Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Facebook Messenger Kids Tersedia di 70+ Negara Termasuk Indonesia

1 4.363

Menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak, Facebook juga terus mengembangkan platform messenger mereka. Beberapa waktu, Facebook Messenger telah diperbarui dengan peningkatan performa serta integrasi metode pembayaran Google Pay.

Kali ini, giliran platform messenger untuk anak, Facebook Messenger Kids yang ditingkatkan. Mulai 22 April kemarin, Facebook Messenger tersedia di lebih dari 70 negara, dan akan terus bertambah kedepannya. Facebook berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk komunikasi selama masa pandemi Covid-19 berlangsung.

Facebook melakukan hal tersebut mengingat kebutuhan masyarakat saat ini yang sedang menerapkan physical distancing, dimana sekolah diliburkan dan kelas diadakan secara digital antara guru dengan muridnya. Aplikasi seperti Facebook Messenger Kids dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi antar pihak sekolah maupun teman dan keluarga.

Facebook Messenger Kids Hadir di Indonesia

facebook messenger kids

Facebook membangun Messenger Kids dengan tim pihak ketiga yang fokus pada keamanan dan perkembangan anak, serta pihak organisasi seperti Safer Internet Day dan Agent of Change Foundation. Bersamaan dengan dirilisnya aplikasi ini untuk lebih banyak negara, Facebook memperkenalkan tiga fitur baru untuk memudahkan anak terhubung dengan teman.

Sebelumnya, tiap kontak yang akan menjadi teman akun anak harus melalui akun orang tua terlebih dahulu. Kini Facebook Messenger Kids memiliki fitur ‘Supervised Friending’, dimana orang tua bisa membebaskan anak menambahkan atau menerima undangan pertemanan, namun tetap bisa mengambil alih keputusan jika diperlukan.

Ketika akun anak menerima teman baru, orang tua akan mendapatkan notifikasi lewat Messenger. Informasi tersedia dalam panel Parent Dashboard, yang juga dapat melihat aktivitas anak selama menggunakan aplikasi. Fitur ini bakal hadir di Amerika Serikat terlebih dahulu, menyusul negara lain dalam beberapa waktu mendatang.

Selain itu, fitur grup juga akan hadir ke aplikasi khusus anak ini. Hal tersebut didasari kebutuhan akan partisipasi anak dalam sebuah klub olahraga, kegiatan ekstrakurikuler dan sebagainya. Baik guru, orang tua serta kepala organisasi akan dapat memanfaatkan fitur ini segera. Setelah tergabung dalam sebuah grup, tiap anggota bebas berkomunikasi satu sama lain baik secara grup maupun personal.

Privasi Diutamakan di Facebook Messenger Kids

facebook messenger kids

Selain itu, tentunya yang penting bagi aplikasi anak adalah akses orang tua untuk mengendalikan akun anak supaya tetap aman. aplikasi Facebook Messenger Kids dibangun dengan fitur Parental Control yang diutamakan. Lewat tampilan Parent Dashboard, para orang tua dapat mengunduh data informasi penggunaan aplikasi anak mereka kapanpun dengan mudah.