Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kembali Ramaikan Pasar Smartphone, HTC Rilis U20 5G & Desire 20 Pro

1 7.466

Lama tak terdengar gaungnya, perusahaan elektronik asal Taiwan, HTC akhirnya kembali meramaikan pasar smartphone, kali ini rilis smartphone 5G pertama mereka. Bukan sebagai flagship, diperkenalkan HTC U20 5G dengan chipset Snapdragon seri 700, empat kamera utama serta baterai dengan kapasitas besar. Lewat sebuah acara daring yang diadakan di Taipei, HTC juga perkenalkan satu smartphone kelas menengah lain, yaitu HTC Desire 20 Pro.

Sebagai informasi, HTC memang sudah lama sekali tak memproduksi smartphone flagship. Seri premium terakhirnya, U12+ diperkenalkan pada pertengahan tahun 2018 lalu, gunakan chipset Snapdragon 845. Setelahnya, HTC hanya fokus merilis kelah menegah lewat seri Desire dengan spesifikasi yang bisa dibilang nanggung, dan seperti unggulkan desain saja.

Baca juga: Rekomendasi Ponsel di Bawah Rp2 Jutaan dengan Chipset Snapdragon

Spesifikasi HTC U20 5G

Jadi seri yang lebih premium, HTC U20 5G miliki kombinasi permukaan kaca baik depan dan belakang. Kaca belakangnya punya finishing frosted alias doff, hadir dalam warna abu-abu maupun hijau. Smartphone ini miliki empat kamera yang diletakkan sejajar, diberi aksen kuning pada dua lensanya, sedikit mengingatkan dengan desain kamera realme.

Di sisi depan, terdapat layar besar 6,8 inci dengan kamera punch-hole di sisi kiri atas, beresolusi 32MP. Layar ini masih gunakan panel LCD beresolusi full HD+, namun setidaknya dimensi yang besar membuat nyaman untuk kebutuhan multimedia. Sensor sidik jari diletakkan di belakang, dengan kelengkapan konektivitas lain seperti NFC.

HTC U20 5G

Ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 765G, kapasitas RAM-nya cukup besar di 8GB. Memori internal 256GB masih bisa diekspansi lewat kartu microSD. Untuk kebutuhan ambil gambar, disiapkan empat kamera belakang dengan sensor 48MP, 8MP ultra-wide, 2MP makro dan 2MP sebagai depth sensor.

Selain itu, HTC juga perkenalkan Desire 20 Pro, miliki desain serupa namun dengan harga lebih murah. Tanpa dukungan 5G, smartphone ini gunakan prosesor yang cukup melegenda, yaitu Snapdragon 665, dipasangkan dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Dimensi layarnya lebih kecil, yaitu 6,5 inci full HD+.

Kamera depannya beresolusi 25MP, sementara setup empat kamera belakang punya konfigurasi dan besaran megapiksel yang sama persis seperti saudara satu perilisan. Baik HTC Desire 20 Pro maupun HTC U20 5G sama-sama dilengkapi baterai besar 5.000 mAh, hanya saja U20 5G mendukung teknologi pengecasan lebih cepat (Quick Charge 3.0 & 4.0).

Baca juga: Qualcomm Quick Charge 3+ Berikan Kemampuan Fast Charging dengan Biaya Terjangkau

Harga HTC U20 5G & Desire 20 Pro

HTC Desire 20 Pro

Baik HTC U20 5G dan HTC Desire 20 Pro diperkenalkan secara eksklusif di Taiwan. Dikutip dari Engadget, HTC U20 5G bakal tersedia secara pre-order mulai 1 Juli mendatang, dengan harga NT$18,990 atau sekitar Rp9 jutaaan. Sementara HTC Desire 20 Pro jauh lebih murah di NT$8,990 atau Rp4,2 jutaan.

Ada kemungkinan jika HTC membawa dua smartphone ini ke pasar yang lebih luas. Keterlambatan HTC dalam hadirkan smartphone 5G ini dapat dimaklumi, mengingat banyak talenta mereka untuk smartphone sudah dipindah tangankan kepada Google 2018 lalu, untuk kembangkan lini Google Pixel. Perlukah mereka kembali ke Indonesia setelah debut dengan flagship terakhirnya di tanah air 2014 lalu?