Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Berkirim DM Instagram Kini Bisa Langsung Lewat Browser PC

0 1.488

Meski ada banyak cara dan platform untuk berkirim pesan, seperti WhatsApp, Telegram dan iMessage, tak sedikit orang yang lebih memilih untuk menggunakan fitur direct message atau DM baik Twitter maupun DM Instagram.

Alasannya sih biasanya karena faktor kepraktisan. Instagram termasuk salah satu media sosial yang paling sering diakses, selain Twitter maupun Facebook. Wajar jika beberapa orang memilih untuk berikirn pesan lewat DM Instagram agar tidak perlu berpindah-pindah aplikasi.

Untuk mempermudah komunikasi antar pengguna di Instagram, perusahaan tersebut memutuskan untuk rilis fitur DM kedalam versi web atau peramban PC (desktop site). Sebelumnya, lewat versi web pengguna sudah bisa melihat postingan following, termasuk Instagram Stories, berkirim komentar dan lainnya.

Dikutip dari The Verge, Instagram sendiri telah menguji coba fitur ini sejak Januari lalu, lewat sebuah grup beta tester. Tak banyak yang berubah dari versi final yang sudah diluncurkan saat ini, kecuali penambahan tombol emoji serta tombol untuk akses file media dalam PC.

Alasan Dirilisnya DM Instagram

DM instagram desktopDalam situasi pandemi seperti sekarang ini, mungkin sebagian dari kamu lebih sering berinteraksi di rumah menggunakan perangkat komputer, mengakses media sosial sembari bekerja dari rumah. Hadirnya DM Instagram untuk browser PC akan memudahkan banyak pihak, seperti jurnalis, influencer, maupun orang yang bekerja dalam bidang media sosial lainnya untuk berkirim pesan satu sama lain lewat satu perangkat secara langsung.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg sendiri sebelumnya telah menyampaikan kepada New York Times jika pesan pribadi, grup maupun Stories adalah tiga area komunikasi digital dengan perkembangan tercepat. Visinya ke depan adalah memungkinkan pengguna Facebook, Instagram dan WhatsApp untuk berkirim pesan satu sama lain, terlepas dari platform yang masing-masing pengguna gunakan.

Cara Akses DM Instagram dari Browser PC

tampilan DM Instagram pada browser PC

Fitur DM Instagram ini diluncurkan secara bertahap ke semua pengguna. Untuk mengujinya, kamu bisa akses web resmi Instagram dari browser favoritmu lewat perangkat PC maupun Mac. Setelah berhasil login, kamu bisa menemukan tombol DM di sisi atas kanan, dengan logo yang sama seperti pada versi aplikasi di ponsel.

Klik tombol tersebut, dan kamu akan disambut dengan tampilan yang serupa pada ponsel. Dengan begitu, kamu bisa berkirim DM Instagram dengan teman langsung saat sedang menggunakan komputer. Tidak perlu berpindah-pindah dari ponsel ke laptop. Fitur lainnya seperti mengirim post Instagram Stories seseorang lewat DM juga bisa digunakan.

Sebelumnya, pengguna perangkat Windows 10 memang sudah bisa mengakses DM Instagram lewat aplikasi resmi yang ada di Microsoft Store. Namun dengan dihadirkannya fitur tersebut untuk browser, sudah tidak ada alasan lagi menggunakan versi aplikasi Windows. Pun keduanya tak bisa digunakan untuk mengunggah foto maupun Instagram Stories. Semoga kedepannya Instagram bisa menghadirkan kedua fitur tersebut, supaya pengguna semakin mudah untuk memperbarui profilnya lewat perangkat mana saja.