Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tiga Tips Memilih Rumah Secara Digital bagi Milenial

Alih-alih membeli rumah, menabung saja susah dilakukan oleh kaum milenial. Gaya hidup yang cenderung boros akibat mengikuti tren kekinian membuat generasi ini susah mempunyai hunian layak, apalagi di kota besar. Padahal mempunyai rumah salah satu kebutuhan pokok buat masa depan loh. Sering membaca tips membeli rumah bagi milenial bisa jadi jalan biar bersiap menabung bagi rumah masa depan.

Tinggal di kota besar dengan harga tanah yang kian mahal membuat kaum zaman now realistis. Mereka tidak keberatan tinggal di apartemen sebab aktivitas yang memang lebih banyak terpusat di tengah kota. Di lain sisi, generasi Y ini juga nggak mau berepot ria mengurus hal administratif terkait kepemilikan properti.

Rumah.com pun membagi tips membeli rumah bagi kaum milenial yang berkaca pada perilaku  tersebut. Mari disimak Gizmo lovers:

Mulai menyesuaikan antara pendapatan dan pengeluaran

Tips membeli rumah bagi milenial dapat dimulai dari belajar menyesuaikan antara pendapatan dan pengeluaran mereka. Generasi ini juga harus bisa menempatkan prioritas hidup sesuai skalanya, yakni sandang, pangan dan papan. Mereka tak perlu terus-menerus mengikuti tren yang tidak perlu, seperti selalu menghabiskan akhir pekan di mall atau belanja online.

Memulai riset properti secara mandiri

Bjorn Sprengers, Chief Marketing Officer PropertyGuru.com sebagai induk dari rumah.com, mengatakan generasi milenial yang melek internet harus bisa mencari informasi sendiri mengenai kebutuhan rumah idaman secara swadaya. Mereka bisa memanfaatkan banyaknya situs properti untuk membandingkan harga rumah pada tipe yang mereka inginkan agar mendapatkan harga terbaik. Bisa juga mereka memanfaatkan koneksi teman atau keluarga demi hunian yang tepat pada harga yang pas.

Mencari rumah idaman kini semakin mudah lewat banyaknya situs properti. Foto oleh jurnalapps.co.id

Pentingnya memperhatikan membayar uang muka

Mereka harus mulai menabung untuk membayar uang muka. Sebenarnya ada banyak  project baru yang menawarkan harga yang lebih murah dan membantu pembeli dalam proses pembayaran,” kata Bjorn saat ditanya tentang tips membeli rumah bagi milenial di Jakarta pada Jumat, 13 April 2018, lalu.

Marine Novita, Country Manager Indonesia rumah.com, menambahkan saat ini pemerintah sudah banyak membantu pembeli properti, termasuk kaum milenial, dalam mempunyai hunian layak. Salah satunya dengan memberikan kebijakan agar uang muka bisa lebih rendah dari sebelumnya.

“Sekarang DP bisa 10, 15%. Itu masih bisa dicicil. Bahkan ada yang bisa DP 0%, semua tergantung kesepakatan antara pembeli dengan pengembang.” kata Marine Novita.

Ia mengatakan rata-rata pembeli milenial sekarang membeli properti pada kisaran Rp700 juta atau kurang. Dengan kisaran harga tersebut, rumah yang bisa dibeli mayoritas sudah berada di sekitaran Jakarta, seperti Bekasi dan Tangerang, dimana, masih menurut Marine, tidak menjadi persoalan besar sebab pemerintah telah menyediakan semakin banyak jenis transportasi umum, termasuk yang sedang dalam pembangunan yakni Light Rapid Transit atau LRT dan Mass Rapid Transit atau MRT.

Menyadari generasi zaman sekarang begitu mementingnya visual, rumah.com memfasilitasi pengunjung web dengan market board yang seperti kamera 360% yang bisa memandu tur detil ke rumah, terutama properti baru, ke calon pembeli.

Baca juga: IndonesiaNEXT Hadirkan Program Sertifikasi untuk Tingkatkan Keahlian Milenial

Agar lebih menggaet lebih banyak pengunjung, rumah.com mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang mempersempit kecenderungan pencarian pengunjung sebab teknologi AI akan menyimpan riwayat pencarian.