Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Sony ZV-1, Kamera Pocket untuk Videografi Kasual Hadir di Indonesia

2 1.953

Tak hanya foto, kini netizen gemar membagi konten video kasual maupun vlog di media sosial. Pada umumnya, video kasual diambil secara natural tanpa melalui proses pengeditan dengan durasi 10-30 detik. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, hari ini (23/7) Sony Electronics resmi meluncurkan kamera pocket digital terbarunya Sony ZV-1 di Indonesia.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengungkapkan, dalam lima tahun terakhir, online video telah menunjukkan perkembangan pesat dan menjadi sebuah tren baru. Tren ini diminati oleh generasi Z dan milenial yang berusia 20 sampai 30 tahun dan kebanyakan video direkam melalui smartphone.

“Menariknya, banyak juga yang mulai tertarik untuk beralih ke kamera di masa yang akan datang. Dan inilah kesempatan bagi Sony Indonesia untuk memperkenalkan kamera digital ZV-1,” ujar Kazuteru saat peluncuran daring Sony ZV-1 (23/7).

Di tingkat global, perangkat ini sudah diperkenalkan sejak Mei yang lalu. Tergolong cepat karena hanya selisi dua bulan dengan peluncuran di Indonesia. Kamera terbaru dari Sony ini mengombinasikan teknologi pencitraan mutakhir dengan berbagai fitur canggih yang mudah digunakan. Sony ZV-1 ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan pengambilan video kasual dengan kualitas hasil yang profesional.

Baca juga: Panasonic Lumix G100 Dibuat Khusus untuk Vlogger

Fitur Kamera untuk Vlog atau Video Kasual

Spek Sony ZV-1Sony ZV-1 dirancang untuk pengambilan video kasual, sehingga memudahkan para pemula dan penggemar videografi kasual untuk merekam momen sehari-hari dan membagikannya di media sosial. Kamera ini juga merupakan solusi “all-in-one” bagi para perekam video kasual karena memiliki bodi yang ringan dan ringkas dengan gabungan berbagai teknologi pencitraan terdepan dan fitur yang mudah digunakan.

Kamera Sony ZV-1 mampu menciptakan latar belakang bokeh indah berkat sensor gambar Exmor RS CMOS tipe 1.0. Dikombinasi pula dengan cip DRAM dan lensa large-aperture 24-70mm F1.8-2.8 ZEISS Vario-Sonnar T*. Sehingga memungkinkan pemfokusan pada subjek agar lebih terlihat dibandingkan latar belakangnya.

Selanjutnya, kamera ini memiliki sistem autofocus terkemuka dari Sony yang dapat mengunci dan melacak subjek dengan akurasi serta kecepatan tinggi. Kamera pocket digital terbaru ini juga dapat menghasilkan gambar dengan kualitas superior berkat prosesor gambar generasi terbaru BIONZ X dengan LSI front-end yang memberikan resolusi tinggi dan noise rendah. Untuk menyempurnakan pengambilan video, Sony ZV-1 dilengkapi dengan pilihan audio kualitas tinggi.

Sony ZV-1 merupakan kamera compact pertama Sony dengan layar LCD Vari-angle bukaan samping. Konsep ini meningkatkan kenyamanan pengguna dalam melakukan penyusunan foto dengan tampilan ramah ponsel saat menyambungkan aksesoris audio eksternal. Kamera ini dilengkapi dengan stabilisasi gambar di dalam bodi dan berkemampuan untuk pembuatan film dalam level pro dengan adanya perekaman film dengan resolusi 4K serta fitur terbaik lainnya.

Kamera ini memberi banyak kemudahan untuk merekam video. Terdapat beberapa fitur canggih seperti Intelligent Auto Video Mode, One Touch Bokeh Button, dan Product Showcase Button yang memiliki kecepatan Auto Focus baik.

Harga Sony ZV-1

Sony ZV-1 Koji Sekiguchi - Kazuteru Makiyama - Christian RudolfTertarik memilikinya? Sony ZV-1 akan segera tersedia di Indonesia dengan harga Rp9.999.000. Tergolong terjangkau untuk produk dari Sony. Kamera saku ini bisa dipesan (pre-order) di seluruh Sony Authorized Dealers mulai dari tanggal 23 Juli – 9 Agustus 2020. Untuk seluruh pembelian dalam masa pre-order, para pelanggan akan mendapatkan paket spesial, termasuk Paket Adaptor Kabel dan VCT-SGR1. Paket bundling ini memiliki ketersediaan yang terbatas.

Sementara itu harga di pasar global adalah USD799 atau sekitar Rp11,7 jutaan. Sedikit lebih mahal. Dalam rangka peluncuran kamera pocket digital terbaru ZV-1, Sony juga akan menggelar berbagai kampanye spesial yang akan dilakukan secara online dan offline. Pada platform online, Sony menggelar kompetisi video kasual berhadiah satu unit kamera Sony ZV-1.

Di samping itu, Sony Indonesia juga memiliki kegiatan yang bersifat hybrid (dilakukan secara online dan offline), bertajuk ‘ZV-1 Hands On Workshop’. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Sony Indonesia dengan para dealer dan Sony Alpha Team untuk membagikan pengalaman menggunakan ZV-1.

Spesifikasi Sony ZV-1 Indonesia

Sensor: CMOS Exmor RS tipe 1.0 (13,2 mm x 8,8 mm), rasio aspek 3:2
Jumlah pixel (efektif): 20,1 Megapiksel
Lensa: ZEISS Vario-Sonnar T*, 10 elemen dalam 9 grup (9 elemen asferis termasuk lensa AA)
Filter ND: Auto / Aktif (3 tahapan) / Nonaktif
Panjang fokus: f=9.4-25.7mm
Sudut tampilan (ekuivalen 35MM): 84 derajat – 34 derajat(24-70 mm)2
Rentang fokus : AF (W: Sekitar 5 cm (0,17 ft.) sampai Tak terhingga, T: Sekitar 30 cm (0,99 ft.)
Zoom optik: 2,7x
Clear image zoom (foto): 20M Sekitar 5,8x / 10M Sekitar 8,2x / 5,0M Sekitar 11x / VGA Sekitar 44x
Clear image zoom (filmPP): 4K: 4,35x, HD: Sekitar 5,8x
Zoom digital (Foto): 20M Sekitar11x / 10M Sekitar16x / 5.0M Sekitar.23x / VGA Sekitar44x
Clear image zoom (film): 11x
Layar: 7,5 cm (tipe 3.0) (4:3) / 921.600 titik / Xtra Fine / TFT LCD, Layar sentuh
Prosesor: BIONZ X
Steadyshot (Foto): Optik
Steadyshot (film): Tipe optik dengan kompensasi elektronik, tipe Anti Rolling
Tipe Fokus: Fast Hybrid AF (AF deteksi fase / AF deteksi kontras)
Mode fokus: Single-shot AF, AF Otomatis, AF Kontinu, DMF, Fokus Manual
Mode flash: Auto / Flash On / Slow Synchro / Rear Sync / Flash Off
Konektivitas: WiFI IEEE802.11b/g/n (band 2,4 GHz); Bluetooth Standar Ver. 4.1 (2,4GHz band
Sumber daya: DC3,6V (baterai disertakan)
Dimensi:105,5 x 60,0 x 43,5 mm

Cek harga produk Sony di