduh lebih kencang membuat tugas lebih cepat selesai, lebih produktif maupun hemat waktu.

Streaming Konten 4K Secara Leluasa, Bebas Buffering

OPPO 5G Test
Bebas menonton video dalam resolusi 4K HDR tanpa banyak buffering.

Yang terakhir, kami menggunakan OPPO Find X2 Pro, flagship resmi OPPO Indonesia di tahun 2020 yang memang sudah mendukung jaringan 5G. Diujikan memutar video dari YouTube dalam resolusi 4K HDR, kemudian melakukan uji apakah ada proses buffering atau tidak. Jawabannya? Masih ada, namun tentu saja lebih lancar.

Ketika video sedang dimulai, pengguna bebas untuk berpindah ke bagian awal, tengah hingga akhir video tanpa perlu menunggu proses yang lama hingga video bisa berjalan, berkat kecepatan jaringan 5G yang instan. Selayaknya memutar video full HD saja, tidak terasa berat sama sekali. Benefit lain juga terasa saat bermain gim FPS, dengan latensi yang signifikan lebih rendah daripada ketika gunakan jaringan 5G.

OPPO 5G Test

Memang, ketersediaan jaringan 5G masih belum luas mencakup seluruh Tanah Air. Jangankan pulau Jawa, di area Jakarta Selatan saja masih belum ter-cover semuanya. Bahkan di satu wilayah, selain perbedaan kecepatan, terkadang jaringannya juga masih bisa drop ke 4G. Alias belum sepenuhnya reliabel atau siap digunakan oleh masyarakat luas.

Namun setidaknya, ini merupakan langkah awal yang cukup melegakan. Selain menguji langsung, juga melalui perangkat yang tak hanya flagship, melainkan smartphone mid-range juga bisa digunakan. Jadi gimana, Gizmo friends, apakah awal pengujian ini sudah membuat kamu lebih berminat untuk membeli smartphone 5G saat ini?

Tinggalkan komen