Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Android 11 Beta Bakal Hadir di OPPO Find X2 Pro Bulan Ini

0 379

Setelah lama berada dalam tahap Developer Preview, Android 11 akhirnya dirilis dalam versi Beta. Android 11 Beta 1 berikan kesempatan bagi para pengembang aplikasi serta pengguna Android yang memang menginginkan untuk mencoba fitur baru pada smartphone-nya. Tentu, yang namanya Beta, masih jauh dari sempurna serta hadir dengan beberapa bug, alias tidak direkomendasikan untuk digunakan sehari-hari.

Satu tahun lalu, ketika Android Pie versi Beta diperkenalkan, tak lama kemudian brand smartphone berlomba-lomba untuk ikut berpartisipasi. Semuanya hampir serentak, tak lama ketika sudah dirilis. Berbeda dengan itu, Android 11 Beta hanya tersedia untuk smartphone rilisan Google sendiri di hari pertama, yaitu Google Pixel 2 ke atas.

Nah, hari ini, OPPO merilis informasi jika mereka akan menjadi salah satu sistem operasi mitra pertama yang hadirkan pembaruan Android 11 Beta. Informasi tersebut datang langsung dari Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia. Dalam sebuah rilis, ia mengatakan, “menyusul rilis Google Untuk Android 11 beta pertamanya kemarin, OPPO dengan bangga mengumumkan bahwa sistem operasi (OS) seluler globalnya, ColorOS, juga akan merilis update beta-nya bulan ini.”

Baca juga: OPPO Indonesia Rilis TWS Enco W11 Edisi Pixar Toy Story

OPPO Jadi Salah Satu Mitra Pertama Hadirkan Android 11 Beta

Update terbaru seri Android tersebut nantinya bakal tersedia untuk kedua flagship terbaik mereka yang sudah hadir secara resmi di Indonesia pada awal tahun 2020 ini, yaitu OPPO Find X2 dan Find X2 Pro. Tujuannya agar pengguna kedua smartphone tersebut dapat menjadi yang pertama untuk menikmati fitur-fitur baru di Android 11, tentunya dalam versi ColorOS. Sebagai informasi, ColorOS saat ini telah digunakan oleh lebih dari 350 juta pengguna secara global, telah mendukung lebih dari 80 bahasa.

Android 11 akan membawa beberapa fitur baru, salah satunya Bubbles API yang memungkinkan aplikasi lain menampilkan pesan dalam bentuk chat bubble, serupa dengan aplikasi Facebook Messenger. Selain itu, Google juga sedang mengembangkan teknologi Fast Share, yaitu berbagi file secara nirkabel dengan cepat melalui jaringan Wi-Fi. Fitur ini serupa dengan AirDrop, yang menjadi keunggulan produk Apple untuk kemudahan berkirim file antar perangkat.

Sejak ColorOS 7 dirilis, tampilan antarmukanya menjadi jauh lebih efisien dan menarik, sesuai dengan tujuan OPPO untuk membuatnya lebih mudah disesuaikan serta efisien. Dengan adanya tambahan fitur dari Android 11 Beta, tentunya akan menambah fungionalitas untuk sehari-hari. Namun sebelum kamu memutuskan untuk mencobanya, pastikan seluruh data aman dan bersiap dengan bug yang akan ada nantinya ya.

OPPO Find X2 Series Dapat Segera Menikmati Android 11 Beta

ColorOS Android 11 Beta

OPPO Find X2 & X2 Pro resmi diluncurkan di Indonesia pada 6 Maret 2020 kemarin. Smartphone tersebut diklaim sebagai perangkat flagship dengan kecanggihan kamera, ketahanan baterai serta layar terbaik dalam industri smartphone saat ini. Kamera utamanya gunakan sensor Sony IMX689 beresolusi 48MP, dengan teknologi dual native ISO dan bukaan besar f/1.7.

Layarnya miliki resolusi Quad HD+ dan sudah mendukung refresh rate 120Hz, dengan pencahayaan maksimum hingga 1200 nit. Sementara prosesornya sudah yang terbaik, gunakan Snapdragon 865 yang hadir dengan dukungan jaringan 5G SA/NSA. Kapasitas baterainya 4260 mAh, dan dilengkapi teknologi pengecasan SuperVOOC 2.0 65 watt. Isi daya hingga penuh hanya membutuhkan waktu 38 menit saja.