Jakarta, Gizmologi – Di era social commerce, masyarakat cenderung mencari pendapatan tambahan dengan memasarkan produk UMKM lokal dengan cara lebih interaktif. Hal tersebut melatarbelakangi Tokopedia untuk menghadirkan program “Dipromosikan Affiliate” bagi konsumen.
Seperti diketahui, sejak 2022, Tokopedia telah menghadirkan program Affiliate untuk mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk atau toko di Tokopedia melalui link afiliasi yang bisa dibagikan lewat konten media sosial.
“Jadi, Affiliate dapat memperoleh penghasilan tambahan yang makin tinggi, sedangkan produk atau toko pelaku usaha bisa makin laris manis,” kata Nirmala Hapsari. Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia dalam keterangannya, Rabu (6/9/2023).
Kini Tokopedia ingin memaksimalkan dampak Tokopedia Affiliate melalui program baru yakni Dipromosikan Affiliate. Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20 persen kepada Affiliate.
Jadi pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) bisa meraih komisi hingga 10 persen setiap produk berhasil terjual dari link afiliasi yang mereka bagikan. Ada juga komisi tambahan Rp10 untuk setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate.
“Siapa pun dengan media sosial yang aktif–tanpa minimal jumlah followers–bisa mendaftar sebagai Affiliate. Inisiatif Tokopedia Affiliate sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia,” jelas Nirmala.
Kehadiran Tokopedia Affiliate disambut positif oleh masyarakat. Terbukti dari jumlah Affiliate yang naik hampir 16 kali lipat pada Juni 2023, dibandingkan dengan akhir bulan pertama saat Tokopedia Affiliate diluncurkan.
Baca Juga: Panas-Panas Gini Penjualan Layangan di Tokopedia Naik Sampai 4 Kali Lipat
Dipromosikan Affiliate Tokopedia

Selain mempermudah masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan, Tokopedia melalui inisiatif Tokopedia Affiliate juga berupaya membantu tumbuh kembang bisnis para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM.
“Pada kuartal II 2023, penjual yang memakai fitur ‘Dipromosikan Affiliate’ di Tokopedia mengalami peningkatan kunjungan halaman produk rata-rata hampir 4 kali lipat, dibandingkan penjual yang belum memakai fitur tersebut,” ungkapnya.
Sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang inklusif, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif guna membantu siapa pun mengasah skill menjadi influencer berkomisi. Salah satunya, Akademi Kreator Tokopedia.
Program ini mewadahi Affiliate berkomunitas dan memberikan akses gratis terhadap berbagai materi edukasi yang bisa mengasah skill sebagai kreator konten. Seperti membuat skrip video, membuat konten yang menarik banyak audience dan masih banyak lagi.
Selain itu, Tokopedia rutin menyelenggarakan festival tahunan GEMBIRA: Brands and Creators Day sebagai wadah bagi Affiliate untuk memperluas koneksi dengan sesama kreator konten dan brand. Mendapat wawasan lewat talkshow edukatif dan mengikuti berbagai aktivitas dan produk eksklusif.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




