Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HTC Wildfire E2, Smartphone Kelas Entri Sejutaan dengan Helio P22

0 2.857

Perusahaan smartphone asal Taiwan satu ini belakangan tidak menunjukkan daya saingnya untuk merilis sebuah flagship. Sebaliknya, HTC malah merilis smartphone kelas menengah dengan dukungan 5G, meski spesifikasinya sedikit nanggung jika dibandingkan dengan kompetitor. Masih terus berusaha untuk bersaing, pekan lalu (7/8) HTC merilis sebuah smartphone kelas entri secara diam-diam, tanpa perilisan khusus.

Masih belum diketahui apakah bakal ada peluncuran khusus, namun HTC Wildfire E2, jagoan kelas entri terbaru dari HTC tiba-tiba sudah muncul di Rusia, tersedia pada situs e-commerce lokal yaitu Citilink.ru. Spesifikasi yang diusung pun bisa dibilang biasa saja, khas smartphone kelas entri maupun menegah rilisan HTC.

Baca juga: Kembali Ramaikan Pasar Smartphone, HTC Rilis U20 5G & Desire 20 Pro

Spesfikasi HTC Wildfire E2

HTC Wildfire E2

Dimulai dari desainnya, HTC Wildfire E2 dirilis dalam dua varian warna yaitu hitam dan biru. Permukaan bodi belakang plastik yang digunakan diberi sentuhan tekstur bergaris, agar tidak terlalu polos dan menambah grip saat digenggam. Di bagian belakang, terlihat setup dua sensor kamera utama, ditemani lampu kilat serta sensor sidik jari yang disematkan di tengah.

Sementara di sisi depan, terlihat seperti smartphone sejutaan pada umumnya, menggunakan waterdrop notch dengan bezel bawah yang sedikit tebal. HTC Wildfire E2 punya layar berdimensi 6,21 inci, beresolusi HD+ dengan kerapatan piksel 271 ppi. Bukan yang paling tajam, namun setidaknya sudah menggunakan panel IPS.

Untuk urusan performa, chipset yang dipakai cukup jadul, yaitu MediaTek Helio P22 octa-core. Chipset rilisan 2018 ini pernah digunakan pada Nokia 3.1 Plus serta Xiaomi Redmi 6, punya clockspeed mencapai 2GHz. Dipasangkan dengan RAM 4GB serta memori 64GB, terdapat slot SIM hybrid yang dapat menampung kartu microSD sampai 128GB.

Spesifikasi yang kurang menarik berlanjut ke kameranya. Selain kamera depan 8MP f/2.2, di belakang terdapat dua sensor kamera yang mampu hasilkan foto bokeh. Selain kamera 2MP depth sensor, kamera utamanya punya resolusi 16MP dengan diafragma f/2.2, ketika smartphone lain di rentang harga serupa punya diafragma lebih besar. Yah setidaknya HTC berikan fitur seperti beauty mode, face detection serta perekaman hingga resolusi 1080p.

Menjalankan Android 10, tampilan antarmuka HTC dikenal sederhana tanpa banyak bloatware, sehingga bakal terasa lebih ringan. Kapasitas baterai 4,000 mAh pada HTC Wildfire E2 diklaim sanggup digunakan untuk memutar musik sampai 25 jam, atau 6 jam menonton video. Pengisian dayanya sudah menggunakan port USB-C, hanya saja tanpa dukungan fast charging.

Harga HTC Wildfire E2

HTC Wildfire E2

Dalam situs e-commerce Rusia, HTC Wildfire E2 dijual seharga RUB8,760, atau setara Rp1,7 jutaan. Belum ada informasi apakah perangkat ini nantinya bakal dijual di luar wilayah Rusia atau tidak.

Di harga yang sama, HTC bakal bersaing dengan Samsung Galaxy A11, atau Xiaomi Redmi 9 yang tawarkan spesifikasi di atas kertas jauh lebih menarik. Dengan kepergian HTC dari Indonesia, apakah Gizmo friends masih berharap jika brand yang dulunya unggul pada fitur musik serta kamera ini kembali ke Tanah Air?