alexa

Cara Pakai Fitur Media Sekali Lihat (View Once) Saat Kirim Foto di WhatsApp

Jakarta, Gizmologi – Aplikasi kirim pesan populer WhatsApp kembali hadirkan sebuah fitur baru. Setelah sebelumnya menggulirkan fitur tersebut lebih dulu kepada pengguna WhatsApp Beta, kini semua orang termasuk pengguna di Indonesia bisa menikmati opsi “view once”, atau media sekali lihat, ketika mengirim pesan foto atau video.

Tahun ini memang tahunnya WhatsApp untuk lebih mengutamakan faktor keamanan. Setelah di awal tahun cukup kerepotan terkait informasi data yang bisa diambil oleh perusahaan induk, Facebook, platform messenger satu ini terus menambahkan fitur yang bisa dinikmati langsung oleh penggunanya. Seperti obrolan yang bisa otomatis hilang dalam tenggat waktu 7 hari lewat fitur Pesan Sementara.

Baca juga: Cara Gunakan Fitur Pesan Sementara WhatsApp, Bisa Otomatis Hapus Chat

Setelah dibawa di WhatsApp Beta, kini pengguna bisa menemukan opsi tambahan saat hendak mengirim sebuah foto atau video ke dalam chat pribadi atau sebuah grup. Sesuai dengan nama fiturnya, media sekali lihat, tujuannya adalah agar informasi rahasia atau penting yang dikirim lewat bentuk media tersebut, lebih aman saat dibagikan ke orang lain.

Opsi Media Sekali Lihat (View Once) Harus Diaktifkan Manual

WhatsApp Media Sekali Lihat

Lantas bagaimana cara kerja dari fitur media sekali lihat pada aplikasi WhatsApp terbaru? Cukup simpel. Kamu bisa mencoba untuk mengirimkan foto atau video seperti biasa. Setelah memilih media, biasanya akan muncul tampilan untuk edit atau berikan caption tertentu, sebelum menekan tombol kirim untuk unggah foto dalam sebuah obrolan.

Dalam kotak untuk menulis caption, kamu bisa temukan sebuah tombol baru berbentuk lingkaran dengan angka 1 di dalamnya. Ini adalah tombol untuk aktifkan fitur media sekali lihat. Ketika ditekan, akan muncul sebuah pop-up bila media yang dikirim, hanya bisa dilihat satu kali saja oleh penerima.

Media tersebut tidak akan tersimpan di dalam galeri penerima, juga tidak bisa diteruskan, disimpan secara manual atau dibagikan ke kontak lainnya. Jika foto & video yang dikirim dengan metode media sekali lihat tidak diakses dalam waktu 14 hari, maka otomatis kedaluwarsa dalam obrolan.

Fitur ini harus diaktifkan secara manual setiap kali pengirim ingin menggunakannya. Setelah foto dikirim dan dibuka, bakal muncul informasi pada chat tersebut bila media sudah berhasil diakses oleh penerima sebagai penanda.

WhatsApp Tetap Peringatkan Faktor Keamanan Informasi

WhatsApp Media Sekali Lihat

Meski terkesan lebih aman, pihak resmi WhatsApp juga beritahukan bila metode media sekali lihat ini bukan berarti foto dan video bakal 100% aman. Bakal ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk ambil informasi yang tertera—bila memang penerima hendak menyimpannya.

Ketika melihat foto dan video, penerima tetap bisa mengambil tangkapan layar atau screenshot, dan penerima juga tidak akan diberi tahu apabila penerima melakukan hal tersebut. Atau dengan cara lain seperti mengambil foto media yang dilihat lewat perangkat lain.

Fitur kirim media sekali lihat ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh pengguna WhatsApp, termasuk di Indonesia. Lewat beragam perangkat mulai dari aplikasi Android, iOS sampai WhatsApp Desktop. Selamat mencoba!

Tinggalkan komen