Cara Gunakan Fitur Pesan Sementara WhatsApp, Bisa Otomatis Hapus Chat

Dalam berkirim pesan teks, umumnya ada dua jenis pengguna yang punya kebiasaan berbeda. Pertama, ingin menyimpan semua chat atau obrolan mulai sejak beberapa tahun lamanya. Kedua, ada pula yang rutin menghapusnya secara berkala. Untuk pengguna jenis kedua, fitur ‘Pesan Sementara’ WhatsApp bisa jadi solusi yang memudahkan.

Pesan sementara atau Dissapearing Messages pada WhatsApp merupakan fitur yang bisa dianggap masih baru. Baru bisa digunakan oleh pengguna di Indonesia sejak akhir tahun lalu, fitur ini memungkinkan pengguna untuk hapus obrolan otomatis dalam waktu yang telah ditentukan. Sehingga tak perlu menghapusnya secara manual, di mana bakal habiskan banyak waktu.

Baca juga: WhatsApp Klarifikasi Data Aman, Kominfo Minta Lindungi Privasi Pengguna

Terutama bila obrolan di WhatsApp tergolong aktif, sehingga ada banyak jumlah kontak maupun grup yang harus dibuka satu persatu untuk dihapus. Nah, dengan mengaktifkan pesan sementara, semua proses ini mampu dihilangkan, alias berjalan otomatis.

Fitur Pesan Sementara WhatsApp Hapus Pesan dalam 7 Hari

Pesan Sementara WhatsApp

Sebelum lebih lanjut membahas cara gunakan fitur pesan sementara, Gizmo friends perlu ketahui lebih dulu terkait bagaimana cara kerja fitur WhatsApp satu ini. Tersedia baik untuk aplikasi versi Android, iOS, KaiOS hingga Desktop dan Web, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang bakalan hilang secara otomatis, dalam kurun waktu 7 hari.

Pesan atau chat yang hilang adalah pesan yang dikirim setelah fitur ini diaktifkan, alias pesan-pesan sebelumnya bakal tetap ada dalam sebuah obrolan. Dalam obrolan individu, kedua pihak bisa mengaktifkan dan me-nonaktifkan fitur pesan sementara. Namun bila di dalam grup, hanya admin saja yang bisa mengubah status fitur tersebut.

Yang perlu dicatat, meski pesan otomatis hilang setelah 7 hari, bila pesan tersebut sempat dikutip oleh lawan bicara, maka ada kemungkinan masih bisa terbaca meski fitur sudah dimatikan. Begitu pula dengan file media—apabila di smartphone sudah diatur agar media otomatis tersimpan ke galeri, maka media di chat aplikasi akan hilang, namun masih bisa diakses pada galeri.

Pihak WhatsApp juga ingatkan bila fitur ini tak sepenuhnya “aman”. Dalam artian, meski otomatis terhapus, masih ada kemungkinan untuk layar bicara mengambil tangkapan layar secara diam-diam saat sesi obrolan dengan fitur pesan sementara sedang aktif. Maupun meneruskan atau forward isi pesan, sehingga masih tersimpan di obrolan lainnya.

Cara Mengaktifkan Fitur Pesan Sementara WhatsApp

Pesan Sementara WhatsApp

Cara mengaktifkan fitur pesan sementara tentunya sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke obrolan individua tau grup yang ingin kamu buat supaya pesan otomatis terhapus. Ya, fitur ini bekerja secara spesifik, alias tidak bisa untuk semua kontak atau obrolan sekaligus.

Buka chat atau obrolan, ketuk nama kontak atau nama grup, kemudian gulirkan ke bawah sampai ketemu ‘Pesan sementara’ atau ‘Dissapearing messages’. Bila baru pertama kali mengaktifkan, WhatsApp akan berikan peringatan ekstra terkait cara kerja fitur tersebut. Cukup lewati, lalu aktifkan fitur tersebut.

Bila sudah, maka dalam obrolan akan muncul notifikasi pemberitahuan bila fitur pesan sementara sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkan, caranya pun sama. Dan WhatsApp juga bakal berikan notifikasi serupa, memberitahukan kontak atau anggota grup bila fitur tersebut telah di-nonaktifkan. Alias chat tak akan hilang kembali.

Bakal Berikan Opsi Kirim Foto & Video Lebih Aman Ke Depannya

Pesan Sementara WhatsApp

Ke depannya, selain fitur pesan semenara WhatsApp, dipersiapkan persiapkan fitur keamanan serupa, namun dalam jeda waktu lebih singkat dan khusus untuk media. Dimiliki oleh perusahaan induk yang sama, Instagram sudah punya fitur serupa sejak dulu. Di mana pengguna hanya bisa melihat foto atau video sekali waktu saja, sebelum otomatis hilang atau tak bisa diakses.

Dilansir dari WABetaInfo, WhatsApp nantinya bakal punya fitur serupa, agar foto dan video yang dikirim otomatis hilang setelah diakses. Saat memilih media, akan ada opsi “View Once” yang bisa dipilih, agar media hilang secara otomatis. Nantinya, pengirim akan mengetahui bila media telah diakses, lewat status tambahan seperti “opened” pada DM Instagram.

Masih belum ada kejelasan pastinya kapan fitur tersebut bakal hadir. WhatsApp pun juga memperingatkan bila pengguna masih bisa saja mengambil tangkapan layar meski hanya bisa diakses sekali, sehingga menganjurkan penggunanya untuk tetap berhati-hati gunakan fitur tersebut.

Tinggalkan komen