Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Ajak Masyarakat Hindari Gaya Hidup Kurang Gerak

0 1.731

Saat ini, mungkin sudah banyak masyarakat yang terbiasa untuk melakukan beragam aktivitas sehari-hari di dalam rumah saja. Setelah pandemi yang dimulai pada kuartal pertama 2020, aktivitas seperti bekerja, belajar sampai berolahraga mulai dibiasakan tanpa ke luar rumah. Namun jangan sampai kebiasaan ini membuat kita melakukan sedentary lifestyle.

Sedentary lifestyle sendiri adalah sebutan dari gaya hidup kurang bergerak. Padahal, gerak atau aktivitas sepanjang hari diperlukan untuk terus menjaga kesehatan beserta imun masing-masing, agar lebih tahan terhadap virus yang ada saat ini. Untuk itu, sebagai perusahaan teknologi yang juga rilis perangkat AIoT, Xiaomi mengajak semua orang untuk hidup lebih sehat.

Tren gaya hidup kurang gerak semakin berkembang sejak pandemi COVID-19, di mana akibat kebiasaan seperti bekerja dari rumah (WFH), lebih banyak masyarakat menghabiskan waktunya dengan berdiam menghadap layar, duduk dan berbaring. Perilaku seperti ini tentunya membuat kita lebih rentan dengan sejumlah masalah kesehatan.
Baca juga: Mi Watch & Mi Watch Lite, Smartwatch (Resmi) Pertama Xiaomi Indonesia

Masyarakat Harus Tetap Bergerak Meski di Rumah Sepanjang Hari

dr. Sophia Hage
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Sophia Hage, SpKO.

Dalam sebuah sesi virtual yang diadakan oleh Xiaomi Indonesia (21/12), dihadirkan dr. Sophia Hage, SpKO sebagai dokter spesialis kedokteran olahraga. Ia menyebutkan bahaya dari sedentary lifestyle tersebut, beberapa di antaranya adalah obesitas, hipertensi, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis hingga pengaruh terhadap kesehatan mental. “Siapapun memiliki risiko terjebak ke dalam sedentary lifestyle, bahkan yang muda sekalipun,” jelasnya.

Dr. Sophia juga memberikan beberapa saran kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama, untuk mencegah sedentary lifestyle atau gaya hidup kurang gerak. Tips yang paling mendasar adalah dengan tetap aktif bergerak, meski seharian berada di dalam rumah. Disarankan untuk melakukan peregangan secara berkala setiap 2 – 3 jam, dengan beragam kegiatan yang bisa dilakukan di rumah.

Seperti perbanyak jalan kaki, memberesekan rumah sampai mengurangi waktu duduk serta rebahan. Juga dimulai dengan mengurangi waktu inaktif dengan sadar, agar tidak lebih banyak rebahan. Kita bisa memanfaatkan fitur alarm pada smartwatch untuk ingatkan supaya terus bergerak. Cukup lakukan stretching break, atau peregangan sederhana selama 5 – 10 menit.

Insight menarik lainnya terkait sedentary lifestyle, lebih banyak masyarakat di area perkotaan dengan tingkat pendidikan tinggi menjalankan gaya hidup tersebut. Karena dengan beban pekerjaannya, lebih banyak dari mereka melakukan kegiatan seperti rapat atau meeting, yang belakangan dilakukan secara virtual. Dalam kata lain, menuntut untuk berdiam duduk lebih lama.

Dr. Sophia juga menambahkan bila olahraga intensitas tinggi tidak disarankan, terkecuali sudah terbiasa dan melakukannya di dalam rumah. Kalau di luar rumah, disarankan untuk menjaga jarak, atau berolahraga bersama dengan orang satu rumah, untuk cegah risiko terpapar virus.

Smartwatch Dari Xiaomi Cocok Untuk Dampingi Aktivitas Harian

Xiaomi Mi Watch Lite

Tentunya, kita dapat memanfaatkan perangkat seperti smartwatch rilisan Xiaomi, yang bisa mengingatkan penggunanya untuk terus bergerak. Dan juga memantau pola dan durasi aktivitas fisik sepanjang hari.

Dalam kesempatan yang sama, Head of PR Xiaomi Indonesia, Stephanie Sicilia juga mengatakan bila kehadiran Mi Watch & Mi Watch Lite di Indonesia merupakan perwujudan komitmen dari Xiaomi. Yaitu untuk membantu masyarakat dalam tingkatkan produktivitas dan kualitas hidupnya lewat teknologi.

Kedua smartwatch ini memiliki sensor lengkap untuk pantau kebugaran, ukur aktivitas olahraga (11 jenis di Mi Watch Lite dan 117 di Mi Watch), sampai informasi lainnya seperti denyut jantung, siklus tidur hingga tingkat stres. Daya tahan baterainya juga didesain awet untuk pemakaian jangka panjang.

Ingin mendapatkan smartwatch terbaru dari Xiaomi Indonesia? Baik Mi Watch & Mi Watch Lite mulai tersedia pada 22 Desember mendatang, secara daring di Shopee dan mi.com serta secara luring di Authorized Mi Store. Masing-masing dijual dengan harga perkenalan Rp1,499 juta dan Rp799 ribu, dan Rp100 ribu lebih mahal untuk harga regular.