Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Empat Fitur Baru Google Duo Ini Perlancar Proses Panggilan Video

0 4.917

Google terus memperbarui aplikasi video chat atau video call mereka, Google Duo, agar dapat menarik lebih banyak pengguna untuk menghubungi lebih banyak orang selama masa pandemi berlangsung. Google bertujuan agar pengguna smartphone dapat terus tersambung dengan keluarga dan teman meski terpisahkan jarak yang jauh.

Lebih dari 10 juta pengguna telah mendaftarkan akun mereka ke Google Duo tiap minggunya, dengan jumlah waktu telepon meningkat secara masif. Melihat kesempatan ini, Google ingin terus membuat proses komunikasi menjadi mudah serta bebas gangguan, dengan beberapa fitur yang diperkenalkan berikut ini.

Fitur-Fitur Baru Google Duo

Privasi adalah hal yang juga diutamakan oleh Google, maka dari itu koneksi antar penelepon saat menggunakan layanan Google Duo dibuat terenkripsi secara end-to-end. Selain itu, Google terus mengembangkan cara supaya pengalaman menelepon selalu jernih bebas gangguan, seperti memanfaatkan AI untuk mengurangi suara noise.

Dalam beberapa hari mendatang, Google bakal gunakan video codec baru, yang bisa meningkatkan kualitas video meski koneksi internet sedang lambat. Seperti yang bisa kamu lihat pada ilustrasi di atas, video di sisi kiri menggunakan codec AV1 dengan bitrate hanya 30kbps saja.

codec video baru Google Duo
Panggilan Google Duo menggunakan codec AOMedia Video 1 (kiri) dengan bandwidth 30kbps.

Untuk menangkap momen bersama ketika menelepon, biasanya kita mengabadikan hal tersebut dengan mengambil screenshot secara manual untuk kemudian di-posting ke media sosial. Hal tersebut tak perlu lagi terjadi, karena mulai hari ini, ketika kamu menekan tombol kamera saat sedang video call, Google Duo bakal mengambil foto kedua pihak dengan ukuran yang sama. Fitur ini nantinya juga bakal hadir untuk group call di lebih banyak perangkat.

Baca juga: Jam Pintar Samsung & Google Ingatkan Pengguna untuk Rajin Cuci Tangan

Dave Citron, Group Product Manager, Google Duo menyebutkan bahwa selama empat minggu terakhir ini, penggunaan group video call pada aplikasinya meningkat sampai 8 kali. Agar tidak kalah dengan platform video conference lain, Google baru saja menaikkan limit peserta group video call pada Google Duo dari yang awalnya 8 orang menjadi 12 orang. Dan dalam beberapa minggu kedepan, jumlahnya akan ditingkatkan lebih banyak lagi.

Ketika kamu tidak bisa melakukan panggilan video, kamu bisa meninggalkan pesan video singkat kepada teman lewat Google Duo, memanfaatkan fitur-fitur menarik seperti efek augmented reality. Sebelumnya, pesan video yang dikirim bakal hilang dalam 24 jam. Nantinya Google akan membuat pesan ini tersimpan otomatis di Duo, supaya momen tidak terlewat.

ar effects google duo
Meninggalkan pesan video menggunakan AR effects di Google Duo.

Google Duo sendiri dapat diakses dari berbagai jenis platform, mulai dari web browser pada perangkat Windows, Mac, Chrome OS, dan tentunya smartphone Android serta iOS. Pada kebanyakan smartphone Android, aplikasi ini sudah terpasang dari awal, jadi kamu hanya perlu login menggunakan akun Google dan langsung siap untuk menelepon.

Saya sendiri cukup puas melakukan panggilan video lewat Google Duo. Berkat codec video yang optimal, lawan bicara terlihat jelas dan relatif lebih lancar. Google tentu punya peluang untuk menggeser FaceTime dalam hal kualitas panggilan. Namun untuk jumlah pengguna, rasanya tidak dalam waktu dekat.