Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Aplikasi HERE WeGo Hadir di AppGallery, Alternatif Google Maps

0 1.237

Sejak “dicerai” oleh Google, Huawei terus berupaya menyediakan berbagai aplikasi alternatif yang mendukung Huawei Mobile Services. Salah satu prestasi adalah berhasil membawa aplikasi navigasi HERE WeGo ke App Gallery.

Aplikasi ini bisa menjadi alternatif yang baik mengisi ketiadaan Google Maps. Tanpa Google Mobile Services, aplikasi Google Maps tidak bisa dijalankan pada smartphone flagship Huawei seperti Huawei P40 Pro, misalnya.

Beberapa orang mengatasinya dengan meng-install Google Maps Go yang diunduh dari luar AppGallery. Aplikasi tersebut masih bisa berfungsi karena dibuat web-based, namun tentunya dengan fitur yang lebih terbatas dari versi biasa.
Baca juga: Huawei Hadirkan Aplikasi Logistik dan Penyedia Telekomunikasi Lokal di AppGallery

Asal Usul Aplikasi HERE WeGo

Nokia HERE Maps
Aplikasi HERE Maps pada smartphone Nokia.

Untuk itulah HERE WeGo hadir. Mungkin beberapa dari kamu belum familiar dengan nama HERE. Flashback ke belasan tahun lalu, smartphone dari Nokia dilengkapi dengan aplikasi peta milik mereka sendiri, saat itu dinamakan Ovi Maps. Tak lama, namanya berganti menjadi Nokia Maps, yang juga hadir di smartphone dengan sistem operasi Symbian serta Windows Phone.

Setelah era Lumia Windows Phone 8, Nokia memutuskan untuk mengganti nama aplikasi navigasi tersebut menjadi HERE Maps, dengan fitur-fitur yang bisa dibilang sebanding dengan Google Maps. Ketika Nokia merilis ponsel dengan AOSP, aplikasi HERE Maps juga mulai tersedia untuk Android.

Sama seperti layanan streaming musik, Nokia Music yang akhirnya dilepaskan ke LINE, Nokia juga memutuskan untuk melepaskan divisi HERE Maps ke pihak lain. Dikutip dari Nokianesia, pada tahun 2015, HERE diakuisisi oleh sebuah konsorsium otomotif yang teridiri dari BMW Group, Audi AG dan Daimler AG senilai 2,8 miliar Euro. Yup, mobil mewah seperti BMW menggunakan platform HERE sebagai basis kebutuhan navigasi mereka. Jadi jangan heran jika fitur dan kelengkapan petanya sudah sangat mumpuni.

Fitur Keunggulan HERE WeGo

HERE WeGo

HERE WeGo sendiri memiliki fitur transportasi yang lengkap, seperti memesan taksi secara langsung dari aplikasi, dan menghadirkan informasi transportasi umum di lebih dari 1300 kota di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, HERE WeGo juga sudah mendukung street view. Armada mobil dari HERE sudah tersebar dan berkeliling Indonesia sejak lima tahun lalu untuk menangkap gambar jalanan di beberapa kota besar di Indonesia.

Dan tentunya, fitur offline maps juga tersedia di HERE WeGo, agar kamu bisa bebas bernavigasi tanpa takut kuota habis. Kalau kamu pengguna Huawei Mate30 Pro maupun Huawei P40 Pro, aplikasi ini sudah tersedia dan bisa kamu unduh langsung dari Huawei AppGallery, atau lewat tautan berikut ini.