Produktivitas Maksimal dengan S Pen di Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Jakarta, Gizmologi – Smartphone layar lipat kini bukanlah sebuah konsep yang hanya terbayang di angan-angan saja. Sebagai produsen elektronik multinasional terkemuka, Samsung telah merilis beberapa generasi smartphone terbaiknya, termasuk lini seri Galaxy Z Fold yang unggulkan layar lipat masif.

Baru diluncurkan beberapa waktu lalu, Samsung Galaxy Z Fold3 5G hadir dengan penyempurnaan yang dibuat menyeluruh. Tak hanya itu, Samsung kini menyebutkan bila perangkat terbaiknya tersebut juga dirancang untuk produktivitas. Seolah membaw­­a DNA unggulan dari Galaxy Note series, dikenal dengan stylus S Pen yang multifungsi.

Agar dapat berikan kemampuan multitasking terbaik bagi konsumen yang aktif, Samsung Galaxy Z Fold3 5G membawa teknologi layar yang diperkuat luar dalam. Ditambah dengan One UI terbaru, memungkinkan konsumen untuk jalankan lebih dari dua aplikasi secara mudah. Berikut adalah empat poin utama bagaimana produktivitas bisa lebih baik lewat Galaxy Z Fold3 5G.

Layar Infinity Flex Display yang Mendukung S Pen

Galaxy Z Fold3 5GSaat pertama kali menggenggam smartphone layar lipat Samsung terbaru ini, pengguna tentunya bakal disambut dengan layar luar atau Cover Screen terlebih dahulu. Punya luas 6,2 inci, panel Dynamic AMOLED 2X yang digunakan kini punya refresh rate 120Hz.

Dengan begitu, konten yang ditampilkan bakal jauh lebih halus dari generasi sebelumnya, atau dengan kata lain, setara dengan layar di dalamnya. Namun tentu saja, yang menjadi bintang adalah Main Screen 7,6 inci yang tersimpan dalam mekanisme lipatan ekstra kokoh.

Pada smartphone yang bisa dilipat ini, kita bisa merasakan pengalaman memakai tablet layar besar berukuran 7,6”. Sehingga bisa menampilkan konten lebih kaya, baik untuk mendukung produktivitas maupun hiburan.

Bahkan, layar juga terlihat bebas ‘gangguan’ berkat penggunaan kamera bawah layar atau Under Display Camera. Kamera depan di bawah layar ini bakal tersembunyi ketika sedang tidak digunakan. Layar Infinity Flex Display juga dilapisi Ultra Thin Glass yang menjamin agar aman dari penggunaan sehari-hari, termasuk stylus S Pen baru.

Tetapi membawa S Pen ke Z Fold3 membutuhkan beberapa inovasi serius. Kepala Tim R&D Samsung, Dr. Won-Joon Choi, menceritakan tantangan mengadirkan S Pen di Z Fold3. Menurutnya, pengalaman S Pen sebenarnya dimulai dengan display.

Digitizer di dalam layar bekerja dengan S Pen untuk membuat EMR, atau resonansi elektro-magnetik. EMR ini mendeteksi koordinat dari apa yang Anda tulis atau gambar dan tunjukkan di layar. Teknologi EMR S Pen untuk hard display telah ada selama lebih dari 10 tahun.

Tetapi memposisikan digitizer di bawah layar fleksibel menimbulkan tantangan yang sama sekali baru. Bisa rusak karena dilipat dan dibuka seiring waktu. Pengembang Samsung meneliti dan bereksperimen selama bertahun-tahun untuk membuat digitizer untuk Fold, membangun prototipe demi prototipe, tetapi itu tidak mudah.

Untuk menciptakan pengalaman Fold dan S Pen yang benar-benar luar biasa, para engineer perlu berpikir di luar kebiasaan. Hingga kemudian ditemukan solusi revolusioner. Alih-alih mencari cara untuk meningkatkan fleksibilitas area lipat digitizer, mereka memutuskan untuk menggunakan digitizer terpisah di setiap sisi area lipat.

Bekerja sama dengan Wacom, Samsung mengembangkan cara untuk menghubungkan dua digitizer terpisah, sehingga keduanya beroperasi sebagai satu panel. Untuk mendukung bentuk baru ini, algoritma baru dibuat untuk menghitung sinyal dari kedua digitizer sehingga mereka dapat mengenali koordinat di area lipat, sambil meminimalkan kesalahan. Melalui keahlian dan penelitian yang cermat, Samsung dapat menciptakan digitizer pertama untuk layar lipat kami, yang kompatibel dengan S Pen.

S Pen yang Dirancang Aman untuk Layar Fleksibel 

S Pen Galaxy Z Fold3Ya, untuk pertama kalinya, smartphone layar lipat terbaik dari Samsung kini mendukung stylus pendukung produktivitas yaitu S Pen. Setelah sebelumnya ikut hadir di Galaxy S21 Ultra, kini layar utama Galaxy Z Fold3 5G juga bisa digunakan untuk mencatat maupun menggambar sesuai kebutuhan pengguna.

