11 Aplikasi Penyedia Layanan Telemedisin Gratis Untuk Pasien Isoman COVID-19

Meningkatnya jumlah kasus positif COVID-19 membuat masyarakat lebih banyak memilih untuk melakukan isolasi mandiri. Opsi tersebut tersedia bagi mereka yang tidak bergejala atau hanya gejala ringan, sembari dipantau melalui layanan aplikasi telemedicine gratis hingga beberapa hari ke depan selama masa isolasi.

Ya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mencanangkan untuk pemberian layanan aplikasi telemedicine gratis untuk pasien isolasi mandiri, meski memang saat ini baru tersedia khusus untuk warga DKI Jakarta saja. Bekerja sama dengan 11 penyedia layanan telemedisin, pasien COVID-19 bisa mendapatkan konsultasi serta obat secara gratis, dimulai setelah melakukan hasil tes PCR atau antigen.

Baca juga: Dua Cara Mudah Download Sertifikat Vaksin COVID-19

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI mengatakan bila lewat aplikasi telemedicine ini, semua pasien COVID-19 yang terkonfirmasi positif bisa mendapatkan layanan medis tepat waktu, tanpa harus antre di rumah sakit. “Dengan demikian layanan rumah sakit dapat diprioritaskan untuk pasien dengan gejala sedang dan berat/kritis.”

Aplikasi Telemedicine Diakses Setelah Mendapat Hasil Positif

11 Aplikasi Layanan aplikasi Telemedicine - Kemenkes RI
Daftar layanan aplikasi telemedicine yang dapat diakses gratis. Hingga saat ini, baru tersedia hanya untuk wilayah DKI Jakarta.

Ke-11 aplikasi yang menyediakan layanan aplikasi telemedicine gratis untuk pasien COVID-19 tersebut adalah Halodoc, Alodokter, YesDok, KlikDokter, SehatQ, Good Doctor, KlinikGo, Link Medis Sehat, Milvik, Prosehat serta Getwell. Alurnya sendiri cukup mudah dan terstruktur, dimulai dari pasien yang melakukan tes PCR/swab antigen di lab yang terafiliasi dengan Kemenkes RI.

Jika hasil tes positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif milik Kemenkes, maka pasien akan langsung mendapat pesan WhatsApp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau sebagai penanda akun resmi). Dalam pesan tersebut, terdapat link khusus untuk konsultasi secara daring lewat 11 aplikasi di atas, lengkap dengan kode voucher.

Kode voucher berguna untuk mendapatkan layanan secara gratis pada aplikasi yang menjadi pilihan pasien. Saat konsultasi, informasikan bila termasuk dalam program Kementerian Kesehatan. Di sesi akhir, dokter akan berikan resep digital sesuai kondisi. Bila memungkinkan untuk isoman, maka obat bisa ditebus dengan gratis.

Bekerja Sama dengan Apotek Kimia Farma di DKI Jakarta

Halodoc konsultasi dokter

Obat tersebut dapat ditebus dengan mengirim pesan WhatsApp ke satu dari lima gerai apotek Kimia Farma, yang tersebar di masing-masing wilayah Jakarta. Kirimkan resep digital (dalam bentuk PDF atau tangkapan layar) dari aplikasi layanan telemedisin sebelumnya, foto KTP, serta alamat yang dituju. Obat dan/atau vitamin bakal ditanggung oleh Kemenkes, bekerja sama dengan Sicepat sebagai jasa pengiriman obat.

Menjadi salah satu dari 11 platform layanan telemedisin yang ditunjuk Kemenkes untuk berikan layanan telemedisin gratis, Halodoc memiliki komitmen untuk dukung pemerintah dalam menangani COVID-19. Terus berupaya hadirkan akses layanan kesehatan yang aman dan dapat diandalkan bagi masyarakat Indonesia.

Bila pasien tidak terdaftar atau tidak mendapatkan pesan WhatsApp dari Kemenkes, bisa menghubungi Halo Kemenkes di nomor 1500-567. Sementara apabila terdapat vitamin atau obat yang kurang atau tidak lengkap, pasien juga dapat menghubungi Kimia Farma di nomor 1500-255.

Tinggalkan komen