Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Mengenal DailyAct, Platform Media Sosial Besutan Anak Muda Indonesia

Media sosial bukan hanya Facebook, Instagram, dan Twitter saja yang memang sangat populer karena sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Ada sejumlah anak muda Indonesia yang berambisi membangun layanan media sosial sendiri. Platform tersebut adalah DailyAct.

Aplikasi media sosial lokal tersebut diciptakan visi mulia, yakni menciptakan lingkungan positif dalam kehidupan bersosialisasi digital. Gizmologi berkesampatan mencoba platform yang menurut rencana akan diluncurkan pada 21 Agustus 0219 tersebut.

Kendati masih baru, tetapi startup pengembang aplikasi DailyAct ini tergolong cukup berambisi. Mario Michael Setiawan, CEO DailyAct mengungkapkan timnya menargetkan 1 juta pengguna dalam beberapa bulan ke depan. “Kami berharap angka pengguna akan terus berkembang seiring dengan produk kami yang juga ikut bertumbuh bersama,” ujar Mario, saat jumpa pers di Jakarta (5/8/2019).

Target tersebut bukan hanya datang dari pengguna di Indonesia, melainkan juga dari negara-negara seputar Asia Tenggara. Sebenarnya, seperti apa platform media sosial baru ini hingga timnya begitu berambisi meraih 1 juta pengguna? Mari kita bedah lebih jauh.

DailyAct

Sepele Tapi Berisiko, Ini 5 Kesalahan Umum di Media Sosial

Fitur DailyAct

Related Posts
1 daripada 43

Berfokus pada konten, kehadiran DailyAct diharapkan mampu memotivasi para pengguna untuk mengembangkan diri, menjalin relasi, serta menyeimbangkan kehidupan. Kalau dilihat sekilas dari antarmuka di atas, aplikasi DailyAct terlihat mirip Instagram. Namun ketika dikulik lebih jauh, aplikasi ini berbeda.

Salah satu fitur media sosial yang dihadirkan adalah “Indicator” dengan kategorisasi sports, hobbies, travels, works dan social. Nantinya, kategori-kategori ini digunakan oleh pengguna saat mengunggah konten agar pengguna mampu memonitor aktivitas kesehariannya.

Pengguna pun mampu menunjukan hal-hal yang paling mereka sukai ke sesama di dalam fitur “My Favorite Things”. di dalam fitur ini, selain menunjukan kesukaan masing-masing, para pengguna juga nantinya akan diberikan kesempatan untuk saling berkomunikasi bahkan membuka peluang berkolaborasi dengan pengguna lain.

Di dalam interaksi terhadap sesama pengguna, DailyAct mewadahi kekaguman pengguna terhadap pengguna lainnya melalui fitur “Admire”. Dengan menyematkan status admire di pengguna yang memang dikagumi, maka relasi saling menghargai terhadap sesama pengguna akan mampu terciptakan.

DailyAct
Screenshot aplikasi DailyAct

Fitur lainnya yaitu “Collection” membebaskan pengguna untuk mengurasikan konten-konten yang ingin ditunjukan ke calon pengikut akun pengguna. Adanya fitur ini membuat pengguna bisa memberikan gambaran dirinya sebelum pada akhirnya relasi antar pengguna dilanjutkan ke tahap mengikuti (following).

Di tahun mendatang, DailyAct merencanakan adanya penambahan fitur-fitur lain yang mampu mewadahi kebutuhan bersosial secara digital. Fitur-fitur tersebut dihadarkan demi tercapainya tujuan DailyAct sebagai one-in-all social companion bagi para pengguna.

Pertanyaan mendasar tentunya, apakah aplikasi ini sanggup melawan hegemoni Facebook, Twitter, dan Instagram? Tentu tidak bisa menjawabnya sekarang, karena aplikasi media sosial ini pun masih belum diluncurkan. Jika aplikasi ini memiliki killer feature yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna, bukan tidak mungkin nantinya akan menjadi unicorn. Tetapi bisa juga layu sebelum berkembang. Banyak sekali faktor penunjang kesuksesan aplikasi.