Untuk memungkinkan penggunaan stylus pada layar lipat, diluncurkan stylus jenis khusus, S Pen Fold Edition. Samsung mengembangkan S Pen yang aman digunakan dengan layar fleksibel. Edisi S Pen Fold dirancang dengan ujung karet baru yang membulat dan lembut saat disentuh. Tim engineer juga menambahkan pegas internal di ujung tip 1,5mm yang bertindak sebagai peredam kejut, yang secara otomatis bereaksi terhadap tekanan pena. Sehingga menghaluskan dan melembutkan tekanan berlebihan pada ujung pena.

Punya dimensi kompak dengan bobot 6,3 gram, aksesori ini sudah punya teknologi low latency, agar proses sketsa serasa di atas kertas tanpa delay, plus sensitivitas tekanan hingga 4096 level. Respon layar terhadap S Pen meningkat sebesar 40% untuk memberikan pengalaman menulis tangan yang mulus dan mantap kepada pengguna.

Sekarang, pengguna dapat bekerja dan bermain dengan cara yang benar-benar baru berkat S Pen untuk Galaxy Z Fold3 seperti membuat catatan sambil menonton video atau menulis di buku harian. Bila ingin lebih nyaman, S Pen Pro juga hadir dengan opsi tombol tambahan, dukungan multi-device bersama perangkat Samsung lainnya, serta fitur pencarian apabila hilang lewat aplikasi SmartThings.

Pada pengembangan S Pen di Z Fold3 ini, Samsung juga bermitra dengan Microsoft untuk mempermudah kolaborasi pada pengguna. Misalnya di Microsoft Teams, pengguna dapat menikmati panggilan video dan berbagi dokumen dengan mudah. Juga ada whiteboard virtual yang dirancang untuk Fold dan S Pen, di mana pengguna dapat bertukar pikiran, berbagi, dan mengembangkan ide.

Pengalaman Multitasking Lebih Baik

Samsung galaxy z fold3 5g multi taskingDengan Galaxy Z Fold3, kamu dapat melakukan lebih banyak hal daripada yang dapat dilakukan pada ponsel cerdas biasa. Layar besar tak hanya sekadar nyaman untuk digunakan saat konsumsi media hiburan saja. Karena ketika layar terbuka, maka pengguna bisa merasakan pengalaman tak hanya seperti tablet, tetapi juga PC.

Samsung telah berkolaborasi dengan sejumlah mitra untuk menghadirkan pengalaman yang lebih intuitif kepada di layar yang lebih besar ini. Dengan Z Fold3, multitasking menjadi mudah— berkat taskbar. Sematkan aplikasi favorit ke taskbar untuk akses cepat, seperti yang dilakukan di PC. Pengguna bahkan dapat menggunakannya untuk membuka banyak aplikasi tanpa kembali ke layar Utama.

Samsung Galaxy Z Fold3 memang dirancang untuk memaksimalkan produktivitas. Misalnya ketika membuka file yang diterima langsung dari aplikasi Teams, cukup seret dan lepas aplikasi Microsoft Office dari Taskbar. Kemampuan multi-instance ini bikin mudah untuk mengerjakan dua dokumen, menyalin dan menempel di antara file, memindahkan data, dan menyelesaikan semua pekerjaan. Itu adalah pengalaman seperti PC yang pas di saku.

Dengan software yang disempurnakan, One UI 3.1 pada Galaxy Z Fold3 5G telah dioptimalkan untuk Flex Mode yang ditingkatkan. Layar dapat dilipat 90 derajat, dengan tampilan layar atas menayangkan video dan layar bawah jalankan aplikasi sketsa dengan S Pen.

Apakah terbatas dua aplikasi saja? Tentu tidak. Secara total, pengguna bisa jalankan tiga aplikasi secara nyaman, bahkan dengan lima aplikasi lainnya dalam mode pop-up window. Kamu bisa lakukan panggilan lewat Google Meet, akses situs produk sembari mencatat dengan stylus dalam satu waktu.

Ingin jalankan lebih dari satu aplikasi dengan mudah? App Pair solusinya, di mana kamu bisa membuat pintasan sekali sentuh dan layar langsung tampilkan aplikasi email dan catatan, tanpa harus trigger keduanya secara manual.

Untuk memaksimalkan kegiatan multitasking, Samsung telah bekerja sama dengan beragam pengembang aplikasi termasuk Google, Microsoft, hingga TikTok agar layar besarnya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Dengan beragam benefit yang dibawa untuk maksimalkan produktivitas, Samsung Galaxy Z Fold3 5G hadir dengan banderol harga resmi yang jauh lebih murah. Konsumen bisa mendapatkannya dengan harga Rp24,999 juta untuk varian memori 128GB & Rp26,999 juta untuk opsi 256GB.

Hadir dalam warna Phantom Black, Phantom Green & Phantom Silver, pre-order masih dibuka hingga 29 Agustus 2021 mendatang lewat www.galaxylaunchpack.com. Konsumen bakal mendapatkan bonus hingga Rp5,239 juta, terdiri dari proteksi tambahan Samsung Care+ selama 1 tahun, e-voucher hingga Rp1,5 juta untuk pembelian aksesori dan cashback hingga Rp1 juta dengan pembayaran melalui bank tertentu.


Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia

Tinggalkan komen