alexa

Sony Bravia XR, TV Pertama dengan Teknologi Kecerdasan Kognitif

Mungkin untu#Heak sebuah produk elektronik seperti smart TV, rasanya tak banyak diferensiasi yang bisa dihadirkan oleh satu merk sehingga menjadi jauh berbeda. Kalau bukan teknologi panel, desain, atau keluaran suaranya. Namun pada CES 2021 kemarin, Sony meluncurkan lini terbarunya, Sony Bravia XR dengan pembeda yang futuristik.

Smart TV terbaru dan paling mewah dari Sony ini punya teknologi baru yang menjadi pertama di industri, yaitu dilengkapi dengan coginitive intelligence. Fitur ini ditujukan untuk replikasi kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, untuk memroses kemampuan untuk melihat serta mendengar. Dalam kata lain, lebih canggih lagi dari teknologi kecerdasan buatan atau AI.

Ada beragam lini smart TV yang Sony perkenalkan untuk tahun 2021, seluruhnya termasuk dalam keluarga Sony Bravia XR dengan fitur cognitive intelligence. Seri flagship-nya gunakan panel 8K LED dengan dimensi layar 75 & 85 inci, sementara varian lain juga tersedia mulai opsi 55 inci dan 65 inci.

Baca juga: Platform Apple TV Kini Bisa Dinikmati di Smart TV Sony X9000H

Fitur Cerdas yang Dibawa TV Sony Bravia XR

Sony Bravia XR

Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan teknologi cognitive intelligence yang dibawa dari Cognitive Processor XR? Dibandingkan dengan AI konvensional yang bisa mendeteksi dan analisa elemen pada gambar seperti warna, kontras dan detil secara individu dalam satu waktu, prosesor ini bisa menganalisa beberapa poin secara bersamaan. Cara kerja tersebut diklaim serupa dengan bagaimana otak manusia bekerja.

Prosesor kognitif yang dimiliki oleh lini TV Sony Bravia XR kemudian memecah bagian foto yang ditampilkan di layar menjadi ratusan bagian individu, kemudian mengenali masing-masing objek yang ada di tiap bagian. Dalam hitungan detik, bisa menganalisa ratusan ribu elemen yang berbeda. Tingkatkan warna, kontras, kejelasan dan gerakan (motion).

Selain elemen visual, prosesor canggih pada TV Sony Bravia XR juga bisa analisa posisi suara dalam sinyal dan keluarannya, berikan audio yang lebih pas serta presisi dengan gerakan yang ditampilkan di layar. Seluruh bagian audio juga bakal ditingkatkan hingga mencapai kualitas 3D surround sound secara otomatis, berikan suara yang imersif.

Gunakan Tampilan Antarmuka Terbaru dari Google

Sony Bravia XR - Google TV

Tak seperti smart TV dari LG yang gunakan tampilan antarmuka sendiri, untuk seri smart TV terbarunya, Sony memercayakan Google TV sebagai pilihan user interface untuk dinikmati konsumen. Google TV pertama kali diperkenalkan pada perangkat Chromecast terbaru dari Google, berikan tampilan yang lebih pintar dan sederhana daripada Android TV.

Dengan Google TV, Sony Bravia XR series bisa tampilkan rekomendasi tontonan secara otomatis dari menu awal, berdasarkan histori tontonan mereka. Untuk konektivitas, juga sudah mendukung standar HDMI 2.1, di mana mendukung resolusi 4K 120fps, variable refresh rate (VRR) dan auto low latency mode (ALLM), diklaim cocok untuk keperluan gaming yang responsif.

Selain itu, pengguna bisa sampaikan perintah suara secara langsung dan hands-free, tak perlu berbicara ke mikrofon yang umumnya ada di remote TV. Tersambung dengan ekosistem Google, Sony Bravia XR bisa kendalikan perangkat smart home seperti lampu, speaker dan lainnya.

Untuk harga sendiri, Sony baru akan mengumumkan masing-masing harga dari rangkaian smart TV mereka dengan fitur kecerdasan kognitif terbarunya ini, pada musim panas 2021 mendatang. Yang pasti, harganya bakal fantastis mengingat fitur-fitur baru yang dibawanya, serta hadir dengan panel kualitas tinggi, plus desain yang mewah.

Tinggalkan komen