Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pembaruan Facebook Messenger, Tangkal Pesan yang Tidak Diinginkan

0 170

Facebook terus  berkomitmen meningkatkan keamanan untuk aplikasi Messenger. Dengan memperkenalkan beberapa fitur privasi dan keamanan tahun lalu, termasuk pembatasan penerusan pesan dalam upaya menghentikan penyebaran informasi palsu. Sebelumnya, perusahaan media sosial tersebut menambahkan fitur App Lock yang dirancang untuk membuka aplikasi Messenger menggunakan Face ID atau Touch ID.

Memperingati Hari Internet Lebih Aman setiap tanggal 11 Februari, Facebook terus mengingatkan semua orang tentang fitur privasi yang dimasukkan ke dalam Messenger. perusahaan menambahkan  peningkatkan opsi di sekitar Permintaan Pesan. Dengan fitur ini, membuat pengguna lebih mudah untuk menghapus secara massal dan memblokir akun yang mencurigakan.

Selain itu, perusahaan mengatakan, mereka sedang mengerjakan cara baru untuk memudahkan orang melaporkan pelecehan dan pelecehan, dengan memberikan masukan yang lebih baik tentang status pesan yang telah pengguna laporkan.

Baca juga: Cara Membuat Facebook Avatar yang Sedang Viral
facebook messanger
Facebook Messenger (messengernews.fb.com)

 

Dikutip Engadget, Facebook ingin mengarahkan orang-orang ke beberapa fitur privasi yang sudah diterapkannya, terutama yang diluncurkan musim panas lalu. Itu termasuk Kunci Aplikasi, yang terkait dengan keamanan biometrik ponsel Anda, yang dapat menambahkan lapisan keamanan ekstra ke konten Messenger Anda. Anda juga sudah memiliki kemampuan untuk memutuskan siapa yang dapat mengirimi Anda permintaan pesan, yang dapat membantu mengurangi creep drive-by.

Perusahaan juga menyoroti fitur seperti pemberitahuan phishing pop-up dan gambar otomatis kabur pada pesan yang tidak diminta. Ia menambahkan bahwa itu bekerja pada fitur-fitur seperti mengidentifikasi pengguna yang mengirimkan sejumlah besar pesan atau permintaan pertemanan kepada pengguna di bawah umur.

Facebook Luncurkan Kontrol Privasi Baru

Facebook
Mandatory Credit: Photo by Richard Drew/AP/REX/Shutterstock (9484480d)

Sebelumnya,  Messenger telah memperkenalkan kontrol privasi baru yang akan memberi pengguna kemampuan untuk membatasi siapa yang dapat mengirimi mereka pesan. Aplikasi ini akan segera mulai menguji setelan baru yang akan memutuskan siapa yang dapat mengirim pesan atau menelepon Anda secara langsung, siapa yang masuk ke folder permintaan Anda, dan siapa yang tidak dapat mengirim pesan atau menelepon Anda sama sekali.

Media sosial ini membuat fitur-fiturnya hampir mirip dengan yang ditawarkan oleh Instagram.  Dengan menambahkan lebih banyak kontrol yang lebih halus untuk pengiriman pesan pada bulan Desember. Messenger juga akan bereksperimen dengan fitur yang secara otomatis mengaburkan gambar yang dikirim oleh pengguna yang belum menjadi teman Facebook Anda – mungkin karena ini lebih cenderung berupa spam atau tidak pantas.

Baca juga: Instagram, Twitter, dan TikTok Kompak Perangi Pencurian Akun Terkait “OGUsers”

Messenger juga sekarang membuat fitur “kunci aplikasi” resmi. Pembaruan ini menambahkan lapisan keamanan ekstra ke obrolan Messenger dengan memungkinkan pengguna untuk meminta otentikasi wajah atau sidik jari sebelum mengakses pesan. Fitur tersebut sekarang tersedia di iOS, dan akan “segera hadir” di Android.

Setelah memiliki fitur-fitur tersebut, Facebook berencana mengembangkan fitur lain dalam perjalanan, seperti stiker selfie. Tak kalah penting, Ditambahkannya mode lenyap akan dapat menghilangkan pesan pengguna ketika telah meninggalkan obrolan. Messenger juga akan mendukung efek untuk teknologi Augmented Reality (AR) pihak ketiga.