Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini yang Dilakukan Facebook dan Instagram untuk Meriahkan Tahun baru Imlek 2572

0 120

Dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2572. Dalam kebiasaan Tiongkok, setiap terdapat shio (zodiak) di dalamnya. Untuk 2021, mengusung shio Kerbau dengan elemen Logam.  Meski situasi saat ini, membuat sebagian masyarakat tak bisa merayakannya, tidak mengurangi kemeriahan di dalamnya. Dengan situasi ini,  Facebook mengeluarkan sejumlah fitur menarik.

Dikutip dari Marketing Interactive, Ini seolah membawa kita untuk turut memeriahkan perayaan Imlek dari rumah. Mulai 11 Februari, pengguna dapat menikmati pengalaman bertema kemeriahan di Facebook dengan empat fitur berbeda. Setelah mengklik logo Facebook Tahun Baru Imlek yang disesuaikan akan membuka gerbang ke konten Tahun Kerbau.  Fitur berikutnya, pengguna dapat mengubah foto profil mereka menjadi avatar stiker bertema Tahun Baru Imlek yang meriah.

Baca juga: Pembaruan Facebook Messenger, Tangkal Pesan yang Tidak Diinginkan

Avatar yang telah kita atur,  memungkinkan seseorang untuk terlibat dengan cara yang lebih pribadi. Selain itu, memungkinkan seseorang berbagi berbagai emosi dan ekspresi melalui persona digital yang secara unik mewakili diri mereka sendiri.

Foto Profil dan Stiker Bernuansa Imlek

Imlek 2572
foto profil facebook edisi imlek 2572 (tangkapan layar pribadi tbl)

Facebook juga dapat menampilkan foto profil pengguna dengan bingkai Imlek. Dengan begitu foto profil kita dapat menampilkan suasana kemeriahan Imlek. Tak hanya itu, terdapat stiker yang telah tersedia. Stiker ini terdiri atas elemen-elemen Imlek tahun ini seperti adanya unsur shio-shio, ucapan selamat tahun baru Cina, dan stiker lainnya.  Efek dan filter semakin populer di kalangan masyarakat, apalagi fitur ini ditawarkan oleh Facebook untuk perayaan Tahun Baru tahun ini.

Instagram Tampilkan Stiker dan Efek Foto Bernuanasa Imlek

contoh stiker instagram edisi imlek 2572
ilustrasi stiker instagram edisi imlek 2572 (tangkapan layar pribadi tbl)

Instagram juga tak mau kalah dalam membagikan fitur-fitur terbarunya dalam meriahkan Imlek. Media sosial berbasis foto ini, meluncurkan stiker dan filter wajah bertema dengan tagar #TahunKerbauLogam.

Instagram merilis paket baru tiga stiker yang dibuat oleh desainer grafis dan ilustrator Naomi Otsu. Stiker yang mewakili Tahun Kerbau ini akan tersedia hingga 17 Februari. Ketika menggunakan stiker ini, secara otomatis warna yang ada pada lingkaran Stories akan  berubah menjadi warna gradasi merah selama 24 jam mendatang.

Baca juga: Instagram, Twitter, dan TikTok Kompak Perangi Pencurian Akun Terkait “OGUsers”

Seluruh Stories yang menggunakan stiker ini juga dapat dilihat melalui kumpulan Stories gabungan (Multi-Author Stories). Dengan demikian, pengguna bisa melihat dengan mudah  kumpulan Stories dari berbagai teman yang mereka miliki dan  dapat saling menyapa satu sama lain.  Untuk mengakses stiker ini, para pengguna cukup membuat Stories baru dan klik ikon smiley berbentuk kotak yang terdapat di pojok kanan atas layar.

Selain itu, fitur yang diluncurkan adalah filter Augmented Reality (AR) baru untuk Stories yang menyoroti berbagai tanda Zodiak Cina. Melengkapi perayaan tersebut, akun @instagram akan menampilkan penampilan dari Moon-mi You, food artist asal Korea pada hari Kamis (11/02), dan Lily Hevesh, seorang artis domino asal AS, pada hari Jumat (12/02).