Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dell Latitude 9000 Series (2021) Punya Teknologi Webcam SafeShutter

0 3.875

Selain perangkat yang didesain khusus gaming serta konsumen secara general, pasar notebook atau laptop juga didominasi oleh perangkat kelas bisnis. Wajar saja, mengingat kebutuhan akan jenis perangkat tersebut cukup tinggi, terutama pada tingkat organisasi atau perusahaan. Untuk itu, Dell baru saja perbarui seri laptop Dell Latitude 9000 untuk tahun 2021.

Dirilis untuk penuhi kebutuhan bisnis, Dell Latitude adalah penawaran terbaik dari perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang didirikan sejak 1984 tersebut. Selain performa tinggi yang dibawa dari prosesor Intel generasi ke-11, Dell Latitude seri terbaru ini juga bakal mengusung fitur canggih terbaru, dinamakan “SafeShutter”.

Fitur tersebut dirancang untuk mengatasi kebutuhan akan privasi konsumen. Umumnya, laptop-laptop bisnis yang ada saat ini dilengkapi dengan penutup kamera fisik, di mana masih ada risiko ketika pengguna lupa untuk menutupnya setelah melakukan panggilan video. Atau, kalau tanpa penutup, solusi yang banyak diterapkan adalah dengan menempel stiker secara manual.
Baca juga: Dell Luncurkan XPS 15 & XPS 17 2020, Dirancang Khusus untuk Kreator

Dell Latitude 9520 & 9420 Hadir dengan SafeShutter

Dell Latitude 9000 series (2021)

Namun di era di mana panggilan video cukup sering dilakukan dari laptop selama pandemi, alternatif seperti menutup stiker bakal terasa kurang relevan. Di sinilah peran fitur SafeShutter milik Dell Latitude hadir. Lewat fitur tersebut, penutup kamera bisa melakukan proses buka tutup secara otomatis, bakal terbuka saat sedang melakukan Zoom call dan tertutup otomatis ketika sudah selesai.

Selain secara otomatis, pengguna juga bisa secara manual menutupnya denhan mudah, lewat tombol “mute” yang sudah disediakan. Solusi ini dinilai praktis, serta aman bagi kebutuhan bisnis. Belum ada informasi apakah Dell juga akan membawa fitur serupa di seri lainnya selain Dell Latitude rilisan 2021 tersebut.

Tak hanya itu, Dell juga berikan serangkaian fitur terbaru khusus untuk tingkatkan pengalaman berkonferensi video. Kedua seri tertinggi Dell Latitude 9420 & 9520 jadi yang pertama di dunia, membawa teknologi Intel Visual Sensing. Ada fitur background noise-cancelling, auto-mute dan fitur untuk memprioritaskan bandwidth panggilan aplikasi video.

Selain itu, fitur lain yang juga tersedia adalah fitur untuk koreksi cahaya otomatis, serta fitur untuk background blur saat panggilan video. Sementara untuk konektivitas, juga sudah mendukung Wi-Fi 6E dan jaringan 5G.

Dell juga berikan teknologi fast charging, di mana baterai dapat terisi hingga 80% dalam waktu 40 menit saja. Mengantongi sertifikasi Intel Evo, keduanya hadir dengan opsi hingga Intel Core-i7 generasi ke-11, dengan opsi RAM 32GB LPDDR4X dan SSD 1TB. Harga Dell Latitude 9420 sendiri mulai USD1,949 atau sekitar Rp27 jutaan. Sementara Latitude 9520 belum diumumkan banderol harganya.

Dell Latitude Seri 5000 Gunakan Material Bioplastik

Dell Latitude 7000 & 5000 series

Selain seri tertinggi, Dell juga perbarui seri Latitude 7000 dan Latitude 5000, hadir dalam varian layar 13,3 inci, 14 inci dan 15,6 inci. Selain prosesor baru, kualitas kamera serta mikrofonnya juga ditingkatkan demi pengalaman panggilan konferensi video lebih baik.

Namun karena lebih murah, Dell tidak memberikan opsi SafeShutter seperti pada seri Dell Latitude 9000. Hanya ada opsi penutup kamera manual saja. Khusus seri Latitude 5000, Dell gunakan material bahan bioplastik, hasil olahan dari limbah pepohonan, demi meningkatkan keberlanjutan lingkungan.

Dell Latitude 7520 dijual dengan harga mulai USD1,649 (Rp22 jutaan), sementara Latitude 5420 mulai USD1,049 (Rp14 jutaan). Keduanya bakal mulai tersedia secara global pada 12 Januari 2021 mendatang.

Tinggalkan komen