alexa

Clubhouse Android Sudah Tersedia Secara Global Minggu Ini

Kabar baik bagi Gizmo friends pengguna smartphone Android yang ingin join klub diskusi yang ada di Clubhouse. Setelah informasi terkait versi private beta muncul di awal bulan, kini informasi terkait ketersediaan Clubhouse Android sudah semakin cerah. Aplikasi tersebut bakal hadir untuk semuanya alias secara global di minggu ini.

Meski pamornya sudah tidak seramai beberapa bulan lalu, pengguna aktif aplikasi Clubhouse sendiri tak bisa dibilang sedikit. Dari data yang dikumpulkan oleh firma riset Apptopia, setidaknya masih ada sekitar 2 juta pengguna aktif harian. Walaupun nilai tersebut sudah turun sekitar 68% dari waktu-waktu sebelumnya. Bisa jadi, bakal bertambah kelak Clubhouse Android tersedia.

Dan sedikit berbeda dari aplikasi lainnya, durasi penggunaan Clubhouse juga cenderung lebih lama. Hal tersebut karena pengguna umumnya bakal mencari room atau sesi ruangan diskusi virtual berbasis audio yang cocok bagi mereka. Setelah itu, aplikasi bisa di-minimize atau disembunyikan sembari akses aplikasi lainnya, selayaknya aplikasi streaming musik seperti Spotify.

Baca juga: Reddit Talk Lahir Sebagai Kompetitor Clubhouse, Masih Dalam Tahap Ujicoba

Indonesia Kebagian Clubhouse Android Hari Jumat Mendatang

Clubhouse Android

Kabar terkait tersedianya Clubhouse Android secara global dalam waktu dekat datang dari akun Twitter resmi maupun blog resmi mereka. Pihak Clubhouse pun menyampaikan alasan dari mengapa perkembangannya bisa dibilang secara perlahan, dan dimulai dari satu platform yaitu hanya iOS. Tujuannya agar setiap perkembangan selalu dapat diukur.

Tim internal yang dibentuk kecil, dan mereka selalu menerima masukan dari para penggunanya selama proses pengembangan. Hal tersebut demi kelancaran perkembangan komunitas, agar tidak menjadi kacau ketika membesar terlalu cepat. Itulah alasan mengapa hingga saat ini masih menggunakan sistem undangan atau invitation dari sesama pengguna lainnya.

https://twitter.com/Clubhouse/status/1393968237239545856

Seperti yang tertera pada twit di atas, Clubhouse Android versi beta bakal tersedia secara bertahap di beberapa negara terlebih dahulu. Jepang, Brazil dan Rusia bakal lebih dulu di hari Selasa, disusul oleh Nigeria dan India pada hari Jumat. Sementara secara global untuk bagian negara lain bakal tersedia di hari yang sama, namun di penghujung hari Jumat.

Namun versi awal dari Clubhouse Android masih bakal memiliki limitasi. Di antaranya belum bisa mengikuti sebuah topik, belum adanya fitur terjemah langsung di dalam aplikasi, pembuatan sebuah klub, maupun menambahkan akun media sosial Twitter & Instagram pada profil. Ke depannya, Clubhouse bakal terus lakukan perbaikan agar kualitasnya bisa menyamai platform iOS.

Platform Mulai Dimanfaatkan Untuk Beragam Keperluan

Clubhouse Creator First

Dalam kesempatan yang sama, pihak resmi juga menyebutkan bila platform diskusi audio mereka telah digunakan sebagai wadah atau medium untuk menyampaikan aspirasi secara universal. Setelah Amerika Serikat, beberapa negara lain mulai ikut aktif dalam tujuan penggunaan yang sama. Di Georgia, misalnya, para petani dapat tersambung dengan pengusaha di Tanzania.

Kemudian di India, penikmat film mulai banyak yang membuat klub di Clubhouse, dan negara lain seperti Jerman serta wilayah Timur Tengah di mana banyak yang membuka ruang debat maupun kuis. Supaya berkembang secara positif, sistem undangan bakal terus diberlakukan. Tujuannya agar semua orang yang hadir ke Clubhouse tidak secara asal, alias teman yang memang sudah kamu sebagai pengguna kenal sebelumnya.

Dikutip dari Android Central, belakangan ini jumlah room atau ruang digital di dalam platform bertambah rata-rata 300 ribu per harinya. Sementara jumlah yang benar-benar aktif berkisar antara 5,000 hingga 15,000, dengan rata-rata durasi penggunaan sekitar 60 menit.

Tinggalkan komen