Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Cara Membuat Facebook Avatar yang Sedang Viral

2 105.376

Hari ini, linimasa media sosial Facebook diramaikan dengan konten avatar yang diunggah oleh para pengguna. Ya, fitur Facebook avatar yang sudah dirilis di sejak Mei lalu di Amerika Serikat kini bisa dinikmati oleh para pengguna di Indonesia.

Netizen pun menyambut dengan riang. Terlihat dari lini masa yang tertarik untuk mencoba berbagai tampilan yang ditawarkan Facebook avatar. Fitur tersebut sebenarnya mirip dengan Bitmoji milik Snapchat yang sudah ada lebih dulu. Kemudian Facebook memodifikasi dan mengembangkannya menjadi lebih atraktif.

Strategi ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) terjadi di manapun berada. Facebook sudah cukup sering meniru konsep yang unik dari platform lain, kemudian memodifikasinya di platform media sosial miliknya. Termasuk juga pada Instagram dan WhatsApp yang masih merupakan bagian dari Facebook.
Baca juga: Facebook Messenger Kids Tersedia di 70+ Negara Termasuk Indonesia

Fitur Facebook Avatar Mirip Bitmoji di Snapchat

Facebook Avatar bitmoji

Mirip dengan Bitmoji Snapchat, fitur ini memungkinkan pengguna Facebook membuat avatar kartun sendiri. Fitur Facebook avatar memungkinkan pengguna membuat versi mini dirinya untuk digunakan dalam status, cerita (stories), komentar, dan Facebook Messenger.

Fidji Simo, Head Facebook App, mengatakan dalam sebuah posting, bahwa begitu banyak interaksi akhir-akhir ini terjadi secara online, itulah mengapa lebih penting dari sebelumnya untuk dapat mengekspresikan diri secara pribadi di Facebook,

“Dengan begitu banyak emosi dan ekspresi untuk dipilih, avatar memungkinkan kamu untuk bereaksi dan terlibat secara lebih otentik dengan keluarga dan teman di seluruh aplikasi,” kata Simo.

Cara Membuat Facebook Avatar

Jika kamu tidak sabar untuk mencoba fitur baru ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat avatar Facebook sendiri.

Langkah 1: Buka aplikasi Facebook baik di iOs maupun Android. Jika ada teman yang sudah mencoba avatar, kamu tinggal menekan tombol ‘Try it’ di bagian bawah avatar. Tapi jika belum, tak usah bersedih karena merasa belum kebagian. Karena kamu bisa menemukannya di bagian Menu Settings yang bertanda garis horizontal tiga. Setelah itu tekan menu ‘More’.

Langkah 2: tap pada menu ‘Avatar’ yang muncul setelah diklik ‘See More’. Setelah itu akan muncul halaman pembuatan Facebook Avatar. Tekan tombol ‘Next’ untuk memulai.

Langkah 3: Kita masuk ke bagian pembuatan avatar, silakan sesuaikan jenis kelamin, wajah, warna kulita, rambut, dan sebagainya di sini. Inilah tempat kita berkreasi.

tips bikin facebook avatar

Langkah 4: jika masih belum yakin semirip apa, kamu juga bisa mengaktifkan fitur cermin yang ada di kanan atas. Sayang sekali memang, Facebook avatar ini belum memiliki fitur untuk membuat emoji atau avatar dari kamera.

Langkah 5: setelah selesai membuat penampilan dan karakter diri dengan Facebook avatar, tekan tombol Done. Tunggu sebentar, Facebook akan membuat avatar yang keren untuk kamu. Setelah selesai, kamu bisa memasangnya di foto profil, komentar, status, dan facebook stories.

Gampang sekali kan?