Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rekomendasi Ponsel di Bawah Rp2 Jutaan dengan Chipset Snapdragon

0 18.691

Selamat Idulfitri bagi yang merayakan! Pada dapat THR nggak nih, walau komunikasi dengan keluarga besar secara virtual #DiRumahAja? Nah, biasanya tradisi setelah lebaran adalah upgrade smartphone yang lagi dipakai sekarang. Terutama kalau umurnya sudah melebihi 1-2 tahun, sudah terasa lambat atau memorinya cepat penuh. Hp di bawah 2 juta banyak yang bagus lho.

Adanya pandemi Covid-19 ini membuat kita berinteraksi lebih banyak dengan smartphone, untuk komunikasi dengan orang lain baik kepentingan kerja, belajar dan lainnya. Dengan kebutuhan meningkat, kamu memerlukan smartphone yang lebih baik spesifikasinya. Salah satunya adalah kapasitas baterai yang besar.

Kabar baiknya, makin ke sini smartphone terjangkau pun spesifikasinya tentu jauh lebih baik dari sebelumnya.Kamu sudah nggak perlu merogoh kocek mahal-mahal untuk smartphone yang punya kamera ganda, sensor sidik jari, memori lega atau desain layar besar.

Punya budget tak lebih dari Rp2 juta? Gak masalah. Berikut adalah beberapa pilihan hp di bawah 2 juta yang cocok untuk kamu. Terutama jika mementingkan kinerja dengan chipset Snapdragon.

Daftar Hp di Bawah 2 juta

1 Xiaomi Redmi 8A Pro

Xiaomi Redmi 8A Pro

Baru saja diluncurkan pada April lalu, Redmi 8A Pro punya baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dukung fast charging 18 watt lewat port USB-C. Belum banyak smartphone di rentang harga sama gunakan jenis port modern tersebut, apalagi sudah mendukung fast charging walaupun dengan charger terpisah. Kamera belakangnya masing-masing beresolusi 13+2MP, bisa hasilkan foto potret dengan bantuan AI.

Redmi 8A Pro cukup bertenaga dengan chipset Qualcomm Snapdragon 439, ditemani memori RAM 2GB plus penyimpanan internal 32GB. Tersedia tiga pilihan warna menarik, yaitu Sky White, Sea Blue dan Midnight Gray. Untuk seluruh spesifikasi ini, kamu hanya cukup mengeluarkan dana Rp1,549 juta saja. Selain itu, ada varian dengan RAM 3GB/ROM 32GB yang saat kami cek di situs belanja Shopee.co.id, dibanderol dengan harga Rp1,599.000

2 Samsung Galaxy A01

Samsung Galaxy A01

Memiliki budget sedikit lebih tinggi dan inginkan smartphone dengan tampilan antarmuka yang lebih mudah? Samsung Galaxy A01 bisa jadi alternatif yang menarik. Dua kamera belakangnya miliki kombinasi yang serupa dengan Redmi 8A Pro. Bagi kamu yang inginkan dimensi layar kompak, layar 5,7 inci pada smartphone ini cocok untuk navigasi satu tangan. Ditambah dengan One UI 2 yang memudahkan penggunaan, dengan icon besar dan elemen yang diletakkan sesuai dengan posisi jari tangan.

Sama-sama gunakan prosesor Snapdragon 439 dan RAM 2GB, memorinya lebih kecil di 16GB, sehingga pastikan kamu gunakan kartu microSD untuk simpan file media ya. Kapasitas baterainya juga lebih modis di 3.000 mAh, wajar mengingat dimensi keseluruhan yang lebih kecil. Hp di bawah 2 juta dari Samsung ini dibanderol seharga Rp1,699 juta, hadir dalam tiga pilihan warna; merah, hitam dan biru. Ponsel ini bisa dibeli di Lazada dan ecommerce lainnya.

3 vivo Y11

vivo Y11

Smartphone yang satu ini sebenarnya sudah dirilis secara global sejak Oktober 2019 lalu, namun baru hadir di Indonesia bersamaan dengan vivo Y50. vivo Y11 adalah smartphone unggulan vivo untuk budget kurang dari Rp2 juta, unggulkan desain yang ngejreng dengan dua varian warna; Mineral Blue dan Agate Red. Bezelnya cukup tipis, dengan layar 6,3 inci Ultra All Screen yang gunakan notch berjenis waterdrop.

Spesifikasi lainnya serupa dengan Redmi 8A Pro, yaitu chipset Snapdragon 439, RAM 2GB, memori penyimpanan 32GB serta kapasitas baterai besar 5.000 mAh. Dengan kamera belakang 13+2MP, kamera depannya sedikit lebih unggul. Selain lebih besar resolusinya di 8MP, kamera tersebut dilengkapi AI Face Beauty yang bisa percantik hasil swafoto. Hp di bawah 2 juta dari Vivo ini dijual seharga Rp1,899 juta. Bisa dibeli di sejumlah ecommerce seperti di Eraspace.com

Realme 5i
review realme 51
Klik pada gambar untuk baca review realme 51

realme 5i memiliki layar besar 6,5 inci dengan struktur internal layar mengadopsi proses stack sehingga area mini-drop berkurang sebesar 30,9%. Ponsel ini mengadopsi prosesor Qualcomm Snapdragon 665 AIE yang memiliki delapan core, arsitektur 64-bit dan frekuensi dasar hingga 2.0GHz. Dilengkapi pula dengan baterai berkapasitas tinggi 5000mAh yang memiliki performa serta daya tahan terkuat di kelasnya.

Dalam hal kamera, realme 5i hadir dengan kamera utama 12MP, lensa ultra-wide angle 8MP, depth sensor 2MP dan ultra-macro 2MP. Kamera depan dan belakang keduanya memiliki fungsi Electric Image Stabilization (EIS). Fungsi video juga mendukung perekaman video slo-mo 240fps pada resolusi 720p.

Mengenai kapasitas RAM dan penyimpanan, realme 5i hadir dengan pilihan memori 3+32GB dengan harga Rp 1.699.000. Sedangkan varian 4+64GB hargany Rp2,199 juta. Bisa beli di Eraspace dan sejumlah ecommerce lainnya.

4 Xiaomi Redmi Note 8

Xiaomi Redmi Note 8
Xiaomi Redmi Note 8 menjadi smartphone paling laris selama perayaan Mi Fan Festival 2020.

Alternatif terakhir dengan performa terbaik adalah Xiaomi Redmi Note 8. Dirilis seharga Rp2 juta lebih sedikit, kini Xiaomi Indonesia telah menurunkan harga resmi Redmi Note 8 menjadi Rp1,899 juta saja, untuk varian termurah dengan kombinasi memori 3GB/32GB. Smartphone in sudah memiliki setup empat kamera di belakang.

Konfigurasi yang digunakan adalah kamera utama 48MP + ultra-wide 8MP + dua kamera 2MP untuk depth sensor & macro. Di sektor dapur pacu, Redmi Note 8 jauh lebih bertenaga dengan Snapdragon 665 untuk pengalaman gaming lebih baik. Resolusi layarnya juga sudah full HD+, plus baterai 4.000 mAh yang mendukung fast charging 18 watt.

Itu adalah empat pilihan smartphone kurang dari Rp2 jutaan terbaru yang gunakan chipset Snapdragon. Chipset besutan Qualcomm dikenal dengan performa yang baik, kemampuan menangkap sinyal GPS yang optimal untuk navigasi, serta koneksi LTE yang cepat bahkan di situasi dengan sinyal yang lemah, tanpa hasilkan panas berlebih. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing ya!