Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Qualcomm Quick Charge 3+ Berikan Kemampuan Fast Charging dengan Biaya Terjangkau

0 1.845

Pada smartphone yang ditenagai oleh chipset Snapdragon, Qualcomm mengintegrasikan teknologi pengecasan cepat, Qualcomm Quick Charge, untuk proses pengisian daya yang singkat. Senin (27/4) kemarin, Qualcomm perkenalkan teknologi Quick Charge 3+, didesain untuk smartphone yang lebih terjangkau.

Qualcomm Quick Charge 3+ akan menambah portofolio baru ke dalam ekosistem teknologi pengecasan cepat yang saat ini sudah tersedia di lebih dari seribu perangkat aksesoris maupun smartphone yang tersebar di seluruh dunia. Teknologi ini diharap dapat berkesempatan untuk membantu meningkatkan produktivitas masyarakat.

Qualcomm Quick Charge 3+ bakalan tersedia pertama kali untuk chipset Qualcomm Snapdragon 765 & Snapdragon 765G, biasa digunakan di smartphone flagship versi terjangkau, dan menyusul ke chipset Snapdragon lainnya sepanjang tahun 2020. Salah satu smartphone yang akan mendukung teknologi baru ini adalah Xiaomi Mi 10 Lite Zoom, tak hanya Quick Charge 3+, melainkan Quick Charge 4+ sekaligus.

Baca juga: Mi 10 Youth Edition 5G Hadir dengan Kamera Telefoto 50x Zoom

Keunggulan Qualcomm Quick Charge 3+

Qualcomm Quick Charge 3+

Fokus utama dirilisnya teknologi ini adalah menghadirkan pengecasan cepat pada smartphone yang harganya lebih murah. Qualcomm Quick Charge 3+ mampu mengantarkan daya 35% lebih cepat bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Serta 9 derajat celsius lebih rendah, yang membuat smartphone lebih dingin dan memperpanjang masa pakai baterai dalam jangka panjang.

Mengisi baterai mulai nol hingga 50% hanya memerlukan waktu 15 menit saja. Tentunya, ini bergantung dari kapasitas baterai smartphone-nya, ya. Sebagai contoh, Qualcomm Quick Charge 4 dapat meraih waktu yang sama ketika digunakan untuk uji isi daya baterai berkapasitas 2.750 mAh. Quick Charge 3+ akan mendukung standar kabel yang sangat umum digunakan oleh smartphone saat ini, yaitu USB-A ke USB type-C, memudahkan OEM untuk menggunakan teknologi ini kedepannya.

Qualcomm Quick Charge 3+ Hadir Untuk Smartphone Murah

Selain backward compatible alias mendukung teknologi yang dirilis lebih dulu, Qualcomm Quick Charge 3+ sudah menggunakan power management intergrated circuit (PMIC) terbaru seri SMB1395/SMB1396. Dengan begitu, proses pengecasan terjadi lebih cepat meski menggunakan implementasi perangkat lunak yang sama. PMIC tersebut juga mendukung dua input sekaligus (kabel dan nirkabel), serta mengeliminasi kebutuhan akan adanya komponen tambahan untuk mencegah voltase berlebih. Fast charging dapat hadir dengan biaya komponen yang rendah, dan mendukung aksesoris dengan variable voltage.

Saat ini sudah banyak smartphone terjangkau yang mengusung baterai berkapasitas besar mulai dari 4.000 mAh, 5.000 mAh sampai 6.000 mAh seperti Samsung Galaxy M31. Kedepannya, dengan adanya Qualcomm Quick Charge 3+ yang ditujukan untuk smartphone lebih terjangkau, konsumen dapat mengisi daya smartphone mereka secara cepat layaknya menggunakan flagship dengan harga belasan juta rupiah, tak lagi perlu menunggu dua sampai tiga jam sebelum harus beraktivitas sepanjang hari.