Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Realme 2 vs Xiaomi Redmi 6: Pertarungan 2 Smartphone Harga 2 Jutaan

Saat ini banyak sekali pilihan smartphone murah yang beredar di pasaran. Di segmen ini, pengguna biasanya cukup sensitif dengan spesifikasi dan harga, terutama di rentang harga 2 jutaan. Di kelas ini, ada dua produk yang cukup menyedot perhatian yaitu Realme 2 vs Xiaomi Redmi 6.

Sebagai pendatang baru, Realme tampil dengan penuh persiapan. Sub-brand dari OPPO ini menghadirkan Realme 2 yang mengusung layar super-view full screen dengan notch, variasi RAM 3 GB dan 4 GB, serta baterai awet berkapasitas 4230mAH.

Realme 2 hadir dengan dua varian. Pertama adalah kapasitas 3GB+32GB yang dibanderol dengan harga Rp 1.999.000. Sedangkan varian kedua adalah kapasitas 4GB+64GB yang dijual seharga RP 2.399.000

Sementara itu Xiaomi yang sudah eksis di pasar mengandalkan Redmi 6. Ponsel ini memiliki layar 5.45 inci dan diperkuat MediaTek Helio P22 SoC, kamera ganda 12MP + 5MP, dan baterai 3.000 mAh. Sebagaimana Realme 2, Redmi 6 juga memiliki dua varian. Pertama adalah kapasitas 3GB+32GB yang dibanderol dengan harga Rp 1.999.000. Sedangkan varian kedua adalah kapasitas 4GB+64GB yang dijual seharga RP 2.399.000.

Bagaimana keduanya jika diadu? Siapa yang kira-kira bakal menang? Simak komparasi Realme 2 vs Xiaomi Redmi 6 berikut ini.

Realme 2

Layar

Komparasi Realme 2 vs Xiaomi Redmi 6 yang pertama adalah pada sektor layar. Di sini, Realme 2 memiliki  tampilan poni dengan rasio screen-to-body hingga 88.8% (19:9). Layar dari Realme 2 memiliki bezel yang tipis dengan layar HD+ 1520 x 720p.

Pengalaman multitasking di smartphone ini juga tergolong nyaman. Realme 2 telah mendukung kustomisasi layar yang responsif untuk aplikasi seperti WhatsApp, Messenger, SMS dan LINE tanpa perlu keluar dari halaman utama saat bermain game atau menonton video.

Sedangkan Xiaomi Redmi 6 memiliki layar penuh yang masih tidak mengikuti tren notch dengan ukuran 13,84cm (5,45″) resolusin HD  1440×720 18:9. Rasio screen-to-body mencakup 80,5% dari permukaan depan.

Jika dilihat dari modal masing-masing, terlihat Realme 2 lebih unggul.

Desain

Selanjutnya kita masuk pada komparasi Realme 2 vs Xiaomi Redmi 6 di bagian desain. Redmi 6 tampil dengan bodinya yang ramping, sudut bulat yang mulus, dan terasa pas di genggaman. Konsep desainnya masih konvensional seperti beberapa ponsel Redmi pada umumnya.

Xiaomi Redmi 6. Foto oleh webchaat.com
Xiaomi Redmi 6

Sementara itu Realme 2 terlihat lebih menonjol dengan desain cutting diamond dipadukan dengan material komposit nano dengan permukaan berbentuk 2.5D lengkap dengan pelindung Corning Gorilla Glass 2. Memberikan kesan classy dan stylish untuk smartphone yang memiliki jangkauan pasar mid-end.

Related Posts
1 daripada 3

Kamera 

Kita berlanjut ke bagian komparasi Realme 2 vs Xiaomi Redmi 6 di sektor kamera. Kedua belah pihak sama-sama membawa konfigurasi dual-camera untuk kamera utamanya.

Realme 2 membawa konfigurasi dual camera dengan kamera utamanya memiliki resolusi 13MP, unggul tipis dari Redmi 6 yang membawa resolusi sebesar 12MP. Sedangkan untuk kamera sekundernya, Xiaomi Redmi 6 unggul  dengan membawa kamera sekunder beresolusi 5MP dimana Realme 2 memakai kamera sekunder beresolusi 2MP.

Beralih ke kamera depan, Realme 2 memakai kamera depan beresolusi 8MP sedangkan Xiaomi Redmi 6 hanya memakai kamera depan beresolusi 5MP.  Realme 2 menjadi smartphone yang lebih unggul dalam mengambil foto selfie dibandingkan Xiaomi Redmi 6

 

Baterai

Fitur yang paling disukai dari smartphone ini tentu adalah baterainya yang bisa tahan untuk segala aktivitas hingga berjam-jam. Baterai 4230mAH bagai “kuda” ini memiliki kemampuan AI Power Manager, sebuah system yang akan mengoptimalkan komsumsi daya dari aplikasi dan juga mengontrol jumlah core pada prosesor untuk menghindari daya yang terbuang (power waste).

Dibandingkan dengan produk di rentang harga yang sama, kapasitas baterai Realme sebesar 4230mAh tentu lebih menonjol. Pengguna dapat bebas bepergian, mengambil foto, bermain game, dan menonton serial TV. Sementara itu Xiaomi Redmi 6  hanya membawa baterai dengan kapasitas 3000mAh.

Prosesor 

Untuk smartphone dengan harga Rp 2 jutaan tentu memiliki performa yang bisa dibilang cukup. Cukup untuk bermain game HD, cukup untuk multi-tasking dan cukup untuk berbagai aktivitas sehari-hari yang membutuhkan performa baik.

Xiaomi Redmi 6 diperkuat MediaTek Helio P22 SoC terbaru. Dengan CPU octa-core yang dibangun pada proses 12nm akan menghabiskan sekitar 48% daya lebih sedikit dibandingkan chipset 28nm. Prosesor octa-core ini diklaim memberi efisiensi operasional ke level berikutnya. Hasilnya adalah kinerja yang cemerlang.

Jika Redmi 6 memakai chipset besutan Mediatek, maka Realme 2 lebih percaya diri dengan chipset besutan dari kompetitornya yaitu Qualcom. Realme 2 dibekali dengan prosesor Octa Core dan chipset Qualcomm Snapdragon 450 berukuran 14nm dengan clock speed hingga 1.8GHz. Menariknya, kapasitas RAM yang digunakan oleh Realme 2 yaitu 3GB/4GB dengan internal memori 32GB/64GB.

Selain itu, fitur menarik yang dimiliki Realme 2 ini adalah built-in “Game Space” yang akan diaktivasi secara otomatis setelah game dimuat. Fitur ini memungkinkan sistem dioptimalkan saat memainkan game. Latar belakang jaringan dan alokasi sumber daya pun akan secara otomatis terbatas ketika permainan terdeteksi sedang berjalan.


Kesimpulan

Berdasarkan komparasi Realme 2 vs Xiaomi Redmi 6 di atas, kita bisa tahu siapa yang lebih unggul. Di atas kertas, Realme 2 menang  dalam beberapa aspek.

Pada kamera, keduanya saling beradu sengit. Xiaomi Redmi 6  sedikit lebih unggul pada kamera belakang. Sedangkan Realme 6 menang di kamera depan yang memang membawa teknologi dari OPPO yang dikenal cukup kuat di selfie. Begitupun dengan performa yang saling berkejaran. Sedangkan untuk layar, desain dan kapasitas baterai, Realme 2 jelas unggul telak.