Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Edit Video Mudah Lewat Aplikasi Soloop dari Smartphone OPPO

0 5.150

Salah satu platform media sosial yang paling diminati masyarakat saat ini adalah Instagram. Dengan Instagram Stories, teman dan keluarga bisa saling berbagi kabar terbaru, utamanya melalui video singkat. Setiap postingan bisa terdiri dari satu video berdurasi 15 detik, dan tentunya akan terlihat membosankan jika video minim variasi. Untuk itu, OPPO hadirkan aplikasi bernama Soloop.

Lewat aplikasi ini, kamu dapat memberikan variasi pada postingan video yang ingin kamu unggah langsung dari smartphone, baik ke Instagram Stories, WhatsApp/Facebook Status sampai TikTok sekalipun. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan langsung terinstall pada beberapa smartphone OPPO yang gunakan ColorOS 7, seperti Find X series, OPPO Reno 3 series atau OPPO A92.

Edit video menggunakan aplikasi Soloop sangat gampang. Anggap saja, apa yang perlu kamu lakukan adalah fokus mengabadikan momen video yang banyak, sisanya tinggal kasih ke Soloop untuk digabungkan dan diolah menjadi video yang lebih menarik. Aplikasi ini akan menambahkan frame, teks, mengubah tone warna serta musik yang sesuai dengan konten video yang diberikan.

Baca juga: OPPO A92 Resmi Dijual di Indonesia, Gantikan Seri A9 (2020)

Edit Video Mudah Lewat Mode Auto Generate

Soloop auto generate
Mode ini berikan tampilan editing simpel dengan ragam template yang bisa dipilih.

Ketika dibuka, aplikasi Soloop menyediakan dua opsi edit video. Yang paling mudah adalah mode Auto Generate. Setelah pilih mode, pilih beberapa video yang ingin kamu gabungkan menjadi satu video singkat, baik dari perangkat lain maupun dari hasil rekam video smartphone OPPO kamu. Pilih next, dan kamu akan masuk ke tampilan edit video yang cukup simpel.

Di bagian atas, kamu dapat memilih rasio video sesuai selera. Video sudah digabung secara otomatis dan diberikan template menarik, yang bisa kamu ganti secara langsung jika merasa kurang cocok. Kamu juga masih bisa mengatur durasi tiap potongan video secara manual lewat menu Clips, mengganti musik dengan file audio yang tersimpan di memori penyimpanan, maupun mengganti filter.

Jika sudah, tinggal tap tombol Generate. Video akan langsung tersimpan dan kamu bisa bagikan langsung ke Instagram ataupun media sosial lainnya. Jika metode ini terasa terlalu simpel dan kamu ingin edit video lebih personal, kamu bisa gunakan mode Edit Manually.

Soloop Juga Berikan Mode Edit Video Manual

Soloop mode manual
Lebih kreatif dengan variabel editing yang komprehensif.

Cara awalnya masih sama, pilih beberapa video yang ingin digabung menjadi satu. Bedanya, pada mode ini, kamu bisa menambahkan 1-2 video di antara potongan video lainnya ketika sedang melakukan proses editing, menambah fleksibilitas. Kamu juga tentunya bisa menambahkan musik, filter, efek transisi serta lainnya.

Pada mode Trim, kamu bisa meng-edit masing-masing video seperti memberikan animasi, mempercepat durasi, memutar video sampai membuat video berjalan mundur. Untuk menambahkan keterangan, kamu juga bisa berikan subtitle pada detik-detik tertentu, ala konten video TikTok yang sedang ramai.

Dengan aplikasi Soloop, kamu bisa edit video dengan mudah langsung dari smartphone OPPO. OPPO juga mengadakan tantangan dengan tagar #ColorMyRamadan bersama sang brand ambassador, Cinta Laura Kiehl. Berlangsung hingga 30 Mei 2020, peserta yang unggah hasil video menggunakan aplikasi Soloop dapat mengikuti tantangan tersebut untuk memenangkan OPPO Reno 3 series.